SOAL TO DETIK-DETIK 2016 DG PEMBAHASAN


 Try Out 1
Mata Pelajaran                 : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu                  : 120 Menit
Jumlah Soal                     : 50 Butir


Pilihlah jawaban yang benar!
1.        Perhatikan paragraf berikut!
Pemerintah resmi menghapus sistem kuota impor sapi. Penghapusan tersebut tidak hanya berlaku untuk sapi hidup, kuota impor daging beku juga dihapus. Pemerintah akan mengeluarkan ketentuan baru sebagai penggantinya. Pemerintah mewajibkan importir mendatangkan satu ekor sapi indukan untuk setiap lima sapi bakalan yang diimpornya. Ketentuan itu akan dituangkan dalam revisi Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pemasukan Ternak Ruminansia Besar ke Dalam Wilayah Republik Indonesia. Kebijakan ini sebenarnya telah berjalan. Saat ini Kementerian Perdagang-an telah mengeluarkan izin impor 300 ribu ekor sapi bakalan hingga 2018 dengan ketentuan tersebut.
Disadur dari: http://m.tempo.com/, 4 Oktober 2016
Arti istilah kouta yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah . . . .
A.   nilai yang ditentukan
B.   jumlah yang ditentukan
C.   angka yang ditentukan
D.   hitungan yang ditentukan
E.   bagian  yang ditentukan
ANSWER: B
Menurut KBBI, kata kuota memiliki arti 1) jatah, jumlah yang ditentukan; 2) jumlah tertinggi dari barang yang mendapat izin impor (ekspor) ke pasaran internasional, negara lain, dl jumlah dan periode tertentu; 3) jumlah tertinggi orang yang boleh masuk (keluar) ke (dari ) suatu negara. Berdasarkan isi paragraf tersebut, kata kuota memiliki arti jumlah yang ditentukan. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban B.
2.        Perhatikan paragraf berikut!
1) Kepala Pusdatin dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan kondisi geologi dan topografi di Desa Clapar, Kecamatan Madukara, Banjarnegara, secara alamiah memang mudah longsor. 2) Menurutnya, tipe longsoran yang terjadi adalah longsoran merayap (soil creep) yang bergerak secara perlahan-lahan sehingga masyarakat dapat mengantisipasi dengan melakukan evakuasi. 3) Pada Jumat pagi terhitung sembilan rumah rusak berat, tiga rumah rusak sedang, dua rumah rusak ringan, dan 29 rumah terancam longsor susulan. 4) Sebanyak 158 jiwa warga RT 3-5 di RW I mengungsi ke SD 2 Clapar, Madukara. 5) Sutopo mengatakan, tanah terus bergerak karena dipicu oleh hujan yang turun seharian. Listrik dimatikan dan akses jalan utama Kabupaten Banjarnegara-Pagentan melalui Madukara terputus total.
Disandur dari: http://batam.tribunnews.com/, 4 Oktober 2016
Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat angka . . . .
A.   1) dan 2)                      
B.   2) dan 3)               
C.   3) dan 4)
D.   3) dan 5)
E.   4) dan 5)
ANSWER: C
Kalimat yang memuat fakta dalam paragraf adalah kalimat 3) dan 4). Kalimat 1), 2), dan 5) menunjukkan opini. Jadi, jawaban yang tepat C.
3.        Bacalah paragraf berikut!
Mendaki gunung adalah kegiatan yang dapat dilakukan oleh siapa pun baik itu laki-laki, perempuan, anak-anak, dan manula. Kegiatan pendakian gunung tidak hanya terbatas pada kegiatan treking, summit, foto-foto di puncak, dan turun lagi ke basecamp. Akan tetapi, ada suatu nilai yang dapat kita ambil maknanya, seperti menghayati paradigma kehidupan. Paradigma kehidupan memiliki maksud bahwa dalam pendakian gunung pasti kita ingin sampai ke puncak walaupun melewati berbagai macam cobaan seperti tanjakan yang berat, sifat egoistis, haus, lapar, mengantuk, kendala cuaca, cedera, dan beban berat. Paradigma ini mirip dengan konsep kehidupan kita yang sebenarnya. Dalam kehidupan, kita ingin meraih puncak kehidupan, seperti karier yang bagus, sekolah yang tinggi, dan prestasi yang gemilang. Tentu saja untuk meraih semua itu kita akan melewati hadangan dan cobaan. Dengan mendaki gunung, kita akan mengerti seperti itulah paradigma kehidupan kita di dunia nyata.
Disandur dari: http://ase7adventure.wordpress.com/, 5 Oktober 2016
Gagasan utama paragraf tersebut adalah . . . .
A.       banyak kendala dialami saat mendaki gunung
B.       kegiatan mendaki gunung dapat dilakukan oleh siapa saja
C.      paradigma kehidupan diibaratkan mendaki gunung
D.      mendaki gunung tidak hanya terbatas untuk melewati puncak
E.       banyak halangan dan cobaan dalam melewati kehidupan manusia
ANSWER: C
Gagasan utama paragraf tersebut adalah paradigma kehidupan diibaratkan mendaki gunung. Gagasan tersebut terdapat pada kalimat terakhir paragraf. Pernyataan pada pilihan jawaban A, B, D, dan E merupakan bagian dari kalimat penjelas. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban C.
4.        Bacalah paragraf berikut!
1) Jamur bisa menjadi makanan diet rendah energi yang ideal bagi penderita diabetes karena jamur mengandung zat tanpa lemak, tanpa kolesterol, karbohidrat yang sangan rendah, protein tinggi, vitamin, mineral, dan serat. 2) Selain itu, jamur mengandung insulin alami dan enzim yang membantu mengurangi gula atau pati makanan. 3) Jamur diketahui mengandung senyawa tertentu yang akan membantu fungsi hati, pankreas, dan kelenjar endokrinal lainnya sehingga meningkatkan pembentukan insulin dengan jumlah yang tepat. 4)  Selain itu, sayuran termasuk kale, selada, dan brokoli baik bagi penderita diabetes. 5) Antibiotik alami dalam jamur dapat membantu melindungi penderita diabetes dari infeksi yang ditakutkan.
Disadur dari: http://www.tipscaramanfaat.com/, 5 Oktober 2016
Kalimat penjelasan yang tidak padu dalam paragraf tersebut terdapat pada angka . . . .
A.       1)                        
B.       2)   
C.       3)
D.       4)
E.       5) 
ANSWER: D
Paragraf tersebut menjelaskan manfaat jamur bagi penderita diabetes. Kalimat utamyuran a pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor 1. Kalimat nomor 2, 3, 4, dan 5  merupakan kalimat penjelas. Namun, kalimat nomor 4 tidak padu karena menjelaskan sayuran yang baik bagi penderita diabetes bukan menjelaskan manfaat jamur. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

5.        Perhatikan paragraf berikut!
Media utama yang lazim digunakan oleh para petani jamur adalah limbah serbuk gergaji. Media ini dipilih karena praktis, harganya murah, dan mudah diolah. Serbuk kayu memiliki kandungan serat lignin dan selulosa yang tinggi sehingga mendukung pertumbuhan jamur. Akan tetapi, tidak semua serbuk kayu bisa digunakan. Jenis kayu yang dipilih harus kayu yang mudah lapuk, misalnya kayu sengon dan kayu waru. Jenis kayu yang dihindari untuk digunakan adalah kayu yang mengandung getah seperti karet dan beringin.
Disadur dari: Tim Penulis Agriflo, Jamur: Info Lengkap dan Kiat Sukses Agribisnis, Depok, Agriflo, 2012
Kata ini dalam paragraf tersebut mengacu . . .
A.       para petani jamur
B.       karet dan beringin
C.       limbah serbuk gergaji
D.       serat lignin dan selulosa
E.       kayu sengin dan kayu waru
ANSWER: C
Kata ini dalam paragraf tersebut mengacu pada limbah serbuk gergaji. Perhatikan kalimat sebelumnya. Kalimat tersebut membicarakan media utama limbah serbuk gergaji. Acuan pada pilihan jawaban A, B, D, dan E tidak sesuai dengan makna acuan ini. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan C.

6.        Perhatikan paragraf berikut!
Penerapan kantong berbayar selama uji coba 22 Februari hingga 31 Mei 2016 berdampak positif. Penggunaan kantong plastik mengalami penurunan sebesar 25-30 persen. Berdasarkan evaluasi dari kementerian atas penurunan sebesar itu, sebanyak 87,2 persen masyarakat menyatakan dukungan dan 91,6 persen bersedia membawa kantong plastik dari rumah. Pada masa uji coba yang berakhir 31 Mei 2016 dan diperpanjang lagi mulai 1 Juni 2016, masyarakat luas memberikan respon hangat. Dukungan atas program ramah lingkungan tersebut menguat. Tidak hanya di pasar modern, pedagang di pasar tradisional pun menerapkan program pengurangan penggunaan kantong plastik.
Disandur dari: http://berita.suaramerdeka.com/, 5 Oktober 2016
Tujuan penulis dalam paragraf tersebut adalah . . . .
A.       Menjelaskan uji coba penerapan kantong plastik berbayar yang dilakukan oleh Pemerintah dan masyarakat.
B.       Menginformasikan dampak positif program penerapan kantong berbayar dan pengurangan penggunaan kantong plastik.
C.      Mengajak masyarakat untuk membeli kantong plastik apabila sedang berbelanja di pasar baik modern maupun tradisional.
D.      Menjelaskan bahaya penggunaan kantong plastik berlebihan bagi kesehatan dan lingkungan sekitar.
E.       Menginformasikan adanya peraturan yang dibuat khusus untuk pasar modern dan tradisional tentang penggunaan kantong berbayar.
ANSWER: B
Paragraf tersebut membahas persoalan penerapan kantong berbayar. Penerapan kantong berbayar memberikan dampak positif bagi masyarakat.  Selain itu, masyarakat juga menerapkan program pengurangan kantong plastik baik di pasar tradisional maupun modern. Jadi, tujuan penulis terdapat pada pilihan B. Pilihan A, C, D, dan E tidak sesuai dengan isi bacaan.

