UH TEKS EDITORIAL 2019


ULANGAN HARIAN TAJUK RENCANA ATAU EDITORIAL
NOVEMBER, 2019

A. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
KD 3.5
1.       Perhatikan paragraf berikut!
Dalam acara Indonesia Science Expo (ISE) 2018 banyak peneliti muda yang bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya adalah Christianus Piguno Wardoyo, pelajar tingkat akhir SMA 1 Bantul, Yogyakarta. Christianus menciptakan alat penetasan telur otomatis. Hasil ciptaan Christianus ini bukan untuk mempercepat penetasan telur, melainkan untuk meningkatkan jumlah kesuksesan penetasan telur. Temuan ini mengambil inspirasi dari pengalamannya sebagai anggota keluarga peternak ayam yang sering gagal menetaskan telur ayam.
Berdasarkan teks di atas, Christianus Piguno Wardoyo menciptakan alat penetasan telur otomatis karena ….


A.  ingin mempercepat penetasan telus
B.  ingin menjadi neneliti muda Indonesia
C.  ingin menciptakan alat yang bermanfaat.
D.  Ingin memenangi kejuaraan peneliti muda
E.   Ingin meningkatkan jumlah penetasan telur


2.       Cermati paragraf berikut!
Kita berharap kontestasi politik Pemilu Presiden 2019 lebih banyak diwarnai dengan tawaran program untuk menyelesaikan masalah bangsa. Berkaitan dengan maraknya kasus suap dan korupsi, apa yang mau ditawarkan Presiden Joko Widod-Ma’ruf Amin dan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Perdebatan soal substansi lebih penting daripada mendiskusikan soal diksi, seperti tampang Boyolali atau politik sontoloyo.
Paragraf di atas dalam teks editorial merupakan bagian ….


A.  Masalah
B.  Pernyataan pendapat
C.  Analisis masalah
D.  Argumentasi
E.   Penegasan ulang


3.       Cermati pendapat (tesis) berikut!
McKinsey dan Standard Chartered mengatakan bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.
Kalimat argumen yang sesuai untuk mendukung pendapat tersebut adalah …
A.  Di sisi lain, pembenahan di sektor riil dan infrastruktur perlu terus dilakukan secara serius guna mendukung arah untuk menjadikan ekonomi Indonesia yang terbesar di Asia Tenggara.
B.  Apabila kita mampu mendorong pertumbuhan hingga tujuh persen, jumlah itu bertambah lagi dengan masyarakat menengah mencapa 170 juta orang.
C.  Harapan para investor tersebut tentu merupakan peluang dan tantangan bagi Indonesia dan upaya melakukan pendalaman pasar keuangan (financial deepening) menjadi dalam memberikan ragam pilihan investasi.
D.  Kekutan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya berupa ekspor yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional.
E.   Berbagai perkembangan dari sidang akbar IMF di Tokyo tersebut kembali mengingatkan kita tentang besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang sedang kita lalui saat ini.
4.       Cermati paragraf berikut!
Perlu dipahami, ada beberapa bencana yang murni datang dari alam. Dan ada juga bencana yang terjadi atas campur tangan (perilaku) manusia. Ambil contoh banjir.
Alih fungsi lahan yang belakangan marak terjadi adalah salah satu faktor penyumbang parahnya banjir terjadi. Belum lagi dengan kebiasaan buruk masyarakat yang masih sering membuang sampah di sungai. Dan yang terparah adalah rusaknya hutan (vegetasi alami) sebagai daerah resapan.
Risiko dari bencana memang tidak bisa kita hidari. Tapi paling tidak kita masih bisa melakukan manajemen bencana. Caranya dengan tidak melakukan aktivitas yang kian memperburuk kerugian yang terjadi. Belajar untuk bisa menghargai alam dan bijaksanalah terhadap alam. Karena pada hakikatnya manusia dan alam adalah satu kesatuan yang tak bisa terpisahkan.
Pihak yang dituju berdasarkan teks di atas adalah ….


