KISI-KISI UH EDITORIAL


KISI-KISI UH TEKS EDITORIAL SEMESTER SATU KELAS XII TAHUN 2019
Satuan Pendidikan      : MAN 2 BANYUMAS                                              Alokasi waktu : 30 menit
Mata pelajaran            : Bahasa Indonesia                                                      Jumlah soal     : 20
Kelas                           : XII                                                                            Bentuk soal     : PG    

NO
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR SOAL
NO SOAL
Tingkat Kesulitan
1
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
3.5 Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu) dalam teks editorial.







3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial
*Pengeritan teks editorial (jenis, ciri-ciri dan sifat teks editorial)
*Isi informasi dalam teks editorial
*Fakta dan opini dalam teks editorial
*Struktur teks editorial
*isu/masalah
*argumentasi
*penegasan ulang
*kaidah kebahasaan teks editorial
*kalimat retoris
*kata rujukan
*kata populer
*kata ganti
*kata baku
*kalimat efektif
Disajikan kutipan teks editorial, siswa dapat menjawab pertanyaan yang sesuai dengan isi teks.
1
C3
Disajikan kutipan teks editorial, siswa dapat menentukan struktur atau  bagian teks tersebut.
2
C3
Disajikan pernyataan pendapat atau masalah, siswa dapat menentukan argumentasi yang sesuai dan tepat.
3
C3
Disajikan kutipan teks editorial, siswa dapat menentukan pihak yang dituju.
4
C3
Disajikan kutipan teks editorial, siswa dapat menentukan pandangan penulis.
5
C3
Siswa dapat menentukan kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi teks editorial.
6
C3
Disajikan kutipan teks editorial, siswa dapat menentukan tujuan penulis.
7
C3
Siswa dapat menentukan keberpihakan penulis.
8
C4
Siswa dapat menentukan kalimat opini.
9
C3
Siswa dapat menentukan kalimat fakta.
10

Siswa dapat menentukan kata yang tidak baku dalam teks.
11
C3
Siswa dapat menentukan perbaikan kalimat tidak efektif menjadi efektif.
12
C3
Siswa dapat menentukan kalimat yang menggunakan konjungsi pertentangan.
13
C3
Siswa dapat melengkapi paragraf dengan konjungsi.
14
C3
Disajikan kutipan teks editorial, siswa dapat menentukan kalimat retoris yang terdapat dalam teks.
15
C3
Siswa dapat menentukan peristiwa yang layak menjadi teks editorial.
16
C3
Siswa dapat menentukan deretan kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf.
17
C3
Siswa dapat menentukan makna kata ganti tunjuk yang terdapat dalam teks editorial.
18
C2
Siswa dapat menentukan kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas
19
C3
Siswa dapat menentukan makna istilah yang terdapat dalam teks.
20
C4
                                                                                                                                                                                                           

Purwokerto,  November  2019
Mengetahui,
Kepala MA Negeri 2 Banyumas                                                                Guru Mata Pelajaran,




Drs. H. Mahmurroji, M.Pd.                                                                     Linda Safarlina, S. Pd.
NIP.19620410 199203 1 003                                                                      NIP.19780110 200501 2 004
           

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UH TEKS EDITORIAL 2019

SOAL TO DETIK-DETIK 2016 DG PEMBAHASAN

Soal UM Tahun 2017