7.        Bacalah kedua teks berikut!
Teks I
Ingin menurunkan berat badan, tetapi nggak  punya banyak waktu untuk berolahraga ? Nah, saat ini telah ada sebuah metode latihan yang efektif dan efisien untuk menurunkan berat badan kamu, namanya HIIT (High Intensity-Interval Training). HIIT adalah metode latian kardio (kardiovaskular) yang menggunakan kombinasi latihan dengan intensitas tinggi dan intensitas sedang/rendah dalam selang waktu atau interval tertentu. Latihan kardio dengan metode kayak gini dapat meningkatkan perkembangan serabut otot cepat (fast twitch fiber). Latihan ini sering dimanfaatkan oleh atlet dalam olahraga yang tidak mengandalkan stamina, seperti bowling, golf, dan bela diri. Tujuan latihan ini untuk meningkatkan memori otot. Serabut otot cepat juga menambah kecepatan dan kekuatan otot tubuh sehingga akan membuatmu bertambah gesit dan lincah lho. Dengan waktu olahraga yang sebentar, kamu akan berkeringat seolah sudah berolahraga selama 1 jam. Hebat, kan?
Disadur dari: http://www.hipwee.com/, 5 Oktober 2016
Teks II
Bagi seseorang dengan banyak aktivitas dan pekerjaan, meluangkan waktu untuk berolahraga sangat sulit dilakukan. Tekanan pekerjaan yang tinggi tidak hanya berdampak pada kondisi psikologis, tetapi juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Salah satu pengaruh kesehatan fisik adalah kenaikan berat badan. Berikut beberapa cara yang dapat membantu menurunkan berat badan ketika sedang sibuk. Pertama, meluangkan waktu 20 sampai 30 menit setiap pekan untuk merencanakan menu makanan selama seminggu. Menu makanan dapat diinovasikan dengan menciptakan resep baru dari bahan makanan yang menyehatkan, seperti sayuran dan buah-buahan. Kedua, setelah pola makan terjadwal dengan rapi, saatnya berfokus pada kegiatan fisik. Kegiatan olahraga dapat dilakukan dengan latihan ringan dan tidak memberatkan tubuh. Latihan  ringan tersebut dapat dimulai dengan moncoba berjalan kaki selama 10 atau 15 menit ketika istirahat makan siang di kantor. Selain itu, bangun 10 menit lebih awal dari waktu biasanya. Gunakan waktu tersebut untuk melakukan gerakan peregangan badan.
Disadur dari: http://www.magwuzz.com/, 5 Oktober 2016
Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah menggunakan . . . .

Teks I
Teks II
A.
bahasa ilmiah
bahasa sehari-hari
B.
bahasa baku
bahasa tidak baku
C.
bahasa resmi
bahasa santai
D.
bahasa ilmiah
bahasa santai
E.
bahasa sehari-hari
bahasa ilmiah
ANSWER: E
Kedua teks tersebut mempunyai berbedaan dalam penggunaan bahasa. Teks I menggunakan bahasa sehari-hari, tidak baku, dan santai. Teks II menggunakan bahasa ilmiah, baku, dan resmi. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban E.

8.         Perhatikan paragraf berikut!
Okra termasuk sayuran hijau yang kaya serat pangan. Selain serat, okra mengandung glutation. Serat sangat penting bagi tubuh karena dapat mencegah susah buang air besar, obesitas, kolesterol tinggi, diabetes, dan kanker usus besar. Serat pangan dibagi menjadi dua jenis, yaitu serat larut (soluble dietery fibre) dan serat tidak larut (insoluble dietery fibre). Serat larut air mempunyai kemampuan menurunkan kadar kolesterol darah. Mekanismenya, kemampuan menahan reabsorpsi garam empedu dari usus ke dalam darah sehingga banyak garam empedu yang diekskresi. Garam empedu disintesis dari kolesterol darah oleh hati. Terbuangnya garam empedu akan menurunkan kolesterol darah. Serat tidak larut berperan utama mencegah perkembangan kanker usus besar. Serat tidak larut akan meningkatkan volume feses sehingga mengencerkan konsentrasi senyawa karsinogen. Kondisi ini akan menurunkan kesempatan senyawa karsinogen berinteraksi dengan dinding usus sehingga memperkecil resiko kanker. Serat tidak larut juga menurunkan waktu transit feses di usus besar sehingga dapat memperlancar buang air besar. Fermentasi serat oleh bakteri usus yang menguntungkan (bakteri asam laktat) akan menurunkan pH di usus besar sehingga dapat menekan perkembangan kanker usus besar.
Disadur dari: http://www.azzamrumahherbal.com/, 5 Oktober 2016
Tanggapan logis sesuai dengan paraagraf tersebut adalah . . . .
A.       Mengonsumsi okra memberi manfaat kesehatan bagi tubuh karena mengandung serat pangan yang dibutuhkan tubuh.
B.       Memperbanyak konsumsi okra dapat mencegah berbagai macam penyakit dalam dan kerusakan pembuluh darah.
C.      Okra dapat dikonsumsi seseorang yang menjalankan diet karena mengandung zat yang berfungsi membakar lemak tubuh.
D.      Okra termasuk sayuran hijau yang kaya akan protein, mineral, dan minyak yang baik untuk kesehatan usus besar.
E.       Mengonsumsi okra dalam jangka waktu panjang dapat meningkatkan risiko penyakit pada pencernaan dan usus besar.
ANSWER: A
Tanggapan tepat sesuai dg paragraf tersebut terdapat pada pilihan A. mengonsumsi okra memberi manfaat kesehatan bagi tubuh karena okra mengandung seratpangan yang dibutuhkan tubuh. Serat sangat penting bagi tubuh karena dapat mencegah susah buang air besar, obesitas, kalesterol tinggi, diabetes, dan kanker usus besar. Tanggapan pada pilihan jawaban B, C, D, dan E tidak tepat karena tidak sesuai dg isi paragraf.

9.        Perhatikan kutipan puisi berikut!
Surat Kepada Bunda
. . . .
Mamma,
Burung dara jantan yang nakal 1)
yang sejak dulu kau piara
kini terbang dan telah menemukan jodohnya. 2)
Ia telah meninggalkan kandang yang kau buatkan 3)
dan tiada akan pulang 4)
buat selama-lamanya.
Ibuku,
Aku telah menemukan jodohku.
Janganlah kau cemburu.
Hendaknya hatimu yang baik itu mengerti: 5)
pada waktunya, aku mesti kau lepaskan pergi. 6)
. . . .
Dikutip dari: W.S. Rendra, Stansa dan Blues, Yogyakarta, Bentang Pustaka, 2010
Kata tercetak miring yang memiliki makna simbolik dalam kutipan pusisi tersebut ditandai oleh angka . . . .
A.   1) dan 2)                      
B.   2) dan 4)                
C.   3) dan 4)
D.   4) dan 5)
E.   5) dan 6)
ANSWER: A
Kata simbol dalam puisi tersebut ditandai angka 1, 2, dan 3. Burung dara jantan dapat bermakna seorang laki-laki. Makna kata terbang sesuai puisi tersebut adalah pergi. Sementara itu, kata kandang dalam puisi tersebut bermakna rumah atau tempat tinggal. Dalam puisi tersebut berisi ungkapan jiwa sang penyair yang bercerita pada sang ibu bahwa ia telah menemukan jodoh. Sang penyair berharap ibunya mengerti dan mau melepaskan atau mengikhlaskan kepergiannya. Kata bercetak miring pada nomor 4, 5, dan 6 bukan simbol. Jadi, jawaban tepat pada pilihan A.

10.     Perhatikan kutipan puisi berikut!
Surat untuk Ayah
Ayah, air mataku bermain-main di atas kertas 1)
Ditemani pena yang menari-nari 2)
Meninggalkan tinta di kertas yang berhelai
Aku rindu padamu, Ayah
Ayah, mengapa waktu tak kunjung menyerah
Shingga takdir memberikan keindahan pertemuan 3)
Bukankah tak semua harta membahagiakan 4)
Terlebih ketika kesepian merajut sendu
Ayah, jangan biarkan aku sendiri 5)
Karena memang ku tak sanggup sunyi
Menerkan hampa
Di dalam jiwa tanpa sang imam keluarga 6)
Disandur dari: http://www.duniapuisi.com/, 7 Oktober 2016
Kalimat bermajas dalam kutipan tersebut terdapat dalam larik . . . .
A.   1) dan 2)                      
B.   2) dan 3)                
C.   3) dan 4)
D.   4) dan 5)
E.   5) dan 6)
ANSWER: A
Larik bermajas dalam puisi tersebut terdapat dalam larik 1 dan 2, yaitu mengandung majas personifikasi. Larik 3, 4, 5, dan 6 tidak memuat majas. Jadi, pilihan yang tepat adalah A.

11.     Perhatikan kutipan puisi berikut!
Krawang-Bekasi
Kami yang kini terbaring antara Krawang-Bekasi­­
Tidak bisa teriak “Merdeka” dan angkat senjata lagi
Tapi siapakah yang tidak lagi mendengar deru kami,
Terbayang kami maju dan berdegap hati?
­Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi
Jika dada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak
Dikutip dari: Suyono Suyatno, Joko Adi Sasmito, Erli Yetti, Antologi Puisi Indonesia Modern Anak-Anak, Jakarta, Yayasan Obor, 2008
Kata kias tercetak miring dalam kutipan puisi tersebut bermakna . . . .
A.   wafat                     
B.   gugur                    
C.   mati
D.   mampus
E.   terkapar
ANSWER: B
Kata terbaring memiliki makna gugur. Makna kata pada pilihan A, C, D, dan E tidak tepat untuk mengartikan kata terbaring. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan B

12.     Bacalah kutipan cerpen berikut!
1) Seperti biasa Marto Manuk memilih lima buah sangkar saja. 2) Namun pun begitu, kesepuluh sangkar itu dilongoknya satu per satu untuk meneliti kalau-kalau ada umpan yang tinggal sedikit ataupun tumpah. Kemudian, dirakitnya kelima sangkar itu pada sepedanya. 3) Dan ketika ia melangkah keluar dengan sepedanya, tiba-tiba saja ia seperti tersadar dari mimpi. 4) Dengan tergesa ia senderkan rakitan dagangan bersama sepedanya itu di bawah pohon sawo halaman rumahnya. 5) Mendadak saja ia ingat peristiwa kemarin.
Dikutip dari: Tim Kompas, “Katuranggan” dalam Perjalanan Mengarang Cerpen Pilihan Kompas 1993, Jakarta, Gramedia, 2002
Bukti latar tempat dalam kutipan cerpen tersebut terdapat pada kalimat angka . . . .
A.   1)                    
B.   2)                    
C.   3)
D.   4)
E.   5)
ANSWER: D
Dalam kutipan cerpen tersebut diceritakan tokoh Marto Manuk mengerjakan kegiatan sehari-hari. Kegiatan tokoh Marto Manuk marakit sangkar. Bukti latar pada kutipan cerpen tersebut terdapat pada kalimat nomor 4. Kalimat tersebut menyatakan latar tempat di bawah pohon sawo halaman rumahnya. Kalimat nomor 1, 2, 3, dan 5 tidak sesuai dengan bukti latar. Jadi, pilihan yang tepat D

