SOAL ULANGAN URAIAN IKLAN



Ulangan Harian Teks Iklan
Teori

Jawablah pertanyaan berikut!
1.       Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) teks iklan berarti …. pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
2.       Teks iklan bertujuan ….    memengaruhi dan membujuk konsumen agar mengikuti atau melaksanakan pesan yang disampaikan dalam iklan.
3.       Ciri – ciri teks iklan adalah    a. bersifat informatif dan …komunikatif,  b.  disusun secara objektif dan …jujur,  c. ditulis singkat, padat, …jelas dan mudah dipahami, d. tidak …menyinggung pihak lain,      e. menarik perhatian banyak orang.
4.       Bahasa dalam iklan bersifat …persuasif dan …selalu menggugah emosi pembaca dan pendengar.
5.       Frasa adalah …    satuan gramatikal berupa gabungan kata bersifat nonpredikatif.
6.       Klausa adalah …  satuan gramatikal yang terdiri atas subjek dan predikat, baik disertai objek maupun keterangan serta memiliki potensi menjadi kalimat.
7.       Kalimat deklaratif adalah … kalimat pernyataan yang berfungsi menyatakan atau menginformasikan sesuatu.
8.       Kalimat interogatif adalah … kalimat tanya (berfungsi menanyakan sesuatu).
9.       Kalimat imperatif adalah …  kalimat perintah (berfungsi untuk mengharapkan tanggapan berupa tindakan
10.    Kalimat interjeksi adalah …  kalimat seru (kalimat yang berfungsi untuk menyampaikan perasaan pembicara)
11.    Apa saja yang menjadi cakupan fakta dalam sebuah teks iklan? …Identitas produk, komposisi, kegunaan, dan sarana penggunaan secara lengkap.
12.    Opini adalah …ide, gagasan, pendapat, pemikiran, atau penawaran untuk mempengaruhi sasaran iklan
13.    Tiga struktur pembangun teks iklan adalah …a. nama produk, b. penjelasan, c. nama dan alamat pengiklan
14.    Tiga jenis iklan berdasarkan  sifat, tujuan, ruang. Iklan berdasarkan sifat meliputi   niaga dan nonniaga, iklan berdasarkan tujuan melupiti iklan permintaan/penawaran dan iklan pengumuman, serta iklan berdasarkan ruang meliputi iklan baris dan iklan kolom.
15.    Langkah – langkah menyusun teks iklan : 1. Mendeskripsikan objek teks iklan, 2. Menentukan media dan bentuk pemasangan teks iklan, 3. Mencatat isi pesan yang ingin disampaikan, 4. Menentukan judul teks iklan, 5. Menyusun kerangka teks iklan, 6. Membaca dan meneliti kembali teks iklan













Ulangan Harian Teks Iklan
Teori

Jawablah pertanyaan berikut!
1.       Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) teks iklan berarti     pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
2.       Teks iklan bertujuan     memengaruhi dan membujuk konsumen agar mengikuti atau melaksanakan pesan yang disampaikan dalam iklan.
3.       Ciri – ciri teks iklan adalah    a. bersifat informatif dan komunikatif,  b.  disusun secara objektif dan jujur,  c. ditulis singkat, padat, jelas dan mudah dipahami,  d. tidak menyinggung pihak lain,      e. menarik perhatian banyak orang.
4.       Bahasa dalam iklan bersifat persuasif dan selalu menggugah emosi pembaca dan pendengar.
5.       Frasa adalah    satuan gramatikal berupa gabungan kata bersifat nonpredikatif.
6.       Klausa adalah   satuan gramatikal yang terdiri atas subjek dan predikat, baik disertai objek maupun keterangan serta memiliki potensi menjadi kalimat.
7.       Kalimat deklaratif adalah kalimat pernyataan yang berfungsi menyatakan atau menginformasikan sesuatu.
8.       Kalimat interogatif adalah  kalimat tanya (berfungsi menanyakan sesuatu).
9.       Kalimat imperatif adalah   kalimat perintah (berfungsi untuk mengharapkan tanggapan berupa tindakan
10.    Kalimat interjeksi adalah   kalimat seru (kalimat yang berfungsi untuk menyampaikan perasaan pembicara)
11.    Apa saja yang menjadi cakupan fakta dalam sebuah teks iklan? Identitas produk, komposisi, kegunaan, dan sarana penggunaan secara lengkap.
12.    Opini adalah ide, gagasan, pendapat, pemikiran, atau penawaran untuk mempengaruhi sasaran iklan.
13.    Tiga struktur pembangun teks iklan adalah a. nama produk, b. penjelasan, c. nama dan alamat pengiklan
14.    Tiga jenis iklan berdasarkan  sifat, tujuan, ruang. Iklan berdasarkan sifat meliputi iklan niaga dan nonniaga, iklan berdasarkan tujuan melupiti iklan permintaan/penawaran dan iklan pengumuman, serta iklan berdasarkan ruang meliputi iklan baris dan iklan kolom.
15.    Langkah – langkah menyusun teks iklan : 1. Mendeskripsikan objek teks iklan, 2. Menentukan media dan bentuk pemasangan teks iklan, 3. Mencatat isi pesan yang ingin disampaikan, 4. Menentukan judul teks iklan, 5. Menyusun kerangka teks iklan, 6. Membaca dan meneliti kembali teks iklan.


Komentar

  1. Borgata Hotel Casino & Spa, Atlantic City - DrmCD
    Information 울산광역 출장마사지 and reviews of Borgata Hotel 의정부 출장샵 Casino & 광양 출장마사지 Spa, Atlantic City, including room types, photos, address, phone 천안 출장샵 number, work-life balance, 서울특별 출장마사지 work-life balance,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

UH TEKS EDITORIAL 2019

SOAL TO DETIK-DETIK 2016 DG PEMBAHASAN

Soal UM Tahun 2017