A.  Pemerintah
B.  Penebang hutan
C.  Masyarakat
D.  Pemda
E.   Pengusaha


5.       Perhatikan kutipan tajuk rencana berikut!
Isu sampah tidak hanya terkait dengan program penanggulangan, tetapi juga pola hidup. Tumpukan sampah sebagian dipicu oleh kebiasaan warga. Akibatnya, kita saksikan dalam berbagai wujud: lingkungan kurang sehat, sungai, laut, dan danau kotor tercemar sampah, dan pemandangan kota pun jadi kumuh. Pemerintah dan organisasi swadaya masyarakat sudah banyak berinisiatif untuk menanggulanginya. Namun, selain menuntut kebijakan dan program Pemerintah, masalah sampah plastik sebaiknya juga melibatkan semua warga.
Pandangan penulis dalam tajuk rencana tersebut adalah …
A.  Pemandangan kota menjadi kumuh karena sampah di mana-mana.
B.  Kebiasaan dan pola hidup warga menimbulkan penumpukan sampah.
C.  Lingkungan kurang sehat, sungai, laut dan danau kotor akibat sampah.
D.  Pemerintah dan organisasi swadaya masyarakat berinisiatif mengurangi sampah.
E.   Selain aksi Pemerintah, masalah sampah sebaiknya juga melibatkan semua warga.
6.       Perhatikan paragraf berikut!
Remaja adalah suatu peride transisi dari masa awal anak-anak hingga masa awal dewasa (antara umur 10 hingga 18 tahun). Biasanya, masa ini ditandai dengan perubahan fisik yang cepat, pertambahan berat badan dan tinggi badan yang drastis, serta perubahan bentuk tubuh. Pola makan pada rentan usia ini biasanya cenderung kurang sehat. Parahnya, tidak sedikit dari mereka hobi mengonsumsi makanan cepat saji setiap hari. Makanan cepat saji tersebut termasuk minuman bergula, seperti soda dan makanan ringan tinggi kalori, seperti keripik kentang. Makanan dan minuman tersebut mengandung kandungan gula yang sangat tinggi. Para remaja disarankan untuk memperhatikan pola makannya. Mereka disarankan untuk mengurangi konsumsi minuman ringan dan minuman energi yang mengandung gula tinggi, melakukan sarapan setiap hari, tidak melewatkan makan siang atau makan malam, serta mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam berlebih dan tinggi lemak.
Tanggapan yang logis sesuai dengan pararaf tersebut adalah …
A.  Remaja harus membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat saat sarapan dan dapat melewatkan makan siang.
B.  Remaja yang memiliki pola hidup kurang sehat cenderung mudah menderita berbagai macam penyakit.
C.  Remaja harus sarapan dan tidak melewatkan makan siang agar tidak memengaruhi perubahan tubuh.
D.  Remaja perlu memperlihatkan pola makan yang sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.
E.   Remaja dapat mengonsumsi makanan cepat saji dan minuman bersoda, tetapi tidak setiap hari.
7.       Cermati paragraf berikut!
Masyarakat di pulau-pulau kecil, perbatasan, dan timur Indonesia harus semakin memanfaatkan merasakan sosial – ekonomi dari pertambahan infrastruktur konektivitas laut. Mobilisasi barang tidak boleh berkutat hanya dari pulau besar ke kecil atau dari barat ke timur. Interaksi antarpulau harus saling menguntungkan dan memuliakan. Oleh karena itu, kita perlu lebih memperkuat lagi industrialisasi perikanan nasional ke depannya.
Tujuan penulis pada paragraf tersebut adalah …
A.  memobilisasi barang dan infrastruktur di pulau kecil
B.  memaparkan strategi industrialisasi perikanan nasional
C.  mengusahakan manfaat sosial-ekonomi bagi masyarakat
D.  menjelaskan infrastruktur konektivitas lut di pulau kecil
E.   mengajak memperkuat industralisasi perikanan nasional
8.       Keberpihakan penulis pada paragraf soal nomor di atas adalah …


A.  masyarakat di pesisir
B.  masyarakat Indonesia
C.  masyarakat di pulau kecil
D.  masyarakat di pulau besar
E.   masyarakat di Indonesia timur


9.       Perhatikan kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 9 – 11!
1) Perpustakaan moderen dan nyaman diharapkan menggugah kesadaran masyarakat  untuk membaca. 2) Berdasarkan survei UNESCO 2016, minat baca masyarakat Indonesia 0,001 persen. 3) Bisa dikatakan dalam seribu masyarakat hanya ada satu masyarakat yang memiliki minat baca. 4) Kemendikbud menyatakan minat baca literasi masyarakat Indonesia masih sangat tertinggal dari negara lain. 5) Dari sebanyak 61 negara, Indonesia menempati peringkat 60.
Kalimat opini terdapat pada kalimat nomor ….