13.     Bacalah kutipan cerpen berikut!
“Lihat! Saya lempar sembarangan. Semua naik ke atas. Namun, kamu lihat, semua akhirnya turun ke bawah. Itulah tempatmu, di bawah sana, di neraka. Saya sudah membuat kamu naik ke sana, ke sana, ke surga sana!”
Kebetulan, dari warna sampul buku pekerjaan itu Foto kecil tahu bahwa buku pekerjaan yang kebetulan dikoyak kemudian dilemparkan oleh guru agama itu tidak lain adalah milik Foto kecil.
Guru agama masih terus membentak-bentak.
Kelas senyap.
Kemudian, tampaknya guru agama berang melihat tidak ada seorang anak pun bertanya.
Tidak ada seorang murid pun yang berani mengangkat kepala, kecuali Foto kecil.
Namun, kemarahan guru agama ternyata hanya sekejap.
Kelas kemudian menjadi senyap.
Guru agama kemudian melanjutkan pelajarannya, seolah tidak terjadi apa-apa sebelumnya.
Sebagaimana biasa, guru agama menyatakan bahwa semua agama pada hakekatnya sama. Semua agama mengajarkan agar manusia selalu menyembah Tuhan, berpikir bersih, menolong sesama manusia, dan mengawal hawa nafsu, antara lain nafsu amarah dan nafsu menyombongkan diri.
Dikutip dari: Budi Darma, “Foto” dalam Foto dan Senggiring: Kumpulan Cerpen, Jakarta, Grasindo, 2005
Latar sosial dalam kutipan cerpen tersebut adalah . . . .
A.       Kehidupan seorang guru yang sudah berhenti dari pekerjaannya ketika sudah pensiun.
B.       Kebiasaan seorang guru yang senang membentak-bentak para siswa yang tidak mengerjakan tugas sekolah.
C.      Kehidupan dan rutinitas seorang guru agama dan para siswa ketika kegiatan belajar mengajar di kelas.
D.      Seseorang yang berprofesi sebagai guru yang memberikan tugas sekolah kepada para siswa.
E.       Seorang siswa yang sedang dimarahi guru karena tidak mau bertanya.
ANSWER: C
Latar sosial merupakan aspek yang berhubungan antarmanusia. Latar sosial sesuai dengan cerpen tersebut adalah kehidupan dan rutinitas seorang guru agama dan para siswa ketika kegiatan belajar-mengajar di kelas. Latar tersebut tampak ketika seorang guru agama sdg menjelaskan dan mempraktikkan sesuatu kepada para siswa. Jadi, jawaban tepat pada pilihan C.

14.     Bacalah kutipan cerpen berikut!
Mobil jemputan belum lagi berhenti ketika Marwan melihat Beningnya meloncat turun. Marwan mendengar teriakan sopir yang menyuruh hati-hati, tetapi bocah itu telat meleset menuju kotak pos di pagar rumah. Marwan tersenyum. Ia sengaja tak masuk kantor untuk melihat Beningnya gembira ketika mendapati kartu pos itu. Kartu pos yang diam-diam ia kirim. Dari jendela ia bisa melihat anaknya memandangi kartu pos itu, seperti tercekat, kemudian berlarian tergesa menuju rumah.
Marwan menyambut gembira ketika Beningnya menyodorkan kartu pos itu.
“Wah, sudah datang ya kartu posnya?”
Marwan melihat mata Beningnya berkaca-kaca.
“Ini bukan kartu pos dari Mama!” Jari mungilnya menunjukan kartu pos itu. “Ini bukan tulisan Mama.”
Marwan tak berani menatap mata anaknya, ketika Beningnya terisak dan berlari ke kamarnya. Bahkan membohongi anaknya saja ia tak bisa! Barangkali memang harus terus terang. Tetapi, bagaimanakah menjelaskan kematian kepada anak seusianya? Rasanya akan lebih mudah bila jenazah Ren terbaring di rumah. Ia bisa membiarkan Beningnya melihat mamanya terakhir kali. Membiarkannya ikut ke pemakaman.
Dikutip dari: Redaksi Kompas, “Kartu Pos dari Surga” dalam Smokol: Cerpen Kompas Pilihan 2008, Jakarta, Kompas Media Nusantara, 2009
Penyebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah . . . .
A.       Marwan menjemput anaknya yang turun dari mobil jemputan, tetapi ia melesat menuju kotak pos di pagar rumah.
B.       Beningnya dan Marwan mengambil kartu pos dari mamanya yang telah lama pergi dari rumah dan membacanya dangan perasaan sedih.
C.      Marwan sengaja tidak masuk kantor dan menemani Beningnya membaca kartu pos yang dikirim oleh mamanya setelah pulang sekolah.
D.      Marwan bingung menjelaskan kematian sang mama kepada Beningnya sehingga ia menulis kartu pos atas nama mama Beningnya.
E.       Mama Beningnya menulis sebuah kartu pos kepada anaknya dan Marwan untuk mengabarkan bahwa keadannya tidak baik.
ANSWER: D
Konflik yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah tokoh Beningnya kecewa karena mendapat kartu pos bukan dari mamanya. Penyebab konflik tersebut tokoh sang ayah menulis kartu pos kepada tokoh, Beningnya, atas nama sang mama karena sang mama telah meninggal dunia. Tokoh ayah bingung menjelaskan kematian sang mama kepada anaknya. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan D.

15.     Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Seisi ruangan tertawa riuh, sekali lagi aku hanya tersenyum. Aku sadar kalau tingkahku ini sedang diperhatikan seseorang. Aku melirik ke bangku di seberang mejaku. Aji tersenyum sambil memandangku dengan cepat kilat aku memalingkan wajahku.
“Oh...tidak! Senyum itu selalu membuatku malu dan begitu salah tingkah.”
“Ah...sudahlah...!”
Beberapa anak meminta Bu Retno untuk memberitahu siapa yang mendapat nilai 9 itu. Beberapa anak ada yang menebak bahwa yang mendapatkan 9 itu Yoga. Tetapi hal ini membuatku takut, Bu Retno akan mengumumkannya. Ketakutanku menjadi kenyataan setelah Bu Retno mengatakan bahwa akulah yang mendapat nilai 9.
Teman-temanku semua memberi selamat, aku hanya tersenyum kecut saja.
“Marsha, kok kamu nggak seneng sih dapat nilai 9,” tanya Ranti.
“Eh, siapa bilang. Aku seneng kok, Ran,” jawabku berbohong.
“Oh, tapi kamu kok pucat, sih?”
“Nggak apa-apa.”
Aku memang tidak tenang. Apalagi ketika Aji mendekatiku dan dia mengucapkan selamat.
“Selamat ya, Sha. Kamu hebat.”
Tapi dari sorot matanya aku melihat ada yang aneh. Aku takut Aji tahu kejadian sebenarnya.
Pada pelajaran Bu Retno aku tidak konsentrasi sama sekali. Aku hanya berkata dalam hati, “Oh, Tuhan, aku menyesal. Mengapa aku lakukan perbuatan curang itu. Itu pun juga salahku karena tidak belajar sebelumnya. Aku terpaksa menyontek. Aku tidak ingin mendapatkan nilai di bawah nilai 5.”
Dikutip dari: S. Amran dan A. Rozak Zaidan (Ed), “Karena Menyontek” dalam Kupu-kupu di Bantimurung: Antologi Cerpen Remaja III, Jakarta, Yayasan Obor, 2003
Akibat konflik yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah . . . .
A.       Marsha senang mendapat nilai 9 dan bangga teman-teman memberi selamat kepadanya.
B.       Aji berteman dangan Marsha karena Marsha telah berhasil mendapatkan niali 9 dalam ulangannya.
C.      Marsha tidak tenang dan ketakutan apabila perbuatan curangnya diketahui oleh teman-teman dan gurunya.
D.      Teman-teman tidak menyukai Marsha karena ia berhasil mendapatkan nilai ulangan terbaik di kelas.
E.       Bu Retno sangat bangga kepada Marsha karena mampu mengalahkan Aji dalam ulangan.
ANSWER: C
Konflik dl cerita tersebut adalah suara riuh ketika tokoh Bu Retno mengumumkan nilai ulangan. Tokoh Bu Retno mengumumkan bahwa tokoh Marsha mendapat nilai 9. Akibat konflik tersebut, tokoh Marsha tidak tenang. Ia ketakutan bahwa nilai yang dia dapat berasal dari perbuatan curangnya. Ia takut. Jadi, akibat konflik yang tepat terdapat pada pilihan C.


16.     Bacalah kutipan cerpen berikut!
Adzan Isya’ baru selesai berkumandang dari mikrofon tua masjid seberang jalan. Sebentar lagi kewajiban akan tertunaikan oleh segelintir umat yang taat. Malam ini rombongan kethoprak kami mendapatkan kesempatan menghibur penonton di halaman balai desa seperti tahun-tahun kemarin. Tapi pagelaran tahun ini ada sesuatu yang mengganjal di hati kami, mulai dari banyaknya protes yang tidak setuju jika acara malam puncak seni di desa kami diisi dengan pagelaran kethoprak sampai kondisi kesehatan dari salah satu pemain andalan kami yang kian memburuk.
Bau asap rokok murahan hasil sumbangan dari warga dan aroma bedak hasil patungan kami bercampur mengiringi alunan suara gamelan yang ditabuh para niyogo. Kami membubarkan gendhing srepeg mataram yang terasa mandayu seperti menggambarkan suasana hati kami yang resah.
Tari Gambyong Pareanom baru saja selesai disuguhkan sebagai tarian wajib untuk sebuah pagelaran kethoprak. Tarian ini merupakan tarian pembuka yang berfungsi sebagai ucapan selamat datang untuk para penonton.
Dikutip dari: http://cerpenmu.com/, 8 Oktober 2016
Nilai sosial budaya dalam kutipan cerpen tersebut adalah . . . .
A.       Kegiatan beribadah secara berjamaah yang dilakukan oleh warga desa.
B.       Persiapan warga dalam menyambut pertunjukan kethoprak di balai desa.
C.      Kehadiran rombongan pemain kethoprak yang sangat mashyur di balai desa.
D.      Pemberian dana kepada pemain kethoprak untuk menghibur warga desa.
E.       Penyelenggaraan pertunjukan kethoprak diiringi tarian tradisional dan suara gamelan.
ANSWER: E
Nilai sosial budaya mencerminkan aspek sosial budaya suatu daerah dl suatu karya sastra. Nilai sosial budaya dl kutipan cerpen tersebut adalah penyelenggaraan pertunjukkan kethoprak diiringi tarian tradisional dan suara gamelan. Nilai sosial budaya pada pilihan A, B, C, dan D tidak sesuai dg kutipan cerpen. Jadi, jawaban yg tepat adalah E.

