SOAL ULANGAN URAIAN IKLAN
Ulangan Harian Teks Iklan
Teori
Jawablah pertanyaan berikut!
1.
Dalam
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) teks iklan berarti …. pesan untuk mendorong, membujuk khalayak
ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
2.
Teks
iklan bertujuan …. memengaruhi dan
membujuk konsumen agar mengikuti atau melaksanakan pesan yang disampaikan dalam
iklan.
3.
Ciri
– ciri teks iklan adalah a. bersifat
informatif dan …komunikatif, b.
disusun secara objektif dan …jujur, c.
ditulis singkat, padat, …jelas dan mudah dipahami, d. tidak …menyinggung pihak
lain, e. menarik perhatian banyak orang.
4.
Bahasa
dalam iklan bersifat …persuasif dan …selalu menggugah emosi pembaca dan pendengar.
5.
Frasa
adalah … satuan gramatikal berupa gabungan kata
bersifat nonpredikatif.
6.
Klausa
adalah … satuan gramatikal yang terdiri atas subjek
dan predikat, baik disertai objek maupun keterangan serta memiliki potensi
menjadi kalimat.
7.
Kalimat
deklaratif adalah … kalimat pernyataan yang berfungsi menyatakan atau
menginformasikan sesuatu.
8.
Kalimat
interogatif adalah … kalimat tanya (berfungsi menanyakan sesuatu).
9.
Kalimat
imperatif adalah … kalimat perintah (berfungsi untuk
mengharapkan tanggapan berupa tindakan
10. Kalimat interjeksi adalah … kalimat seru (kalimat yang berfungsi untuk menyampaikan
perasaan pembicara)
11.
Apa
saja yang menjadi cakupan fakta dalam sebuah teks iklan? …Identitas produk, komposisi, kegunaan, dan
sarana penggunaan secara lengkap.
12.
Opini
adalah …ide,
gagasan, pendapat, pemikiran, atau penawaran untuk mempengaruhi sasaran iklan
13.
Tiga
struktur pembangun teks iklan adalah …a. nama produk, b. penjelasan, c. nama dan alamat pengiklan
14.
Tiga
jenis iklan berdasarkan sifat, tujuan,
ruang. Iklan berdasarkan sifat meliputi niaga dan nonniaga, iklan berdasarkan tujuan melupiti iklan
permintaan/penawaran dan iklan pengumuman,
serta iklan berdasarkan ruang meliputi iklan baris dan iklan
kolom.
15.
Langkah
– langkah menyusun teks iklan : 1. Mendeskripsikan objek teks iklan, 2. Menentukan media
dan bentuk pemasangan teks iklan, 3. Mencatat isi pesan yang ingin disampaikan,
4. Menentukan judul teks iklan, 5. Menyusun kerangka teks iklan, 6. Membaca dan
meneliti kembali teks iklan
Ulangan Harian Teks Iklan
Teori
Jawablah pertanyaan berikut!
1.
Dalam
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) teks iklan berarti pesan
untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa
yang ditawarkan.
2.
Teks
iklan bertujuan memengaruhi dan membujuk konsumen agar mengikuti atau melaksanakan
pesan yang disampaikan dalam iklan.
3.
Ciri
– ciri teks iklan adalah a. bersifat
informatif dan komunikatif, b.
disusun secara objektif dan jujur, c. ditulis singkat, padat, jelas dan mudah dipahami, d. tidak menyinggung
pihak lain, e. menarik perhatian
banyak orang.
4.
Bahasa
dalam iklan bersifat persuasif dan selalu menggugah emosi pembaca dan
pendengar.
5.
Frasa
adalah satuan gramatikal berupa gabungan kata bersifat nonpredikatif.
6.
Klausa
adalah satuan gramatikal yang terdiri atas subjek dan predikat, baik disertai
objek maupun keterangan serta memiliki potensi menjadi kalimat.
7.
Kalimat
deklaratif adalah kalimat pernyataan yang
berfungsi menyatakan atau menginformasikan sesuatu.
8.
Kalimat
interogatif adalah kalimat tanya (berfungsi menanyakan sesuatu).
9.
Kalimat
imperatif adalah kalimat perintah (berfungsi untuk mengharapkan tanggapan berupa
tindakan
10. Kalimat interjeksi adalah kalimat
seru (kalimat yang berfungsi untuk menyampaikan perasaan pembicara)
11.
Apa
saja yang menjadi cakupan fakta dalam sebuah teks iklan? Identitas produk, komposisi, kegunaan, dan sarana penggunaan secara
lengkap.
12.
Opini
adalah ide, gagasan, pendapat, pemikiran,
atau penawaran untuk mempengaruhi sasaran iklan.
13.
Tiga
struktur pembangun teks iklan adalah a.
nama produk, b. penjelasan, c. nama dan alamat pengiklan
14.
Tiga
jenis iklan berdasarkan sifat, tujuan,
ruang. Iklan berdasarkan sifat meliputi iklan
niaga dan nonniaga, iklan berdasarkan tujuan melupiti iklan permintaan/penawaran dan iklan pengumuman, serta
iklan berdasarkan ruang meliputi iklan
baris dan iklan kolom.
15.
Langkah
– langkah menyusun teks iklan : 1.
Mendeskripsikan objek teks iklan, 2. Menentukan media dan bentuk pemasangan
teks iklan, 3. Mencatat isi pesan yang ingin disampaikan, 4. Menentukan judul
teks iklan, 5. Menyusun kerangka teks iklan, 6. Membaca dan meneliti kembali
teks iklan.
Ok
BalasHapusBorgata Hotel Casino & Spa, Atlantic City - DrmCD
BalasHapusInformation 울산광역 출장마사지 and reviews of Borgata Hotel 의정부 출장샵 Casino & 광양 출장마사지 Spa, Atlantic City, including room types, photos, address, phone 천안 출장샵 number, work-life balance, 서울특별 출장마사지 work-life balance,