KISI-KISI UH EDITORIAL
KISI-KISI
UH TEKS EDITORIAL SEMESTER SATU KELAS XII TAHUN 2019
Satuan
Pendidikan : MAN 2 BANYUMAS Alokasi
waktu : 30 menit
Mata
pelajaran : Bahasa
Indonesia Jumlah
soal : 20
Kelas : XII Bentuk
soal : PG
NO
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NO SOAL
|
Tingkat
Kesulitan
|
1
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.5 Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi
dan simpulan terhadap suatu) dalam teks editorial.
3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial
|
*Pengeritan
teks editorial (jenis, ciri-ciri dan sifat teks editorial)
*Isi
informasi dalam teks editorial
*Fakta
dan opini dalam teks editorial
*Struktur
teks editorial
*isu/masalah
*argumentasi
*penegasan
ulang
*kaidah
kebahasaan teks editorial
*kalimat
retoris
*kata
rujukan
*kata
populer
*kata
ganti
*kata
baku
*kalimat
efektif
|
Disajikan
kutipan teks editorial, siswa dapat menjawab pertanyaan yang sesuai dengan
isi teks.
|
1
|
C3
|
Disajikan
kutipan teks editorial, siswa dapat menentukan struktur atau bagian teks tersebut.
|
2
|
C3
|
||||
Disajikan
pernyataan pendapat atau masalah, siswa dapat menentukan argumentasi yang
sesuai dan tepat.
|
3
|
C3
|
||||
Disajikan
kutipan teks editorial, siswa dapat menentukan pihak yang dituju.
|
4
|
C3
|
||||
Disajikan
kutipan teks editorial, siswa dapat menentukan pandangan penulis.
|
5
|
C3
|
||||
Siswa
dapat menentukan kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi teks editorial.
|
6
|
C3
|
||||
Disajikan
kutipan teks editorial, siswa dapat menentukan tujuan penulis.
|
7
|
C3
|
||||
Siswa
dapat menentukan keberpihakan penulis.
|
8
|
C4
|
||||
Siswa
dapat menentukan kalimat opini.
|
9
|
C3
|
||||
Siswa
dapat menentukan kalimat fakta.
|
10
|
|||||
Siswa
dapat menentukan kata yang tidak baku dalam teks.
|
11
|
C3
|
||||
Siswa
dapat menentukan perbaikan kalimat tidak efektif menjadi efektif.
|
12
|
C3
|
||||
Siswa
dapat menentukan kalimat yang menggunakan konjungsi pertentangan.
|
13
|
C3
|
||||
Siswa
dapat melengkapi paragraf dengan konjungsi.
|
14
|
C3
|
||||
Disajikan
kutipan teks editorial, siswa dapat menentukan kalimat retoris yang terdapat
dalam teks.
|
15
|
C3
|
||||
Siswa
dapat menentukan peristiwa yang layak menjadi teks editorial.
|
16
|
C3
|
||||
Siswa
dapat menentukan deretan kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf.
|
17
|
C3
|
||||
Siswa
dapat menentukan makna kata ganti tunjuk yang terdapat dalam teks editorial.
|
18
|
C2
|
||||
Siswa
dapat menentukan kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas
|
19
|
C3
|
||||
Siswa
dapat menentukan makna istilah yang terdapat dalam teks.
|
20
|
C4
|
Mengetahui,
Kepala MA Negeri 2 Banyumas Guru Mata Pelajaran,
Drs.
H. Mahmurroji, M.Pd. Linda Safarlina, S. Pd.
NIP.19620410 199203 1
003 NIP.19780110
200501 2 004
Komentar
Posting Komentar