17.     Cermati kutipan novel berikut!
Berita meninggalnya Mbah Putri dengan cepat menyebar ke seluruh pantai, palka-palka, kabin-kabin, sudut-sudut kapal. Siapa yang tidak mengenal pasangan sepuh itu? Siapa yang tidak tahu kalau naik haji adalah perjalanan besar yang telah mereka cita-citakan sejak menikah empat puluh tahun lalu. Bukti cinta mereka.
Dua hari terakhir, kondisi Mbah Putri memang sudah payah. Ia tidak bisa keluar kabin lagi, saat duduk (tidak bisa berdiri lagi) menunaikan salat Shubuh, ia bangkit lagi dari sujud terakhirnya. Mbah Kakung yang menjadi imam terus melanjutkan salat, mengucap salam.
Putri sulungnya juga mengucap salam. Mengira Mbah Putri hanya sedang sujud lama. Tapi tiba-tiba, bruk, tubuh tua itu ambruk ke sajadah di sebelahnya.
Dikutip dari: Tere Liye, Rindu, Jakarta, Republika, 2014
Penyebab konflik dalam kutipan novel tesebut adalah . . . .
A.       Putri sulung Mbah Putri sedang salat berjamaah dengan Mbah Kakung.
B.       Kondisi Mbah Putri yang sudah lelah dan tidak dapat berdiri lagi ketika salat
C.      Mbah Putri dan Mbah Kakung menunaikan ibadah haji bersama sebagai bukti cinta.
D.      Cita-cita Mbah Putri dan Mbah Kakung untuk berlayar bersama sejak menikah.
E.       Keadaan kabin tempat tinggal Mbah Putri tidak layak untuk ditempati.
ANSWER: B
Konflik dl kutipan cerpen tersebut adalah tokoh Mbah Putri meninggal. Penyebab tokoh Mbah Putri meninggal adalah kondisi Mbah Putri memang sudah lelah. Tokoh Mbah Putri sudah tidak dapat salat dengan berdiri lagi. Penyebab konflik dapat dicermati pada paragraf kedua. Jawaban tepat terdapat pada pilihan B.

18.     Cermati kutipan novel berikut!
Ketika Midun kelihatan oleh beberapa orang muda di pasar itu, mereka itu pun datanglah mendapatkannya. Mereka itu semuanya amat bergirang hati melihat Midun. Begitu pula ketika ia bersalaman dengan orang-orang tua yang duduk berkelompok-kelompok di situ, nyata terbayang pada muka orang-orang itu kesenangan hatinya. Apakah sebabnya demikian?
Memang Midun seorang muda yang sangat digemari orang dikampungnya. Budi pekertinya amat baik dan tertib sopan santun kepada siapa jua pun. Tertawanya manis, sedap didengar, tutur katanya lemah lembut. Ia gagah berani lagi baik hati, penyayang dan pengasih, jarang orang sebaik dia hatinya. Sabar dan tak lekas marah, serta tulus ikhlas dalam segala hal.
Dikutip dari: Tulis Sutan Sati, Sengsara Membawa Nikmat, Jakarta, Balai Pustaka, 2004
Nilai sosial budaya yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah . . . .
A.       Seorang pemuda bersalaman dengan sopan dan ramah kepada orang yang lebih tua.
B.       Seorang pemuda sangat dihormati dan digemari orang-orang di kampungnya.
C.      Seorang pemuda mendiskusikan masalah agama dengan orang tua.
D.      Seorang pemuda bercakap-cakap dengan orang tua di pasar.
E.       Seorang yang ramah sedang diperhatikan oleh sekelompok pemuda di pasar.
ANSWER: A
Aspek sosial budaya yg terlihat dl kutipan novel tersebut adalah budaya bersalaman dg sopan dan ramah. Nilai sosial budaya tersebut terlihat ketika beberapa pemuda melihat tokoh Midun bersalaman dg orang-orang tua yg duduk berkelompok-kelompok. Jadi, pilihan jawaban tepat terdapat pada pilihan A.

19.     Cermati kutipan novel berikut!
Kucai tampak sangat emosional. Tangannya menunjuk-nunjuk ke atas dan napasnya tersengal setelah menghamburkan unek-unek yang mungkin telah dipendamnya bertahun-tahun. Ia menatap Bu Mus dengan mata nanar, tapi pandangannya ke arah gambar R.H. Oma Irama Hujan Duit. Kami semua menahan tawa melihat pemandangan itu, tapi Kucai sedang sangat serius, kami tak ingin melukai hatinya.
Bu Mus juga terkejut. Tek pernah sebelumnya beliau menerima tanggapan selugas itu dari muridnya, tapi beliau maklum pada beban yang dipikul Kucai. Beliau ingin bersikap seimbang, maka beliau segera menyuruh kami menuliskan nama ketua kelas baru yang kami inginkan di selembar kertas, melipatnya, dan menyerahkannya kepada beliau. Kami menulis pilihan kami dengan bersungguh-sungguh dan saling merahasiakan pilihan itu dengan sangat ketat. Kucai senang sekali. Wajahnya berseri-seri. Ia merasa telah mendapatkan keadilan dan menganggap bahwa bebannya sebagai ketua kelas akan segera berakhir.
Dikutip dari: Andrea Hirata, “Penyakit Gila No. 5” dalam Laskar Pelangi, Yogyakarta, Bentang, 2008
Hubungan unsur intrinsik dalam kutipan novel tersebut adalah . . . .
A.       latar berkaitan dengan konflik
B.       amanat berkaitan dengan tema
C.      perwatakan berkaitan dengan tema
D.      alur berkaitan dengan perwatakan
E.       latar berkaitan dengan sudut pandang
ANSWER: A
Kutipan novel tersebut menceritakan Kucai yg sangat emosional dl menyampaikan pendapatnya di kelas ketika pemilihan ketua kelas. Tokoh Bu Mus tidak menyangka bahwa tokoh Kucai akan mengeluarkan pendapat selugas itu. Kutipan novel tersebut sangat menonjolkan latar tempat, suasana, dan konflik. Latar tepat di ruang kelas. Latar suasana dl kutipan cerita tersebut adalah tegang. Konflik kutipan cerita tersebut adalah ketegangan saat pemilihan ketua kelas. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan A.

20.     Perhatikan kutipan kedua puisi berikut!
Puisi lama
Burung pipit hinggap di pohon sukun
Batang pohon licin tiada berduri
Jika belajar haruslah tekun
Tetap tabahkan hati dan sabarkan diri
Puisi baru
Kenangan
Tambak beriak intan terberai
Kemuncak bambu tunduk melambai
Mas kumambang mengisak sampai
Merenungkan mata kesuma teratai
...
Dikutip dari: http://contohpantunpuisicerpen.blogspot.co.id/, 8 Oktober 2016
Perbedaan antara kedua puisi tersebut adalah...

Puisi Lama
Puisi Baru
A.
berisi nasehat
berisi curahan hati
B.
bersajak a-a-a-a
bersajak a-b-a-b
C.
tidak ada aturannya
ada aturannya
D.
menggunakan majas
menggunakan bahasa sehari-hari
E.
bahasa sulit dipahami
bahasa mudah dipahami
ANSWER: A
Perbedaan kedua puisi tersebut di antaranya sebagai berikut.

Puisi Lama
Puisi Baru
A.
berisi nasehat
berisi curahan hati
B.
bersajak a-b-a-b
bersajak a-a-a-a
C.
ada aturannya
tidak ada aturannya
D.
menggunakan bahasa sehari-hari
menggunakan majas
E.
bahasa mudah dipahami
bahasa sulit dipahami

21.     Perhatikan kutipan kedua puisi berikut!
Puisi I
Tunas kehidupan bermekaran dan merona
Kala aku berada di dekatnya
Paras yang tenang mengait perasaan
Hadirnya bawa kelana dan sisa hidup
Engkaulah bunga rampai yang tertanam di halaman
Laksana perhiasan di etalase yang penuh pikat
. . . . .
Dikutip dari: Adytia Nugraha, “Perempuan” dalam Puisi dan Intuisi, Bandung, Asrifa, 2016
Puisi II
Adapun kami anak sekarang
Mari berjerih berbanting tulang
Menjaga kemegahan janganlah hilang
Supaya lepas ke padang yang bebas
Sebagai poyangku masa dahulu
Karena bangsaku dalam hatiku
Turunan Indonesia darah Melayu
Karya         : Muhammad Yamin
Dikutip dari: http://www.lenteratimur.com/, 8 Oktober 2016
Perbandingan gaya bahasa kedua kutipan puisi tersebut adalah . . . .

