Pemetaan Materi Kelas XII
PEMETAAN KOMPETENSI
DASAR DAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS XI SEMESTER
GANJIL DAN GENAP 2017/2018
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Penilaian
|
3.1
Mengorganisasikan informasi berupa pernyataan-pernyataan umum
dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
|
· Isi Teks Prosedur.
|
·
Mengidentifikasi teks prosedur dengan memperhatikan isi, pernyataan umum dan langkah-langkah/
tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur.
·
Membuat rancangan teks prosedur dengan organisasi yang tepat
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisiteks prosedur
|
·
|
·
|
·
|
·
|
4.1
Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks
prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis.
|
·
|
·
|
·
|
·
|
||
3.2
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks prosedur
|
Teks Prosedur:
· struktur;
· kebahasaan;
· konjungsi ;
· jenis kalimat; dan
·
verba material dan verba tingkah laku.
|
·
Mengidentifikasi
struktur, kebahasaan, topik, isi teks
prosedur
·
Menyusun
teks prosedur dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan yang dominan
·
Mempresentasikan,
menanggapi, dan merevisi teks prosedur yang disusun.
|
·
3.2.1
Menganalisis struktur teks prosedur kompleks
·
3.2.2 menganalisis
kebahasaan teks prosedur kompleks
·
3.2.3 menentukan
kalimat deklaratif
·
3.2.3 menentukan
kalimat imperative
·
3.2.4 menentukan
konjungsi temporal
·
4.2.1 melengkapi teks
prosedur kompleks dengan konjungsi yang tepat
|
·
2X45
|
·
Buku Siswa
Ekspresi Diri
|
·
Tertulis
|
4.2
Mengembangkan
teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan
kebahasaan
|
·
|
·
|
·
|
|||
3.3
Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian)
dalam teks ekplanasi lisan dan tulis
|
Teks Eksplanasi:
· pengertian;
· isi; dan
·
kejadian yang menunjukkan hubungan
kausalitas.
|
·
Menganalisis teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan
kejadian, hubungan kausalitas, dan topik.
· Menulis
kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi
secara lisan dan tulis
·
Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi
yang disusun
|
·
|
·
|
·
|
·
|
4.3
Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam
teks eksplanasi secara lisan dan tulis
|
·
|
·
|
·
|
·
|
||
3.4
Menganalisis struktur dan
kebahasaan teks eksplanasi
|
Teks Eksplanasi:
· Struktur;
· Kebahasaan; dan
· Konjungsi.
|
·
Mengidentifikasi teks eksplanasi dengan memerhatikan istilah, pokok isi, referensi, dan pengetahuan dan urutan
kejadian yang menunjukkan hubungan kausalitas.
·
Menyusun teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan
kebahasaan.
· Mempresentasikan,
memberikan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam
diskusi kelompok.
|
·
|
·
|
·
|
·
|
4.4
Memproduksi teks eksplanasi secara lisan atautulis dengan
memerhatikan struktur dan kebahasaan
|
·
|
·
|
·
|
·
|
||
3.5
Mengidentifikasi unsur-unsur ceramah,
kebahasan, isi informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam
ceramah
|
Ceramah:
· unsur-unsur;
· kebahasaan; dan
· isi.
|
·
Menentukanunsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan,
·
Menulis kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih
dengan memerhatikan isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah.
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah
yang disusun
|
·
|
·
|
·
|
·
|
4.5
Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai
bahan untuk disajikan dalam ceramah
|
·
|
·
|
·
|
·
|
||
3.6
Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.
|
Teks ceramah:
· isi;
· struktur;
· kebahasaan; dan
· teknik orasi ceramah.
|
·
Menggali isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.
·
Menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan,
kebahasaan, tema, dan struktur.
·
Menyampaikanteks ceramah yang telah dibuat dalam bentuk lisan
dengan memperhatikan teknik cermah
(intonasi, ekspresi, dan bahasa tubuh) yang baik dan sesuai.