A.  1 dan 2
B.   2 dan 3
C.   2 dan 4
D.  3 dan 4
E.   4 dan 5


10.    Kalimat fakta terdapat pada kalimat nomor ….


A.  1 dan 2
B.  1 dan 4
C.  2 dan 3
D.  2 dan 5
E.   3 dan 4


KD 3.6
11.    Penulisan kata yang tidak baku terdapat pada kalimat nomor ….


A.  1
B.  2
C.  3
D.  4
E.   5


12.    Bacalah paragraf berikut!
Museum Angkut di Batu, Jawa Timur menyajikan berbagai koleksi menarik. Di dalamnya dibagi zona-zona yang membuat traveler merasa seperti di luar negeri. Tujuan didirikannya museum ini adalah merupakan bentuk penghargaan bagi para pecinta moda transportasi di Indonesia. Daya tarik utama museum Angkut adalah suasana museum yang tidak membosankan. Di dalamnya terdapat berbagai macam tema untuk memperkuat karakter tiap-tiap display kendaraan.
Perbaikan kalimat bercetak miring pada paragraf tersebut adalah …
A.  Tujuan didirikannya museum ini adalah merupakan bentuk penghargaan bagi para pecinta moda transportasi.
B.  Tujuan didirikannya museum ini merupakan bentuk penghargaan bagi para pecinta moda transportasi di Indonesia.
C.  Tujuan didirikannya museum ini adalah bentuk penghargaan bagi para pecinta moda transportasi.
D.  Tujuan didirikannya museum ini bentuk penghargaan bagi para penghargaan bagi para pecinta moda transportasi di Indonesia.
E.   Tujuan didirikannya museum ini murapakan bentuk penghargaan bagi para pecinta moda transportasi.
13.    Perhatikan paragraf berikut!
1) Susu kambing merupakan produk hasil peternak yang mempunyai banyak keunggulan serta khasiat. 2) Namun, popularitas susu kambing kalah dengan susu sapi sehingga upaya pengembangan produksi susu kambing kurang diperhatikan. 3) Karena pesatnya dunia informasi melaui internet dan media sosial, informasi mengenai khasiat susu kambing pun cepat tersebar. 4) Oleh karena itu, tingkat konsumsi susu kambing pun terus meningkat. 5) Dengan demikian, saat ini usaha peternakan kambing menjadi salah satu usaha berprospek cerah karena tingginya permintaan susu kambing.
Kata hubung pertentangan terdapat pada kalimat nomor ….


A.  1
B.  2
C.  3
D.  4
E.   5


14.    Pahami paragraf berikut!
Menurut Menteri Kesehatan, Nila Moelok, sanitasi berkaitan erat dengan stunting. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013, satu dari tiga anak di Indonesia menderita stunting. Stunting merupakan kondisi tinggi badan seseorang lebih pendek dari tinggi badan orang lain seusianya. […] permasalahan ini, Indonesia mengalami kerugian ekonomi Rp56,7 triliun per tahun untuk membayar biaya pengobatan […] akomodasi.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat keempat paragraf tersebut adalah ….


A.  namun, dan
B.  sampai, dan
C.  karena, dan
D.  sebab, atau
E.   karena, atau


15.    Perhatikan kutipan teks editorial berikut!
(1)     Contoh, anak-anak yang nonpenduduk DKI, katakanlah Bekasi, yang ingin masuk ke SMA di Jakarta setelah lulus SMP, diberi kesempatan mengikuti tes hanya satu putaran. (2) Jika dalam satu putaran tes mereka tak lulus, tak ada pilihan yang nyangkut, anak-anak itu selesai. (3) Tak ada kesempatan untuk mengikuti tes lagi sebagaimana anak-anak penduduk DKI. (4) Ke mana mereka akan bersekolah? (5) Tak ada peluang, karena di Bekasi pun mereka ditolak karena SMP asalnya di Jakarta.
Kaidah kebahasaan teks editorial yang tampak pada kutipan tersebut adalah ….