Puisi I
Puisi II
A.
menggunakan ungkapan
menggunakan majas
B.
menggunakan bahasa lugas
menggunakan ungkapan
C.
menggunakan majas
menggunakan ungkapan
D.
menggunakan majas
menggunakan bahasa lugas
E.
menggunakan ungkapan
menggunakan bahasa lugas
ANSWER: C
Kutipan puisi I menggunakan majas hiperbola yaitu pada larik Tunas kehidupan bermekaran dan merona, majas asosiasi pada larik Laksana perhiasan di etalase yang penuh pikat, dan majas metafora pada larik Engkaulah bunga rampai yang tertanam di halaman. Puisi II menggunakan ungkapan berbanting tulang. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

22.     Cermati penjelasan berikut!
Novel Ayahku (Bukan) Pembohong mengisahkan seorang Ayah Dam yang menceritakan cerita hebat kepada anak Dam. Dam adalah seorang anak yang dibesarkan dengan cerita kesederhanaan hidup. Cerita-cerita itulah yang mendidik dan membangun karakternya sejak kecil. beranjak dewasa, ia mulai berhenti percaya pada cerita-cerita ayahnya. Ia merasa ayahnya telah berbohong padanya sejak kecil dan ia tidak akan pernah bisa memaafkan ayahnya. Akhirnya, Dam terus membenci ayahnya bahkan sampai ia sukses. Akhirnya, Dam terlambat menyadari kesalahannya. Saat ayah Dam meninggal, ia baru menyadari betapa berartinya ayah dalam kehidupannya.
Novel ini menggunakan sudut pandang orang pertama. Alur yang digunakan adalah alur campuran. Walau menggunakan alur campuran, novel ini tidak membuat pembaca bingung. Pembaca dapat menikmati setiap masa ketika Dam kecil dan kembali ke kehidupan Dam dewasa. Novel ini menggunakan bahasa sederhana dan mudah dimengerti. Novel ini sangat inspiratif dan kaya akan nilai-nilai moral. Novel ini menyadarkan kita tentang betapa pentingnya keluarga, terutama ayah. Namun, novel ini menceritakan tempat-tempat yang hanya ada dalam imajinasi manusia, seperti Lembah Bukhara dan Akademi Gajah.
Disandur dari: http://timetoshareguys.blogspot.co.id/, 5 Oktober 2016
Kalimat resensi tepat manyatakan keunggulan isi buku sesuai penjelasan tersebut adalah . . . .
A.       Novel Ayahku (Bukan) Pembohong me-rupakan cerita fiksi karena pengarang menceritakan kisah kehidupan seorang ayah yang sering berbagi cerita kepada anaknya.
B.       Novel Ayahku (Bukan) Pembohong menggunakan bahasa sederhana dan mudah dimengerti seluruh penikmat novel, sangat inspiratif, dan kaya akan nilai-nilai moral.
C.      Novel Ayahku (Bukan) Pembohong men-ceritakan yang membenci dan tidak mau memaafkan ayahnya sehingga timbul penyeselan saat ayahnya sudah meninggal.
D.      Novel Ayahku (Bukan) Pembohong memiliki amanat mengajak pembaca, terutama generasi muda untuk menghormatidan menjaga perasaan orang tua serta me-nyadarkan akan hakekat kebahagiaan sejati yang selama ini disalahartikan orang.
E.       Novel Ayahku (Bukan) Pembohong menceritakan tempat-tempat yang hanya ada dalam imajinasi manusia sehingga pembaca sulit menggambarkan keadaan tempat yang dimaksud.
ANSWER: B
Resensi memuat kelemahan dan kelebihan karya sastra. Kalimat resensi yang menunjukkan keunggulan novel Ayahku Bukan Pembohong terdapat pada pilihan B. Kalimat pada pilihan A dan C merupakan sinopsis resensi. Kalimat pada pilihan D merupakan keberpihakan penulis resensi. Sementara itu, pilihan jawaban E merupakan kelemahan isi buku.

23.     Cermati paragraf berikut!
Daeng terkenal sebagai anak yang bersikap sesuka hati dan semaunya sendiri. Ia selalu meminta apa pun yang dipunyai temannya. Daeng selalu meminjam peralatan sekolah teman sekelasnya. Teman-teman Daeng kesal terhadap sikapnya. Ia memang [. . .]. Ia tidak mempunyai rasa malu sedikit pun terhadap teman-temannya.
Ungkapan tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . . .
A.       bermuka dinding
B.       bermuka licin
C.      bermuka sabak
D.      bermuka manis
E.       bermuka keruh
ANSWER: A
Paragraf tersebut menceritakan tokoh Daeng yg suka bersikap sesuka hati dan semaunya sendiri. Ia suka meminta dan meminjam barang milik temannya. Ia tidak memiliki rasa malu sedikitpun terhadap teman-teman atas sikapnya. Ungkapan yg tepat adalah muka dinding, yang berarti tidak mempunyai perasaan malu. Makna ungkapan muka licin: tampak seperti orang kaya ; muka sabak:tampak akan menangis ; muka manis:ramah ; muka keruh:tampak tak suka.

24.     Perhatikan paragraf eksposisi rumpang berikut!
Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan oleh para siswa di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai unervitas. [. . .] Kegiatan dari ekstrakurikuler dapat berbentuk kegiatan kesenian, olahraga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari siswa. Kegiatan ekstrakurikulermerupakan kegiatan yang terkoordinasi terarah dan terpadu dengan kegiatan lain di sekolah, guna menunjang pencapaian tujuan kurikulum. Dengan demikian, kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ikut andil dalam menciptakan tingkat kecerdasan siswa.
Disandur dari: http://handpage.blogspot.co.id/, 6 Oktober 2016
Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah . . . .
A.       Kegiatan ini dilakukan selama seminggu setelah jam pelajaran usai sehingga siswa dapat berekreasi sesuai dengan kegiatan yang diminati.
B.       Siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler diharapkan mendapat nilai tambah sebagai pelengkap nilai bidang akademik di sekolah.
C.      Tujuan pembentukan kegiatan ekstrakurikuler agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik.
D.      Hasil yang dicapai siswa setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler akan berdampak pada hasil belajar siswa pada suatu mata pelajaran tertentu.
E.       Biasanya siswa yang aktif dam memiliki bakat dalam kegiatan ekstrakurikuler akan terampil berorganisasi, mengelola, dan memecahkan berbagai masalah.
ANSWER: C
Paragraf tersebut memaparkan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut terdapat pada pilihan jawaban C. kalimat C sesuai dengan kalimat sebelum dan sesudahnya. Pilihan jawaban lain tidak sesuai dg kalimat sebelum dan sesudahnya.

25.     Perhatikan paragraf deskripsi berikut!
Museum Trowulan adalah museum arkeologi yang terletak di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Museum Trowulan berdiri di atas lahan seluas 57.625 meter persegi. Pada bangunan utama terdapat empat ruang utama. Pada pintu masuk terdapat batu relief lambang Kerajaan Majapahit. Pada dinding-dinding museum berjejer foto dan tulisan sejarah awal berdirinya museum tersebut. pada ruangsebelah kanan tersimpan koleksi logam. Pada ruang tengah tersimpan alat-alat dan fosil dari masa prasejarah. [. . .] Jika pengunjung melewati lorong sebelum masuk ruang yang paling besar, pengunjung dapat melihat benda-benda peninggalan Sir Ir. Henri Maclain Point berupa seperangkat meja dan kursi kayu dengan perpaduan ukiran Jawa dan Eropa.
Disandur dari: http://langkahanakdesa.blogspot.co.id/, 6 Oktober 2016
Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah . . . .
A.       Di halaman museum terdapat tulisan berisi larangan bagi para pengunjung.
B.       Museum Trowulan tidak hanya menyimpan peninggalan dari masa Majapahit.
C.      Museum Trowulan menyimpan artefak-artefak dari penggalian arkeologis
D.      Ada koleksi benda kuno yang berasal dari keramik dan logam.
E.       Di ruangan tersebut terdapat juga prasasti-prasasti bertuliskan huruf Cina dan Arab.
ANSWER: E
Paragraf tersebut merupakan paragraf deskripsi yang mendeskripsikan isi di setiap ruangan Museum Trowulan. Kalimat tepat untuk melengkapi terdapat pada pilihan E. Jawaban E sesuai dg deskripsi isi di setiap ruangan Museum Trowulan. Kalimat tersebut sesuai dg kalimat sebelum dan sesudahnya. Pilihan yg lain tidak tepat dan tidak sesuai.

26.     Perhatikan cerpen rumpang berikut!
Saat aku melewati tukang nasi, aku membayar nasi yang telah diambil anak itu. Aku membayarnya dengan tiga kali lipat dari harga nasi bungkus itu. Aku memboyong dan membawa anak itu ke puskesmas, [. . .] Dia masih merengek kesakitan saat sedang diobati oleh seorang dokter puskesmas. Luka anak itu telah diobati dan dibalut dengan perban. Dia malu melihatku. Dia menunduk dan tidak ingin menatap wajahku. Aku pun menghampirinya dan mencoba untuk membangkitkan rasa percaya dirinya kembali. Namun, dia tetap menunduk dan terdiam seakan dia tidak mau bicara kepadaku.
Aku membawanya duduk di bangku pasien yang panjang. Aku bertanya kepadanya, “Kenapa kamu mengambil nasi itu?”
“Aku terpaksa melakukan karena aku putus asa. Aku sudah tidak kuat lagi menahan perutku yang terus-menerus meminta makanan,” jawabnya yang lara dan menambah rasa ibaku kepadanya.
Dikutip dai: Budi Setia P., Satu Kebaikan, Palu, Ndok Asin, 2011
Kalimat tepat untuk melengkapi cerpen tersebut adalah . . . .
A.       Dia makan sangat lahap dan agaknya sudah lama dia tidak makan makanan seperti ini.
B.       Setelah selesai, dia mngucapkan terima kasih karena aku telah membantu mengobati lukanya.
C.      Semua orang tidak berhenti menghakimi anak itu dan aku pun berteriak di depan kerumunan.
D.      Setelah sampai di puskesmas, anak itu segera mendapatkan perawatan agar lukanya segera dibersihkan dan diobati.
E.       Aku berjalan sambil melihat kerumunan orang yang membuatku ingin tahu peristiwa yang sedang terjadi.
ANSWER: D
Kalimat pada pilihan jawaban D sesuai dg kalimat sebelum dan sesudahnya. Kalimat pada jawaban A, B, C, dan E jika digabung dg kutipan cerpen jadi tidak sesuai dg isi cerita.

