Upacara Peringatan Hari Kartini

*Upacara Bendera Pagi Ini*

Kegiatan upacara bendera di MAN 2 Banyumas minimal dilaksanakan sebulan sekali pada tanggal 17. Namun, bila ada peringatan hari besar nasional, bisa dua atau tiga kali dilaksanakan dlm sebulan.

Kegiatan upacara ini wajib diikuti oleh semua warga madrasah. Meski begitu ada saja sebagian warga yang tdk mengikutinya. Padahal,  kegiatan ini memiliki banyak pembelajaran, antara lain ; disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama.

Bentuk disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama hrs tertanam pd masing2 peserta, shg pelaksanaan upacara bendera dpt berlangsung dgn tertib, lancar, dan penuh rasa tanggung jawab.

Ada yg berbeda pd upacara bendera pagi ini. Upacara tanggal 17 kali ini sekaligus upacara peringatan hari Kartini yang seharusnya dilaksanakan pada tanggal 21 April. Peringatan Hari Kartini tidak dapat dilaksanakan sesuai dengan tanggalnya karena bertepatan dengan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN).

Pembina upacara Ibu Siti Zuhriyah, Amanatnya menyoroti sejarah Kartini, sosok atau tokoh emansipasi wanita Indonesia, surat Al-Baqarah 257, filosofi kain (jarit) dan kartini zaman now. Petugas upacara jg dominan wanita.

Biasanya setelah upacara bendera selesai Kamad mengapresiasi siswa yg telah berhasil meraih kejuaraan baik akademik maupun non akademik, kali ini apresiasi diberikan oleh Waka Humas krn Kamad  sdg bertugas di Semarang.

Bulan April ini ada enam siswa yg meraih prestasi, Ananda Nur Hidayati Nufus kelas XI IPA 4 juara 1 Lomba Pidato Bhs Inggris tk. SMA/MA/SMK se-Jateng dan DIY di Unsiq Wonosobo tahun 2018, Ananda Ardani Rahmawati kelas XI IPS 2 Juara 1 Tunggal Putri Turnamen PJKR Unsoed Badminton Championship 2018, Ananda Muhammad Meizar Brahmantyo kelas X IPA 2 yg telah berhasil meraih Juara 1 pd Lomba Karya Tulis Ilmiah Populer 2018 di Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kab. Bms, Ananda M. Muhtar Tetuko kelad X IPA 4 juara 2 lomba lari 5000 m U18, Ananda Aenurrohman kelas XI IPA 2 juara 3 lomba lari 1500 m U18, Ananda Filza Yogi S kelas XI IPA 5 juara 3 lomba lompat tinggi, dan Ananda Neswara Alda kelas XI Agama 2 juara 4 lomba lari 1500 m putri U18 se'eks Karesidenan Bms tahun 2018.

Siswa pasti merasa senang atas apresiasi tsb. Prestasi dan kepuasan tdk bisa dinilai dgn uang, namun Angpao dari Kamad bisa sebagai pemicu bagi siswa yg lain untuk berprestasi. "Mau Angpao ya berprestasi".

HP
Purwokerto, 17 April 2018.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

UH TEKS EDITORIAL 2019

SOAL TO DETIK-DETIK 2016 DG PEMBAHASAN

Soal UM Tahun 2017