A.  adanya pengenalan isu
B.  adanya penggunaan argumentasi
C.  adanya pemakaian kalimat retoris
D.  adanya penggunaan kata kerja material
E.   adanya penggunaan konjungsi mempertentangkan


16.    Contoh peristiwa yang layak menjadi soroton dalam editorial adalah ….
A.  Terjadi tawuran antarkampung di wilayah tengah mengakibatkan beberapa rumah ikut porak poranda.
B.  Para siswa merayakan tahun baru bersama dengan mengadakan pentas seni di sekolahnya.
C.  Masyarakat Desa Sukamaju melakukan gotong royong dalam membersihkan selokan yang sering tersumbat ketika hujan.
D.  Acara kejutan ditiadakan dalam perayaan itu karena dikhawatirkan menimbulkan salah pengertian pada penduduk setempat.
E.   Para pengendara bermotor mendapat pelayanan kesehatan gratis setelah mereka terhambat perjalanannya gara-gara sebuah truk yang mogok di Tanjakan Nagreg.
17.    Bacalah teks berikut dengan cermat!
Kuatnya budaya matrilineal dalam tradisi Minang adalah akar dari berkembangnya budaya Minang, tidak terkecuali pada […] kekerabatan. Salah satunya adalah kelompok kekerabatan terkecil yang disebut dengan istilah paruik. Paruik adalah susunan masyarakat Minangkabau terkecil. Paruik berasal dari bahasa Minang yang berarti perut. Penamaan paruik bermakna keluarga besar yang semua anggotanya berasal dari ‘satu perut’. Hdup secara komunal dapat menciptakan keadilan bagi seluruh anggota keluarga. Kelompok kekerabatan seperti ini juga bisa berdampak […] bagi pengelolaan tata ruang permukiman. Nilai-nilai kekerabatan dalam budaya Minang masih dijaga dan tetap mengedepankan […] dan kerukunan.
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …


A.  sistem, positif, harmonisasi
B.  sistim, positif, harmonik
C.  sistem, positive, harmonisasi
D.  sistim, positiv, harmonisasi
E.   sistem, positif, harmonik


18.    Bacalah kutipan teks editorial berikut!
1) Berdasarkan data, sejauh ini KPK telah menangani 169 perkara. 2) Jumlah itu belum termasuk 358 kasus suap. 3) Kasus-kasus suap itu mayoritas berhubungan dengan procurement, baik saat penganggaran maupun saat pelaksanaan pengadaan.
Makna kata ganti penunjuk pada kalimat nomor 2 adalah ….


A.  berdasarkan data
B.  KPK
C.  169 perkara
D.  358 kasus suap
E.   procurement


19.    Bacalah teks berikut!
1)Peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang, semakin marak di kalangan generasi penerus bangsa. 2)Buktinya, pada hari Minggu petang petugas menangkap empat siswa yang sedang berpesta sabu-sabu. 3)Mereka mengadakan pesta di salah satu apartemen mewah di sebuah kota besar. 4)Banyak dari mereka terbawa arus zaman dengan cara yang salah. 5)Tanpa piker panjang akhirnya para tunas bangsa ini menyelesaikan masalah dengan mengonsumsi obat-obat terlarang. 6)Uniknya, pelajar yang biasa mendapat pengarahan baik dari guru maupun dari kepolisian saat orientasi siswa justru mulai memakai barang haram ini. 7)Barang haram ini cepat beredar di kalangan pelajar karena anak-anak muda memiliki rasa penasaran yang besar terhadap sesuatu yang baru.
Kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas terdapat pada kalimat nomor ….


A.  3
B.  4
C.  5
D.  6
E.   7


20.    Bacalah teks berikut dengan cermat!
Wakil Presiden M Jusuf Kalla memutuskan 14.000 keluarga pengungsi akan dipindahkan ke hunian sementara paling lambat akhir Desember 2018. Pemerintah mengusulkan sejumlah lokasi di Sulawesi Tengah ditetapkan sebagai zona merah. Zona merah dimaksudkan sebagai wilayah rawan gempa, likuefaksi, dan tsunami yang tidak boleh dihuni kembali.
Apa yang dimaksud dengan makna zona merah …
A.  daerah berwarna merah
B.  daerah rawan bencana
C.  daerah yang dilarang untuk dikunjungi
D.  daerah penghasil ikan
E.   daerah pengungsian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL TO DETIK-DETIK 2016 DG PEMBAHASAN

Soal UM Tahun 2017