27.     Perhatikan kutipan novel rumpang berikut!
Kereta berjalan perlahan meninggalkan Cirebon. Zafran memandang keluar jendela kereta. Di hari yang hampir malam itu langit membiru hitam, bulan terlalu cepat muncul. Di hamparan sawah yang mulai menghitam, Zafran melihatsurau kecil. [. . .] Lampu di surauitu memberi cahaya seadanya, membuat surau terlihat bersinar sendirian di antara hamparan sawah yang mulai menggelap. Suara adzan magrib pun terdengar sayup-sayup di telinga Zafran tanpa disadarinya, ia menarik napas panjang. Matanya langsung terpejam. Ada sesuatu mengelus hatinya.
Dikutip dari: Donny Dhirgantoro, 5 cm, Jakarta, Grasindo, 2010
Kalimat tepat untuk melengkapi kutipan novel tersebut adalah . . . .
A.       Orang-orang terlihat beraktivitas pergi ke sawah dan ada pula yang membawa barang dagangan baik dangan berjalan kaki maupun naik sepeda untuk dibawa ke pasar.
B.       Beberapa orang memakai sarung, peci, dan kemeja putih berjalan di antara pematang remang-remang menuju surau kecil itu.
C.      Sawah dan Gunung Ciremai di kejauhan melambai lembut sama seperti malam sebelumnya, masih di atas rel yang sama, setia menemani sang kereta.
D.      Penerangan neon jalan desa dan kota-kota tua yang seadanya di antara lintasan kereta yang mereka lewati, memenuhi pandangan mereka.
E.       Lengangnya tanah Jawa dan rumah-rumah bergaya Jawa lama di tengah malam menyentuh hati mereka hingga satu per satu mata mereka pun lelah terpejam.
ANSWER: B
Sebuah novel harus ditulis dg isi dan bahasa yang mengalir padu. Kalimat yg tepat untuk melengkapinya terdapat pada pilihan B.

28.     Perhatikan kutipan drama berikut!
Anak: Aku diterima bekerja di sebuah per-usahaan di kota. Aku berencana akan tinggal di sana. Aku harap ibu mau ikut bersamaku tinggal di kota.
Ibu   : Ibu masih ingin menunggu ayahmu di sini, di rumah ini setiap senja.
Anak: Di mana pun itu kita akan tetap menikmati senja yang sama. Ibu bisa menikmati senja bersamaku. (Mencoba membujuk)
Ibu   : Ibu hanya ingin menunggu ayahmu di sini, di rumah ini.
Anak: (Berdiri, kemudian melangkah sedikit maju dengan emosi) Mengapa ibu harus menunggunya seperti ini? Menunggu seseorang yang tidak jelas dan tidak pasti kapan ia akan kembali. Ia sudah lupa dengan kita, dan aku pikir ia memang sudah lupa dengan kita. Coba ibu pikirkan, sedari dulu waktu aku masih dalam kandungan hingga kini aku dewasa, sudah bertahun-tahun lamanya ia tak pernah kembali ke rumah ini. Bahkan aku sendiri tak pernah tau wajahnya (diam sejenak).
Ibu  : (Berbalik meninggalkan anaknya sambil menangis masuk ke dalam rumah)
Anak: (Berlari mendekati ibunya lalu memeluknya) [. . .]
Dikutip dari: http://bandarnaskah.blogspot.co.id/, 7 Oktober 2016
Kalimat tepat untuk melengkapi dialog drama tersebut adalah . . . .
A.       Baiklah, Bu. Aku akan tetap bekerja dan tinggal di kota.
B.       Aku tidak seharusnya berkata itu kepada ibu. Ibu, memaafkan aku.
C.      Ibu tidak mengerti perasaanku. Aku hanya ingin ayah pulang.
D.      Mengapa ibu marah kepadaku? Aku hanya mengatakan yang sebenarnya.
E.       Ibu sudah memaafkanmu, Nak. Ibu harap kamu tidak akan mengulanginya. 
ANSWER: B
Kutipan dialog tersebut dapat dilengkapi dg kalimat pada pilihan jawaban B. pilihan B sesuai dg kalimat sebelum dan sesudahnya. Kalimat pada pilihan jawaban E merupakan kalimat yg seharusnya diucapkan oleh tokoh Ibu.

29.     Bacalah pantun berikut!
Rawa-rawa tempat buaya,
[. . .]
Tidak mungkin hidup bahagia,
jika tidak hormat pada ayah ibu.
Sampiran tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah . . . .
A.       kawan lama datang ke sana.
B.       nun jauh di sana ada pohon tebu.
C.      pergi berlayar ke samudera biru.
D.      ada juga cumi dan hiu.
E.       hutan luas tempat singa.
ANSWER: B
Pantun tersebut merupakan pantun nasihat. Pantun tersebut berisi nasihat bahwa seseorang tidak akan bahagia jika tidak hormat kepada ibu dan bapaknya. Jadi, kalimat tepat melengkapi pantun tersebut adalah pilihan jawaban B. pilihan B memiliki sajak akhir sama dg larik keempat dan memiliki keterikatan makna dg sampiran pantun. Sementara pilihan jawaban yg lain tidak memiliki keterikatan makna dg sampiran pantun.

30.     Bacalah penggalan puisi berikut!
Di Tepi Pantai
Ombak berderai di tepi pantai,
Angin berhembus lemah lembut.
[. . .] kelapa melambai-lambai,
Di ruang angkasa awan berkabut.
Karya             : Amir Hamzah
Dikutip dari : Suyono Suyatno, Joko Adi Sasmito, dan Erli Yetti, Antologi Puisi Indonesia Modern Anak-Anak, Jakarta, Yayasan Obor, 2008
Kata kias tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah . . . .
A.       atas
B.       ujung
C.      tepi
D.      pucuk
E.       puncak 
ANSWER: E
Puisi tersebut menggambarkan pemandangan di tepi pantai. Terlihat ombak sedang bersuara riuh, angin terasa sepoi-sepoi, daun ujung pohon kelapa melambai tertiup angin, dan awan berkabut. Kata kias tepat untuk melengkapi penggalan puisi tersebut adalah puncak. Kata puncak dalam kutipan puisi tersebut berarti daun ujung pohon kelapa. Jadi, jawaban yg tepat pilihan E.

31.     Perhatikan paragraf resensi rumpang berikut!
Buku berjudul Pengantar Filsafat Pendidikan memuat ilmu pendidikan dan pendekatan filosofis. Buku ini menjabarkan teori dan praktik pendidikan sebagai upaya untuk membangun sumber daya manusia dan memberiwawasan yang sangat luas. Pendidikan menyangkut seluruh aspek kehidupan baik pemikiran maupun pengalamannya. Bahasa yang digunakan pengarang sangat komunikatif. [. . .] Pada dasarnya memang pendidikan tidak dapat dipisahkan dari nilai. Buku ini kurang memberikan pemahaman bagi pembaca, khususnya para pemuda sehingga pesan yang diutarakan oleh pengarang tidak tersampaikan kepada pembaca.
Disadur dari: http://renievadewi.wordpress.com/, 6 Oktober 2016
Kalimat tepat untuk melengkapi resensi buku tersebut adalah . . . .
A.       Buku Pengantar Filsafat Pendidikan ini kurang cocok dibaca oleh pelajar karena berisi panduan untuk para pendidik.
B.       Pesan dalam buku ini kurang dapat dipahami dengan baik karena menggunakan bahasa formal.
C.      Buku ini mampu memberikan informasi tentang nilai, sumber nilai, dan cara manusia dapat memperoleehnilai tersebut.
D.      Pendidikan membutuhkan pengkajian filosofis karena pendidikan dilihat dalam suatu realitas yang komprehensif.
E.       Kajian filosofis tentang pendidikan akan membantu memberikan informasi tentang hakekat manusia. 
ANSWER: C
Bagian rumpang resensi buku tersebut harus diisi sesuai dg kalimat agar menjadi sebuah resensi padu. Kalimat tepat untuk melengkapi bagian resensi tersebut terdapat pada pilihan C. Kalimat C sesuai dg kalimat sebelum dan sesudahnya yang menyatakan keunggulan buku. Pilihan jawaban A dan B menyatakan kekurangan buku. Sedangkan pilihan jawaban D dan E menyatakan bagian isi buku.

32.     Bacalah  petunjuk rumpang berikut!
Pentunjuk Membuat Keripik Singkong
1)       Siapkan singkong yang masih segar, air, kapur sirih, garam, gula pasir, bawang merah dan putih, serta mnyak goreng secukupnya.
2)       Kupas singkong terlebih dahulu, lalu cuci dengan air sampai bersih.
3)       [. . .]
4)       Rendam singkong yang telah dipotong tipis-tipis dalam air yang diberi kapur sirih.
5)       Haluskan bawang merah dan bawang putih, lalu masukan garam dan gula pasir secukupnya.
6)       Masukan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam rendaman singkong.
7)       [. . .]
8)       Panaskan wajan berisi minyak goreng di atas api sedang, lalu goreng singkong sampai matang.
9)       Setelah matang, angkat singkong dari wajan dan tiriskan.
10)    Masukan singkong yang sudah ditiriskan ke dalam stoples dan sajikan.
Kalimat tepat untuk melengkapi petunjuk rumpang tersebut adalah . . . .
A.       3)  Potong dengan ketebalan 1 cm, lalu  masukan ke dalam wadah.
7)  Buang air rendaman singkong dan tambahkan dengan air bersih.
B.       3)   Potong tipis-tipis singkong dan masuk-an dalam baskom.
7)  Sekira satu jam, angkat dan tiriskan singkong sampai benar-benar kering.
C.       3)   Parut singkong sampai halus, lalu masukan ke dalam baskom.
7)    Saring singkong yang telah diparut dan buang air perasan singkong.
D.       3) Rebus singkong hingga setengah matang, lalu potong singkong berbentuk balok.
7)   Rendam singkong kurang lebih sehari semalam agar bumbu merasuk.
E.       3)    Keringkan singkong kupas, lalu tumbuk singkong hingga halus.
7)  Campurkan bumbu dengan sari pati singkong, lalu beri sedikit air.
ANSWER: B
Petunjuk dalam soal menjelaskan langkah-langkah membuat keripik singkong. Bagian rumpang petunjuk tersebut harus diisi kalimat padu dg kalimat sebelum dan sesudahnya. Kalimat tepat mengisi bagian rumpang tersebut terdapat pada pilihan B. Pilihan kalimat A, C, D, dan E tidak tepat.