·
Mengomentari dan memperbaiki cermah temannya.
|
·
|
·
|
·
|
·
|
4.6
Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan aktual dengan
memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat.
|
·
|
·
|
·
|
·
|
||
3.7
Menemukan butir-butir penting dari satu buku pengayaan
(nonfiksi) yang dibaca
|
Buku pengayaan nonfiksi:
·
isi buku;
· keunggulan buku;
· kelemahan buku; dan
· simpulan.
|
·
Menentukan unsur-unsur penting buku yang dibacanya.
·
Menyusun laporan hasil kerja kelompok
dengan
mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
·
Mempresentasikan dan
memberi tanggapan, dan merevisihasil kerja dalam diskusi kelas.
|
·
|
·
|
·
|
·
|
4.7
Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan
(nonfiksi)
|
·
|
·
|
·
|
·
|
||
3.8
Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam
kumpulan cerita pendek yang dibaca
|
Cerpen:
· Isi cerpen
· Nilai-nilai kehidupan dalam cerpen
· Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
· Kebahasaan cerpen
·
Majas
·
peribahasa
·
ungkapan
|
·
Menentukan unsur intrinsik, ekstrinsik, dan nilai-nilai dalam
cerpen serta menerapkan nilai-nilai
dalam cerpen ke dalam kehidupan sehari-hari.
·
Mempresentasikan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi
kelas.
|
·
|
·
|
·
|
·
|
4.8
Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari
dalam cerita pendek
|
|
|
|
|
||
3.9
Menganalisis unsur-unsur
pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek
|
Cerpen:
· Unsur-unsur pembangun cerpen
· Merekonstruksi cerpen.
|
·
Mengidentifikasi cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun
cerpen
·
Menyusun kembali cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur
pembangun cerpen
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam
diskusi kelas.
|
·
|
·
|
·
|
·
|
4.9
Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memerhatikan
unsur-unsur pembangun cerpen.
|
|
|
|
|
||
3.10
Menemukan butir-butir
penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
|
Buku nonfiksi:
· isi buku pengayaan;
· keunggulan buku;
· kelemahan buku; dan
·
simpulan.
|
·
Membuat simpulan tentang isi buku nonfiksi yang dibaca.
·
Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas.
·
Memberi tanggapan dan memperbaiki hasil kerja kelompok.
|
·
|
·
|
·
|
·
|
4.10
Mempertunjukkan kesan pribadi terhadap salah satu buku ilmiah
yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat
|
·
|
·
|
·
|
·
|
||
3.11
Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.
|
Buku Fiksi:
· isi buku fiksi;
· bagian-bagian dalam buku fiksi; dan
· ulasan terhadap buku fiksi.
|
·
Mengidentifikasi dan mengomentari bagian-bagian yang membangun
cerita fiksi yang dibaca.
·
Menyusun ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan
keunggulan dan kelemahan isi buku fiksi yang dibaca.
·
Mempresentasikan, memberitanggapan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi
kelas.
|
·
|
·
|
·
|
·
|
4.11
Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.
|
·
|
·
|
·
|
·
|
||
3.12
Menentukan informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan
atau penelitian yang dibaca
|
Proposal:
· informasi dalam proposal; dan
·
unsur-unsur proposal.
|
·
Mengidentifiksi isi tiap-tiap unsur proposal.
·
Menyunting proposal yang dibaca dengan cara melengkapi informasi
yang kurang lengkap.
·
Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
·
|
·
|
·
|
·
|
4.12
Melengkapi informasi dalam proposal secara lisan supaya lebih
efektif
|
·
|
·
|
·
|
·
|
||
3.13
Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal
|
Proposal:
· isi proposal;
· sistematika proposal; dan
·
unsur kebahasaan proposal.
|
·
Mengidentifikasi isi, sistematika, dan kebahasaan proposal.
·
Membuat proposal berdasarkan unsur-unsur proposal, pendahuluan,
latar belakang masalah, metode, pelaksanaan (tempat, waktu, biaya, dan
pelaksana) dengan memperhati-kan isi
dan kebahasaannya.