33.     Perhatikan kalimat berikut!
Ayah mengajarkan rasa tanggung jawab dan ibu mengajarkan kasih sayang agar seorang anak dapat menjadi anak baik.
Kalimat berikut yang berpola sama dengankalimat trsebut adalah . . . .
A.       Mereka mengadakan acara peringatan hari Pendidikan yang dihadiri oleh seluruh siswa SMA di Medan serta dihadiri seluruh pejabat pemerintahan.
B.       Begadang termasuk kebiasaan buruk untuk kesehatan, faktanya masih banyak yang melakukannya.
C.      Magdalena memiliki hobi membaca buku pengetahuan, bahkan dijuluki kutu buku oleh teman-temannya.
D.      Ibu memasak makanan kesukaanku dan kakak menyiapkan makan siang ketika aku pulang sekolah.
E.       Seluruh makhluk hidup yang diciptakan oleh Tuhan dapat berkembang biak agar bisa tetap hidup di dunia ini.
ANSWER: D
Kalimat tersebut merupakan kalimat majemuk campuran yang memuat dua induk kalimat dan satu anak kalimat Induk kalimat           : Ayah mengajarkan rasa tanggung jawab.
Induk kalimat         : Ibu mengajarkan kasih sayang.
Anak kalimat         : agar seorang anak dapat menjadi anak baik.
Kalimat yg berpola sama terdapat pada pilihan D yaitu memuat dua induk kalimat dan satu anak kalimat.
Induk kalimat         : Ibu memasak makanan kesukaanku.
Induk kalimat         : Kakak menyiapkan makan.
Anak kalimat         : ketika aku pulang sekolah.
Pilihan A termasuk kalimat majemuk campuran. Akan tetapi, memuat satu induk kalimat dan dua induk kalimat. Pilihan B, C, dan E termasuk kalimat majemuk bertingkat.

34.     Perhatikan kalimat-kalimat acak berikut!
1)       Begitu adonan sudah mulai bersarang, tutup teflon lalu kecilkan api. Setelah agak kering, taburu permukaan adonan dengan gula pasir.
2)       Setelah memanaskan teflon, masukan soda kue ke dalam adonan, aduk hingga rata.
3)       Masukan adonan ke dalam teflon. Sesuaikan dengan ukuran teflon, laru ratakan dengan bagian dasar sendok sehingga adonan bisa menyebar ke tepi  teflon.
4)       Aduk adonan dengan ballon whisk hingga mulus dan tidak bergerindil, lalu diamkan sekira 20-30 menit tanpa ditutup.
5)       Campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan, telur, garam, dan ar di dalam mangkuk.
6)       Panaskan teflon dengan api sedang, tanpa perlu dioles dengan minyak atau margarin.
7)       Setelah matang, angkat. Beri olesan margarin dan beri toping martabak manis tersebut sesuai selera. Lipat dan potong-potong sesuai selera.
Disandur dari: http://www.monicsimplykitchen.com/, 5 Oktober 2016
Urutan tepat kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks prosedur padu adalah . . . .
A.       5) –1) –4) –3) –7) –6) –2)
B.       5) –1) –6) –7) –4) –2) –3)
C.      5) –2) –3) –4) –7) –6) –1)
D.      5) –3) –1) –4) –7) –6) –2)
E.       5) –4) –6) –2) –3) –1) –7) 
ANSWER: E
Sebelum menyusun urutan-urutan kalimat tersebut menjadi paragraf padu teks prosedur, terlebih dahulu temukan gagasan utamanya. Gagasan utama terdapat pada kalimat nomor 5. Untuk menyusun kalimat-kalimat acak tersebut, kohesi antarkalimat harus ditemukan dg mengurutkan kalimat-kalimat secara sistematik. Susunan yg tepat terdapat pada pilihan E, 5-4-6-2-3-1-7.

35.     Perhatikan paragraf rumpang berikut!
Gunung Arjuno merupakan salah satu tujuan pendakian di Jawa Timur. Di puncak Gunung Arjuno anginnya sangat kencan dan suhunya antara 5–10 derajat Celcius. Di puncak kita dapat menikmati panorama yang sangat indah [. . .] malam tiba. Kita dapat malihat lampu-lampu yang menghiasi Kota Surabaya, Malang, Batu, da Pasuruan. Kita juga dapat menikmati kerlip lampu-lampu kapal yang sedang berada di laut utara. Kita daat menikmati pemandangan [. . .] mendirikan tenda untuk bermalam.
Disandur dari: http://www.catatanhariankeong.com/, 6 Oktober 2016
Konjungsi tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . . .
A.       ketika, sambil                  
B.       sejak, sambil                  
C.      ketika, kalau
D.      ketika, bila
E.       sejak, bila
ANSWER: A
Kata penghubung tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah konjungsi subordinatif waktu, di antaranya ketika, sejak, sambil, dan selagi. Konjungsi tepat adalah A, ketika dan sambil.

36.     Perhatikan paragraf berikut!
Lingkungan merupakan salah satu 1) faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan dan perkembangan perilaku individu, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosiopsikologis. Manusia tidak bisa melepaskan diri sendiri secara mutlak dari pengaruh lingkungan karena lingkungan senantiasa tersedia di sekitarnya. Pada 2) hakekatnya kesehatan lingkungan adalah suatu kondisi atau keadaan lingkungan yang 3) optimum sehingga berpengaruh 4) positive terhadap terwujudnya kesehatan yang optimum pula. Jadi, sangat jelas bahwa lingkungan adalah salah satu unsur yang menentukan kesehatan individu.
Disandur dari: http://sanggarkesehatan.com/, 7 Oktober 2016
Kesalahan penggunaan kata dalam paragraf tersebut terdapat pada angka . . . .
A.       1) dan 2)       
B.       1) dan 3)       
C.      1) dan 4)
D.      2) dan 3)
E.       2) dan 4)
ANSWER: E
Kesalahan penulisan kata terdapat pada kata nomor 2 dan 4. Kedua kata tersebut tidak baku. Kata baku yg tepat adalah hakikatnya dan positif.

37.     Perhatikan paragraf berikut!
Masjid Raya Baiturahman adalah sebuah masjid yang berada di pusat kota Banda Aceh. Masjid itu dahulu merupakan masjid Kesultanan Aceh. 1) Sewaktu Belanda menyerangKota Banda Aceh tahun1875, masjid itu dibakar. 2) Ketika, pada tahun 1875 Belanda membangun kembali masjid sebagai penggantinya. Masjid Raya Baiturahman menempati area kurang lebih empat hektare 3) dengan arsitektur indah 4) dan unik. Masjid ini memiliki tujuh kubah, empat menara, 5) juga satu menara induk.
Disandur dari: Tri Maya Yulianingsih, Jelajah Wisata Nusantara, Jakarta, Buku Kita, 2010
Kesalahan penggunaan konjungsi dalam paragraf tersebut ditunjukan oleh angka . . . .
A.       1) dan 2)       
B.       1) dan 4)             
C.      2) dan 3)
D.      2) dan 5)
E.       3) dan 5)
ANSWER: D
Kesalahan penggunaan konjungsi terdapat pada nomor 2 dan 5. Perbaikan konjungsi tersebut adalah 2) kemudian, dan 5) dan. Konjungsi pada nomor 1, 3, dan 4 sudah tepat.

38.     Perhatikan paragraf berikut!
1) Pantai Oetene berada di Jalan lintas Bena–Kolbano di sisi kanan jalan arah Kota Kupang. 2) Pantai ini berpasir putih dengan dikelilingi pohon cemara dan aren. 3) Perbukitan pasir di Pantai Oetene terbentuk akibat angin yang bertiup dari angin laut. 4) Pantai Oetene memiliki gulungan ombak empat lipatan yang sering digunakan para wisatawan berselancar. 5) Selain itu, panorama Pantai Oetene menjelang matahari terbenam sungguh eksotis.
Disandur dari: Gagas Ulung, Exotic NTT: 200 Tempat Wisata PalingMenantang dan Eksotis di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jakarta, Gramedia, 2011
Kalimat salah dalam paragraf tersebut adalah kalimat berangka . . . .
A.       1)                        
B.       2)                        
C.      3)
D.      4)
E.       5)
ANSWER: C
Kalimat salah pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor 3. Kalimat tersebut tidak efektif. Perbaikan kalimat tersebut adalah Perbukitan pasir di Pantai Oetene terbentuk akibat angin laut yang bertiup. Kalimat yang lain sudah efektif.

39.     Perhatikan paragraf rumpang berikut!
Seorang ayah melaporkan tindak pidana yang dilakukan sebuah rumah sakit di Bekasi. Pelapor mendatangi Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya untuk mengadakan pertemuan. Pertemuan itu untuk mendiskusikan kemungkinan adanya tindak pidana yang dilakukan di rumah sakit tersebut. Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes M. Iqbal, mengatakan akan memeriksa dokter ahli dan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) sebagai saksi ahli untuk petunjuk. Penyidik yakin tindakan itu masuk pidana dengan sejumlah bukti dan [. . .] yang sudah dilakukan. Tim penyidik, lanjut dia, sudah [. . .] pemeriksaan terhadap pelapor. Rencananya, pemeriksaan sebagai saksi ini dilakukan pada [. . .] 16 November 2015.
Disandur dari: http://news.liputan6.com/, 6 Oktober 2016
Kata baku tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . . .
A.       analisis, menjadualkan, Senen
B.       analisis, menjadwalkan, Senin
C.      analisis, menjadualkan, Senin
D.      analisis, menjadwalkan, Senin
E.       analisa, menjadualkan, Senen
ANSWER: B
Agar membentuk paragraf yang baik, kalimat rumpang dl paragraf tersebut harus diisi dg kata-kata baku tepat. penulisan kata baku tepat adalah analisis, menjadwalkan, dan Senin. Jadi, pilihan yang terpat B.

40.     Perhatikan paragraf rumpang berikut!
Gunung Semeru adalah salah satu wisata alam yang menyuguhkan pemandangan [. . .]. Gunung setinggi 3.367 m dpl ini [. . .] untuk tempat menyaksikan sunrise dan sunset. Salah satu tempat di lereng Gunung Semeru yang digemari para pendaki yaitu Danau Ranu Kumbolo. Danau Ranu Kumbolo berada di ketinggian 2.400 m dpl. Danau ini menjadi tempat peristirahatan dan berkemah [. . .] bagi para pendaki sebelum menuju puncak Mahameru.
Disandur dari: http://uniqpost.com/, 7 Oktober 2016
Frasa tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah . . . .
A.       lebih indah, lebih cocok, kurang favorit
B.       kurang indah, kurang cocok, lebih favorit
C.      begitu indah, sangat cocok, paling favorit
D.      begitu indah, paling cocok, kurang favorit
E.       paling indah, kurang cocok, paling favorit
ANSWER: C
Paragraf tersebut menceritakan Gunung Semeru. Frasa yg sesuai untuk melengkapi bagian rumpang paragraf adalah begitu indah, sangat cocok, dan paling favorit. Frasa tersebut sesuai dg konteks kalimat dan runtut dg kata sebelum dan sesudahnya.

41.     Perhatikan paragraf rumpang berikut!
Becak mesin adalah istilah untuk becak yang [. . .] mesin. Becak mesin termasuk alat transportasi yang [. . .] di Sumatra Utara untuk perjalanan dari pintu ke pintu. Kerangka becak mesin tetap [. . .] kerangka becak biasa, hanya saja dipasang mesin dibawahnya. Pedal yang ada tetap bisa berfungsi ketika mesin yang terpasang tidak menyala atau tidak digunakan.
Disandur dari: http://www.berkuliah.com/, 7 Oktober 2016
Kata berimbuhan tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah . . . .
A.       menggerakkan, diopersa, digunakan
B.       digerakkan, beroperasi, menggunakan
C.      digerakkan, beropersai, digunakan
D.      menggerakkan, diopersai, menggunakan
E.       menggerakkan, beropersai, digunakan
ANSWER: B
Kata berimbuhan yg sesuai untuk melengkapi paragraf adalah digerakkan, beroperasi, dan menggunakan. Pilihan jawaban yg lain tdk tepat.

42.     Perhatikan paragraf rumpang berikut!
Seorang balita perempuan di Bekasi, Jawa Barat, meninggal dunia. Balita ini meninggal diduga akibat [. . .] di salah satu rumah sakit swasta. Balita perempuan bernama Falya Raafan Blegur meninggal dunia setelah sempat kritis selama 3 hari. Balita berusia 1 tahun 3 bulan ini meninggal usai mendapatkan suntukan [. . .] oleh seorang perawat atas perintah dokter. Falya disuntuk sesaat akan pulang setelah menjalani rawat inap akibat menderita sakit [. . .] ringan.
Disandur dari: http://tv.liputan6.com/, 7 Oktober 2016
Kata serapan tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . . .
A.       malpraktik, antibiotik, dehidrasi
B.       malapraktik, antibiotics, dehidrasi
C.      malapraktek, antibiotics, dehidration
D.      malapraktik, antibiotik, dehidrasi
E.       malpraktek, antibiotics, dehidration
ANSWER: D
Kata serapan tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah malapraktik, antibiotik, dan dehidrasi. Penulisan malpraktik, malpraktek, malapraktek, antibiotics, dan dihidrasion tidak baku. Jadi jawaban yg tepat D.

43.     Bacalah paragraf berikut!
Beberapa penyakit terkadang memiliki gejala yang sma sehingga salah diagnosa bisa terjadi. Kita harus waspada ketika mengamati gejala penyakit sehingga bisa memberikan informasi yang jelas kepada dokter. Gejala seperti diare berkepanjangan, berat badan turun tanpa sebab, dan sakit perut merupakan gejala yang bisa menandakan berbagai penyakit, misalnya radang usus ataupun kanker. Diagnosa yang tidak tepat akan membuat pengobatan yang diberikan tidak optimal dan akhirnya penyakitnya akan berkepanjangan.
Disandur dari: http://health.kompas.com/, 7 Oktober 2016
Alasan kesalahan penggunaan kata tercetak miring pada paragraf tersebut adalah . . . .
A.       menimbulkan makna ganda
B.       kata tidak logis
C.      kata tidak baku
D.      menimbulkan makna kias
E.       tidak sesuai konteks
ANSWER: C
Penggunaan kata diagnosa tidak tepat karena tidak baku. Penulisan yg baku adalah diagnosis. Jadi, pilihan yg tepat adalah C.

44.     Perhatikan judul karangan ilmiah berikut!
1)       “Penghayatan Semangat Kepahlawanan Pada Era Reformasi”
2)       “Perkembangan Anak Usia Dini dalam Pendidikan di Sekolah”
3)       “Kepemimpinan dalam Organisasi dan Motivasi”
4)       “Peranan Bahasa dan Sastra Dalam Globalisasi”
5)       “Peranan Pranata Sosial dalam Pengendalian Penyimpangan Sosial”
Kesalahan penulisan judul karangan ilmiah terdapat pada angka . . . .
A.       1) dan 4)             
B.       2) dan 3)             
C.      2) dan 4)
D.      3) dan 4)
E.       4) dan 5)
ANSWER: A
Kesalahan penulisan judul karya ilmiah ditunjukkan oleh angka 1) dan 4). Penulisan judul tersebut salah karena penulisan huruf kapital pada kata depan dan konjungsi. Perbaikan penulisan judul tersebut seharusnya 1) Penghayatan Semangat Kepahlawanan pada Era Reformasi dan 4) Peranan Bahasa dan Sastra dalam Globalisasi. Sementara itu, penulisan judul yg lain sudah tepat.

45.     Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1)       Pagi ini banyak pasien yang mengantri di klinik Dr. Ervina Rahmi Hawa.
2)       Setelah lulus kuliah di bidang pendidikan keguruan, gelarnya menjadi Wakhid Nur Rohman, S. PD.
3)       Dosen pengampu mata kuliah Morfologi Bahasa adalah Prof. Dr. Supana.
4)       Direktur PT Alam Raya bernama Rianto Harahap, M. SI.
5)       Ibu mengantar adik mencabut gigi di klinik drg. Aryana Putri.
Kesalahan penulisan nama gelar terdapat pada kalimat angka . . . .
A.       1) dan 3)             
B.       1) dan 5)             
C.      2) dan 4)
D.      2) dan 5)
E.       3) dan 4)
ANSWER: C
Kesalahan penulisan nama gelar dl kalimat-kalimat tersebut terdapat pada nomor 1, 2, dan 4. Perbaikan penulisan nama gelar tersebut adalah dr. Ervina Rahmi Hawa, Wahid Nur Rohman, S. Pd. dan Rianto Harahap, M. Si.

46.     Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1)       Bibi Amor lahir sekitar tahun 1960-an.
2)       Kakak menjemput nenek di Bandara Soekarno–Hatta.
3)       Arman berjalan–jalan mengelilingi taman Pancasila.
4)       Campuran tepung, telur, dan margarin di–mixer sampai halus dan lembut.
5)       Ola mengikuti kejuaraan renang se-Asia Tenggara.
Kesalahan penggunaan tanda baca terdapat pada kalimat angka . . . .
A.       1) dan 2)             
B.       2) dan 3)             
C.      2) dan 5)
D.      3) dan 4)
E.       4) dan 5)
ANSWER: D
Kesalahan penggunaan tanda baca terdapat pada kalimat nomor 3 dan 4. Kalimat pada nomor tersebut seharusnya menggunakan tanda hubung. Tanda hubung digunakan untuk merangkai kata ulang dan unsur bahasa Indonesia dg unsur asing. Sementara itu, kalimat nomor 1, 2, dan 5 sudah tepat. Jadi, pilihan jawaban yg tepat adalah D.

47.     Kesalahan penggunaan tanda baca terdapat pada kalimat . . . .
A.       Ola dan Piko mengisi liburan dengan naik kereta api Solo–Yogyakarta.
B.       Festival Payung diadakan mulai tanggal 23–25 September 2016 di Taman Balekambang Surakarta.
C.      Aku harus melakukan mandi setengah–semacam wudhu–demi mendinginkan tubuh agar rileks.
D.      Ayah harus mem–back up pertemuan bisnis yang diadakan PT Duta Insan Utama.
E.       Wakil Presiden Indonesia–Jusuf Kalla–menghadiri pertemuan kerja sama di Thailand.
ANSWER: D
Kalimat-kalimat tersebut menggunakan tanda baca berupa tanda pisah. Kesalahan penggunaan tanda pisah terdapat pada plihan jawaban D. kalimat tersebut seharusnya menggunakan tanda hubung (strip pendek).

48.     Perhatikan paragraf rumpang berikut!
Jarum jam menunjukan pukul 20.00 WIB. Penonton telah [. . .] memasuki gedung wayang orang Sriwedari. Suara gemelan yang melantunkan tembang Jawa membuat hati menjadi tenang. Suara gamelan yang [. . .] beralih ke irama yang lebih rancak, tetapi tetap ritmis. Tirai panggung yang berjuntai menyentuh lantai terbuka perlahan. Tepuk tangan penonton bergemuruh saat beberapa penari keluar dari sisi panggung.
Kata ulang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . . .
A.       berduyun-duyun, mendayu-dayu
B.       berduyun-duyun, berdayu-dayu
C.      berduyun-duyun, terdayu-dayu
D.      menduyun-duyun, berdayu-dayu
E.       menduyun-duyun, mendayu-dayu
ANSWER: A
Bagian rumpang tersebut harus diisi dg kata ulang yg sesuai agar membentuk paragraf padu. Kata ulang berimbuhan tepat untuk mengisi bagian rumpang tersebut adalah berduyun-duyun dan mendayu-dayu. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban A.

49.     Perhatikan kalimat rumpang berikut!
Peluncuran Sistem Informasi Kebudayaan kemarin [. . .] yang diprakarsai Dirjen Kebudayaan [. . .] dinilai sangat menarik dan patut didukung.
Tanda baca tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah . . . .
A.       tanda koma, tanda pisah
B.       tanda pisah, tanda pisah
C.      tanda pisah, tanda hubung
D.      tanda hubung, tanda pisah
E.       tanda titik dua, tanda hubung
ANSWER: B
Tanda baca tepat untuk mengisi bagian rumpang tersebut adalah tanda pisah. Tanda pisah dipakai untuk menegaskan adanya keteranga aposisi atau keterangan yg lain sehingga kalimat menjadi lebih jelas. Tanda baca pada pilihan jawaban A, C, D, dan E tidak tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.

50.     Perhatikan kalimat berikut!
Kakak membeli dua bolpen, tiga buku tulis, dan satu penggaris dikoperasi sekolah.
Perbaikan tepat kesalahan penggunaan ejaan tersebut adalah . . . .
A.       Kakak membeli dua bolpent, tiga buku tulis, dan satu penggaris di koperasi sekolah.
B.       Kakak membeli dua polpent, tiga buku tulis, dan satu penggaris di koperasi sekolah.
C.      Kakak membeli dua polpen, tiga buku tulis, dan satu penggaris di koperasi sekolah.
D.      Kakak membeli dua bolpoint, tiga buku tulis, dan satu penggaris di koperasi sekolah.
E.       Kakak membeli dua bolpoin, tiga buku tulis, dan satu penggaris di koperasi sekolah.
ANSWER: E
Perbaikan tepat kalimat tersebut terdapat pada pilihan jawaban E. penulisan kata bolpoin sudah baku. Penulisan kata yg lain tidak baku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UH TEKS EDITORIAL 2019

Soal UM Tahun 2017