·
Mempresentasikan,menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam
diskusi kelas.
|
·
|
·
|
·
|
·
|
4.13
Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan
informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan
|
·
|
·
|
·
|
·
|
||
3.14
Mengidentifikasi informasi, tujuan dan esensi sebuah karya
ilmiah yang dibaca
|
Karya Ilmiah:
· unsur-unsur karya ilmiah;
· isi dankebahasaan dalam karya ilmiah;
· tujuan dan esensi karya ilmiah; dan
·
membuat karya ilmiah.
|
·
Menentukaninformasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang
dibaca.
·
Merancang karya ilmiah sesuai dengan unsur-unsur dan isi karya
ilmiah.
·
Mempresentasikanmenanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam
diskusi kelas.
|
·
|
·
|
·
|
·
|
4.14
Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan
dalam karya ilmiah
|
|
|
|
|
||
3.15
Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah
|
Karya Ilmiah:
· kebahasaan karya ilmiah;
· kalimat baku;
· penggunaan EYD (penomoran bab, penulisan judul); dan
· menyusun karya ilmiah.
|
·
Mengumpulkan dan mengidentifikasi data berkenaan dengan
informasi yang akan disusun dalam bentuk karya ilmiah.
·
Menulis karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan
kebahasaan.
·
Mempresentasikan, menanggapi, merevisi,menilaikarya ilmiah hasil
kerja dalam diskusi kelas.
|
·
|
·
|
·
|
·
|
4.15
Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi,
sistematika, dan kebahasaan.
|
|
|
|
|
||
3.16
Membandingkan isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika
sebuah resensi
|
Resensi:
· isi dan kebahasaan dalam resensi;
· membuat resensi;
· unsur-unsur resensi; dan
·
sistematika resensi.
|
·
Menentukan persamaan dan perbedaan isi dan sistematika beberapa resensi.
·
Menyusun sebuah resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan
unsur-unsurnya.
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja
dalam diskusi kelas.
|
·
|
·
|
·
|
·
|
4.16
Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan
beberapa teks resensi
|
|
|
|
|
||
3.17
Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang
berbeda.
|
Resensi:
· unsur-unsur kebahasaan resensi; dan
· merekonstruksi resensi.
|
·
Mengidentifikasi kebahasaan resensi
·
Mengonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerpen atau
novel.
·
Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi resensi hasil kerja
dalam diskusi kelas.
|
·
|
·
|
·
|
·
|
4.17
Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan cerita pendek atau novel yang
sudah dibaca.
|
|
|
|
|
||
3.18
Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton
|
Drama:
· Alur dalam drama
· Babak dalam drama
· Konflik dalam drama
·
Penokohan dalam drama
|
·
Mendata, alur, konfliks, penokohan, dan hal yang menarik dalam
drama yang dipentaskan.
·
Memerankan salah satu
tokoh dalam naskah drama yang dibaca sesuai dengan watak tokoh
tersebut
·
Memberi tanggapan, serta memperbaiki hasil kerja dalam diskusi
kelas.
|
|
|
|
|
4.18
Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau
ditonton secara lisan
|
|
|
|
|
||
3.19
Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
|
Drama:
· Isi dan kebahasaan drama
· Persiapan mementaskan drama.
·
Pementasan drama
|
·
Mengidentifikasi isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau
ditonton.
·
Merancang pementasan dan mendemonstrasikan drama sebagai seni pertunjukan dengan memperhatikan
tata panggung, kostum, tata musik, dan
sebagainya.
·
Memberikan tanggapan terhadap pementasan drama kelompok lain.
|
·
|
·
|
·
|
·
|
4.19
Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi
dan kebahasaan
|
|
|
|
|
||
3.20
Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan
puisi) yang dibaca
|
· Unsur-unsur novel atau kumpulan puisi.
· Ulasan terhadap novel atau kumpulan puisi.
|
·
Mengidentifikasi pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku
kumpulan puisi) yang dibaca.
·
Menyusun ulasan terhadap
pesan dari dua buku fiksi yang dikaitkan dengan kondisi sekarang.
·
Mempresentasikan, menanggapi, memperbaiki hasil kerja dalam
diskusi kelas.
|
·
|
·
|
·
|
·
|
4.20
Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang
dikaitkan dengan situasi kekinian
|
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar