Persiapan PAT 2021

 

KEMENTERIAN AGAMA

MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANYUMAS

PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)

TAHUN PELAJARAN    2019/2020

NASKAH SOAL

 


Mata Pelajaran       :   Bahasa Indonesia                Hari, tanggal   :   Selasa, 18 Februari 2020

Kelas                     :  XII AGAMA/ IPA/IPS         Waktu             :   pukul  07.30 –09.30 WIB

 


Perhatian             a. Semua jawaban dikerjakan di lembar jawaban yang tersedia.

                                 b. Nomor dan nama siswa ditulis pada sudut kanan atas lembar jawaban.

                                 c. Gunakan waktu yang tersedia dengan sebaik-baiknya.   

 


Perhatian         :

a.       Berdoalah sebelum mengerjakan soal-soal.

b.       Tulislah nomor, nama, kelas, program, mata pelajaran, ruang, hari/tanggal, dan nama guru pengampu mata pelajaran pada Lembar Jawab.

c.       Semua jawaban dikerjakan di lembar jawaban yang tersedia.

d.       Gunakan waktu yang tersedia dengan sebaik-baiknya.

 

 


 I.        Pilih jawaban yang paling tepat di antara A, B, C, D, dan E yang sesuai dengan pertanyaan dari tiap-tiap nomor dengan cara memberi tanda silang (X) pada Lembar Jawab yang tersedia!

 

KD 3. 10 & 3.11 (nomor 1 – 10 )

1.        Perhatikan ciri-ciri opini berikut!

1)     Berupa pendapat

2)     Telah terjadi

3)     Hasil pemikiran seseorang

4)     Bersifat subjektif

5)     Teruji kebenarannya

Ciri-ciri opini yang benar terdapat pada nomor ….

A.  1), 3), dan 4)

B.   1), 4), dan 5)

C.   2), 3), dan 4)

D.  2), 4), dan 5)

E.   3), 4), dan 5)

2.        Perhatikan kalimat berikut!

Kemungkinan, tren olahraga di rumah akan banyak diminati pada tahun 2021.

 

Kalimat tersebut mengandung opini karena sesuai dengan ciri-ciri opini, yaitu ….

A.  Tidak ada bukti yang jelas

B.   Peristiwa yang belum terjadi

C.   Mempunyai sifat subjektif

D.  Belum teruji kebenarannya

E.   Berupa hasil pemikiran

 

Kutipan artikel berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4.

Di Indonesia, ilmu sosial – humaniora dipandang sebelah mata, tidak punya otonomi keilmuan, dan hanya dijadikan alat legitimasi kebijakan negara. Maka, alih-alih memangkas jatah ilmu sosial – humaniora dari LPDP, ada baiknya pemerintah menilik terlebih dahulu situasi pendidikan humaniora dan penelitian sosial di Indonesia. Sebagaimana diuraikan oleh Samuel (2010), Dhakidae (2003), Hadiz (2016), Hadiz dan Dhakidae (2006), serta Fansuri (2015), sudah sejak lama ilmu soaial – humaniora di Indonesia berhubungan dengan kekuasaan dalam bentuk kebijakan publik.

Efeknya, ilmu sosial – humaniora tidak punya otonomi keilmuan dan hanya dijadikan alat legitimasi agar kebijakan publik terlihat ilmiah. Kondisi ini semakin parah pasca – Orde Baru karena meskipun cengkeraman negara terhadap ilmu sosial – humaniora sebatas menjadi “alat ukur” yang menghasilkan profit.

3.        Artikel tersebut membahas topik pada bidang ….

A.      politik

B.      komunikasi

C.      pendidikan

D.      pemerintahan

E.       administrasi

4.        Argumentasi penulis yang sesuai dengan isi kutipan tersebut, kecuali

 

A.  Di Indonesia, ilmu sosial – humaniora dipandang sebelah mata dan tidak punya otonomi keilmuan.

B.   Sebaiknya pemerintah tidak memangkas jatah beasiswa LPDP ilmu sosial – humaniora.

C.   Pasar bebas mulai mendikte perkembangan ilmu sosial – humaniora hanya untuk meraih keuntungan.

D.  Sudah sejak lama ilmu sosial – humaniora di Indonesia berhubungan dengan kekuasaan dalam bentuk kebijakan publik.

E.   Ilmu sisoal – humaniora di Indonesia hanya dijadikan alat legitimasi kebijakan negara.

 

 

5.        Perhatikan paragraf berikut!

Perbaikan kondisi kerja pertanian dan nonpertanian serta kenaikan upah riil bagi pekerja di pedesaan adalah intervensi penting untuk mengimbangi tumbuh pesatnya kekuasaan elite desa.

 

Arti kata yang dicetak miring dalam paragraf di atas adalah ….

 

A.  pengupayaan

B.   penyelesaian

C.   penyerangan

D.  tanggapan

E.   campur tangan

 

6.        Cermati paragraf berikut.

Menjaga kebersihan lingkungan sebenarnya bukan hanya di lingkungan rumah. Akan tetapi, bisa juga dilakukan pada lingkungan masyarakat atau umum, seperti di sekolah. Di sekolah-sekolah, pada saat ini, sudah sangat sering ditemukan sampah-sampah. Walaupun sudah ada petugas kebersihan yang akan membersihkan sampah tersebut, kita harus tetap mempunyai kesadaran sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya dan menjaga lingkungan agar tetap bersih. Lingkungan sekolah yang kotor tentu saja akan membuat proses belajar mengajar menjadi terganggu. Sebaliknya, jika keadaan lingkungan bersih, tentu akan memperlancar proses belajar-mengajar.

Perhatikan pokok-pokok informasi berikut.

a)       Menjaga kebersihan lingkungan di rumah.

b)       Menjaga kebersihan lingkungan masyarakat, misal sekolah.

c)       Sering ditemukan sampah di sekolah.

d)        Ada petugas sekolah yang bertugas membersihkan sampah.

e)      

f)        Lingkungan sekolah kotor mengganngu proses belajar-mengajar.

g)       Lingkungan sekolah bersih memperlanjar proses belajar-mengajar.

 

Kalimat yang tepat untuk melengkapi pokok-pokok informasi sesuai isi paragraf tersebut…

A.  Memang sudah menjadi tugas penjaga sekolah.

B.   Membersihkan sampah-sampah dalam laci meja.

C.   Lingkungan yang bersih membuat jiwa sehat.

D.  Sampah berserakan di lingkungan sekolah.

E.   Kita harus tetap memiliki kesadaran untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan.

 

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 7 – 9.

Hidroponik menjadi cara menanam tanaman yang sedang naik daun. Cara ini digemari karena untuk menanam tumbuhan tidak lagi diperlukan tanah dan lahan yang luas. Dengan memakai cara menanam hidroponik, Anda tidak perlu lagi memusingkan diri akan menanam di mana karena Anda dapat menanam di mana pun. Anda dapat menggunakan bahan bekas dan bisa menggantungkannya di tembok. Tidak hanya itu, media bertanam menggunakan hidroponik ini dapat mengasah kreativitas Anda untuk mengolah dan menciptakan media baru untu bercocok tanam.

 

7.        Mengapa menanam tumbuhan dengan hidroponik digemari?

A.  cara menanamnya sangat mudah

B.   tidak membutuhkan lahan yang luas

C.   tidak perlu dipupuk

D.  dapat ditenam di tembok

E.   mudah pemeliharaannya

 

8.        Makna istilah hidroponik dalam paragraf tersebut adalah….

A.  Budi daya menanam dengan memanfaatkan media air yang berisi zat hara.

B.   Cara bercocok tanam dengan sistem teras-teras di perbukitan.

C.   Sistem pertanian yang ditanam di lahan kering.

D.  Sistem yang mampu menghemat air di musim kemarau.

E.   Sistem pertanian yang cara pemupukannya dalam.

 

9.        Maksud kalimat yang bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ....

A.  mendapat sambutan dari petani

B.   teknik menanam yang bervariasi

C.   metode bertanam yang paling efektif

D.  cara bertanam yang sedang digemari

E.   bercocok tanam dengan media air

 

10.     Cermati paragraf berikut.

(1) Dari waktu ke waktu, kawasan hutan dunia menyusut secara dramatis. (2) Di Indonesia saja dalam jangka waktu 4 tahun, terhitung dari 2009 – 2013, telah kehilangan 4,6 juta hektare kawasan hutan yang setara dengan luas Provinsi Sumatera Barat. (3) Deforestasi ini disebabkan oleh kebakaran hutan, pembukaan lahan untuk pertanian, pertambangan, permukiman, dan infrastruktur. (4) Sementara itu, kemampuan alam untuk memulihkan dirinya sendiri tidak secepat laju deforestasi. (5) Oleh karena itu, perlu tindakan manusia untuk menjalankannya, di samping memperlambat laju deforestasi lainnya. (6) Reboisasi bukan hanya berupa penghutanan area untuk tujuan konservasi, melainkan juga untuk kegiatan produksi hasil hutan.

Bukti simpulan bahwa hutan dunia menyusut secara dramatis yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ….

A.  (1) dan (2)

B.   (1) dan (3)

C.   (2) dan (3)

D.  (3) dan (4)

E.   (5) dan (6)

 

KD 3.12 & 3.13 (nomor 11 – 25 )

Kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 11 dan 12.

Beberapa puisi dalam Suluk Mataram ini menggunakan bentuk tipografi yang unik dan enjambemen yang indah. Namun, dari 82 puisi tersebut tidak seluruhnya berbicara tentang Yogyakarta. Ada dua belas puisi yang sama sekali tidak bersangkutan dengan Yogyakarta meski judul puisinya Suluk Mataram. Dari segi isi, antologi Suluk Mataram dapat diklasifikasikan ke dalam empat kategori, yakni puisi yang berisi kekaguman terhadap Yogyakarta, puisi yang berisi tentang perubahan Yogyakarta, puisi yang berisi tentang nestapa bencana Merapi, dan puisi yang isinya sama sekali tidak berkaitan dengan Yogyakarta.

 

11.     Kutipan tersebut merupakan struktur teks kritik bagian ….

A.  argumen

B.   simpulan

C.   penutup

D.  penegasan ulang

E.   pernyataan umum

 

12.     Pernyataan yang sesuai dengan teks kritik tersebut adalah …

A.  Beberapa puisi dalam antologi Suluk Mataram menggunakan tipografi umum dan biasa.

B.   Dari segi isi, antologi Suluk Mataram dapat diklasifikasikan ke dalam empat kategori.

C.   Delapan puluh dua puisi dalam antologi Suluk Mataram berbicara tentang Yogyakarta.

D.  Dari segi tipografi, antologi Suluk Mataram diklasifikasikan ke dalam empat kategori.

E.   Semua puisi dalam antologi Suluk Mataram bercerita tentang keindahan Yogyakarta.

 

13.     Bacalah teks berikut!

Puisi Sutardji memiliki kekuatan dalam bunyi bahasa. Persamaan bunyi pada akhir larik, kata, dan suku kata dapat memberi keindahan bunyi, tetapi tidak terlepas pula dari makna yang ditimbulkan oleh bunyi-bunyi tersebut. Akan lebih terasa pula keindahan diksi, bahasa, dan makna puisi jika saat membacanya diiringi musik. …..

Kalimat simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf esai tersebut adalah ….

A.  Puisi Sutardji tidak sukar karena hanya memaknai bunyi-bunyi bahasa yang digunakan.

B.   Sutardji mencari kekuatan puisinya di antara huruf-huruf dan bunyi-bunyi tanpa memikirkan makna.

C.   Dengan demikian, membaca puisi Sutardji haruslah didendangkan dan diiringi musik agar terasa lebih indah.

D.  Jadi, boleh dikatakan, Sutardji seorang satrawan yang kreatif dan inovatif di dunia perpuisian.

E.   Oleh sebab itu, Sutardji selalu membawa pembaharuan di dunia perpuisian Indonesia dengan erbagai bentuk.

 

Teks esai berikut untuk soal nomor 14 dan 15.

Penyair Afif Affandi mengkritik kondisi kota dengan gaya berpuisi yang berbeda dengan Denny Mizhar. [ … ] Sementara itu, Denny Mizhar dalam puisinya berjudul “Aku, Hun, dan Kota Ini” mendeskripsikan  kerusakan alam kota dengan sentuhan ‘romantis’ karena 'aku’ mengajak ‘kau’ untuk melakukan refleksi atas kota. Relasi privat yang terkesan romantis ini bukan menjadi tujuan utama dalam puisi Denny. Relasi dan posisi ‘Hun’ ini hanya digunakan sebagai media membaca kota yang semakin poranda. Atmosfer romantis dan lanskap degradasi alam kota adalah perpaduan yang memuakau yang menciptakan antitesis menarik. Relasi mesra antara ‘aku’ dan ‘Hun’ ironisnya bertolak belakang dengan relasi antara pemilik wewenang atas kota dan alam di dalamnya.

14.     Ide pokok esai tersebut adalah …

A.  Cara berkomentar Afif Effandi terhadap degradasi lingkungan kota dalam puisinya.

B.   Cara penyampaian Denny Mizhar terhadap kerusakan lingkungan kota dalam puisinya.

C.   Media yang digunakan Denny Mizhar dan Affandi dalam menyampaikan aspirasinya.

D.  Perbedaan gaya berpuisi Denny Mizhar dan Afif Effandi dalam mengkritik kondisi kota.

E.   Penciptaan antithesis yang menarik dari atmosfer romantik dan degradasi alam kota.

 

15.     Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf esai tersebut adalah …

A.  Narasi bencana dalam puisi ini memberi peringatan bagi para perusak lahan hijau kota dan lingkungan di pinggiran kota.

B.   Namun, kedalaman dan detail lainnya sebenarnya bisa lebih dieksplorasi sehingga puisi dengan judul ‘Bumi’ lebih luas cakupannya.

C.   ‘Aku@ di berbagai puisi tersebut tidak hanya berposisi sebagai narator, tetapi juga saksi yang mengamati sekaligus mengkritik kota.

D.  Ada benang merah yang dapat ditarik dari puisi-puisi tentang kota yaitu menggambarkan wajah kota yang sudah dipoles dengan kehidupan hedonisme.

E.   Dalam puisinya berjudul “Hijau Bumiku Telah Tiada”, Afif Effandi menempatkan ‘aku’ yang langsung mengomentari degradasi lingkungan kota.

16.     Cermati kutipan teks berikut!

Teks 1

Teks 2

       Tentu saja yang dituliskan tersebut adalah gejala-gejala atau kecenderungan yang sengaja dibuat hitam putih untuk penyederhanaan. Kelekatan kata dengan imaji adalah suatu yang niscaya. Jadi, memisahkan satu dengan yang lainnya tidak segampang membedakan toilet pria dan toilet perempuan. Perlu diingat bahwa sajak gelap atau sajak  terang tidak langsung berkaitan dengan mutu. Sebagaimana mutiara hitam dan putih adalah sama-sama mutiara. Selain itu, elaborasi pada kata-kata saja bisa pula menimbulkan sajak yang gelap.

       Melayu merupakan sebuah bangsa yang memiliki peradaban tinggi. ciri ini ditandai dengan hadirnya beragam budaya dan karya-karya peradaban yang diakui masyarakat dunia. Budaya sebagai hasil budi manusia mencerminkan masyarakat pendukungnya. Oleh karena itu, budaya dapat menjadi ciri suatu masyarakat. Salah satu wujud budaya itu adalah sastra atau sering disebuat sastra daerah. Sastra daerah umumnya bersifat lisan, yaitu satra yang berkembang dari mulut ke mulut, seperti legenda “Laksana Hang Tuah”, “Ketobong Sakti”, “Putra Kaca Mayang” dan “Putri Tujuh”

Perbedaan struktur esai kedua teks di atas adalah ….

 

Teks 1

Teks 2

A.

Mengemukakan pendapat (tesis)

Penegasan ulang tesis

B.

argumentasi

Penegasan ulang

C.

Penegasan ulang

argumentasi

D.

Mengemukakan tesis

argumentasi

E.

Penegasan ulang (tesis)

Mengemukakan pendapat (tesis)

17.     Cermati kalimat-kalimat berikut!

1) Bagi siswa-siswi peserta lomba debat diminta berkumpul di aula.

2) Bagi siswa-siswi peserta pelatihan perpustakaan diharapkan segera daftar ulang.

 

Alasan kedua kalimat di atas tidak efektif adalah  ….

A.  kata pelatihan dan perpustakaan

B.   kata depan bagi pada awal kalimat

C.   kata siswa-siswi untuk menunjukkan jamak

D.  kalimat pasif untuk pengumuman

E.   kata peserta setelah subjek

18.     Bacalah kutipan cerpen berikut!

“Halo, Nurul!?” sapa temanku.

“Halo juga. Bagaimana kabarmu?” jawabku.

“Kabarku baik. Kamu?”

“Aku baik juga.”

“Nurul, di SMA 4 akan diadakan lomba baca geguritan,” kata temanku.

“Kalau ada lomba memangnya ada apa?” jawabku singkat.

Kalimat kritik yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah …

A.  Dialog pada cerpen ini terlalu bertele-tele sehingga pengembangan dialog dalam cerita akan kehilangan fungsinya.

B.   Cerpen-cerpen yang dikembangkan dengan model monolog seperti ini tidak berhasil dalam mengembangkan tahapan konflik.

C.   Penulis gagal memanfaatkan monolog dalam cerpen menjadi alat yang efektif untuk mengembangkan ceritanya.

D.  Monolog pada cerpen ini menjadi tampak lebih hidup daripada sekedar dideskripsikan.

E.   Tidak semua dialog menjadikan sebuah cerita lebih hidup, bergantung pada penyampaiannya

19.     Cermati kalimat-kalimat acak berikut!

1)   Dengan demikian, lingkungan sosial di mana relasi manusia terjadi dan berdialektika memberikan pengaruh besar pada konstruksi identitas.

2)   Identitas adalah entitas yang tidak pernah purna wujudnya.

3)   Lebih jauh, identitas berhubungan dengan cara faktor luar diri memberikan citra dan tanda pada pemilik identitas.

4)   Psikolog Erik Erikson menyampaikan gagasan bahwa identitas adalah hasil konstruksi di luar diri.

5)   Pembentukannya dipengaruhi cara memandang diri dan benda dengan menggunakan berbagai karakteristik yang melekat dalam diri dan benda itu.

 

Susunan kalimat acak tersebut agar menjadi paragraf esai yang padu adalah ….

A.  2) – 1) – 3) – 5) – 4)

B.   2) – 3) – 4) – 1) – 5)

C.   2) – 5) – 3) – 4) – 1)

D.  2) – 3) – 5) – 1) – 4)

E.   2) – 4) – 1) – 5) – 3)

 

20.     Perhatikan paragraf berikut!

Sebuah puisi penuh dengan perenungan dengan pertanyaan retoris yang indah dan agung. Biasanya manusia lupa jika berada pada kenikmatan dan kebahagiaan. Manusia baru ingat kepada Tuhan ketika berada dalam kedukaan. Padahal hidup ini penuh misteri dan kita tidak tahu apa yang akan menimpa kita pada esok hari. Oleh karena itu, marilah kita mendekatkan dir kepada Tuhan.

 

Kaidah kebahasaan yang digunakan dalam paragraf esai tersebut adalah ….

A.  pernyataan bersifat menilai

B.   kata bermakna konotasi

C.   kata kerja mental

D.  pernyataan persuasif

E.   bahasa kamuikatif

Bacalah kutipan puisi berikut untuk menjawab soal nomor 21 dan 22!

                        Hujan Bulan Juni

            Tak ada yang lebih tabah

            dari hujan bulan Juni

            Dirahasiakannya rintik rindunya

            Kepada pohon berbunga itu

 

            Tak ada yang lebih bijak

            dari hujan bulan Juni

            Dihapuskannya jejak-jejak kakinya

            Yang ragu-ragu di jalan itu

 

            Tak ada yang lebih arif

            dari hujan bulan Juni

            Dibiarkannya yang tak terucapkan

            Diserap akar pohon bunga itu

           

            Karya : Sapardi Djoko Damono

 

21.     Kalimat kritik sesuai dengan isi puisi tersebut adalah ….

A.  Puisi-puisi karya Sapardi Djoko Damono selalu bertema cinta yang mengharukan.

B.   Puisi “Hujan Bulan Juni” berisi pesan penyair kepada orang yang dicintainya.

C.   Puisi “Hujan Bulan Juni” menggunakan kata kiasan yang membingungkan pembaca.

D.  Puisi “Hujan Bulan Juni” sangat menarik karena menggunakan kata-kata lugas.

E.   Sapardi Djoko Damono memiliki kehebatan dalam memilih kata-kata pada setiap puisinya.

22.     Puisi tersebut berisi …

A.  Hujan yang jatuh pada bulan Juni menandakan kebijakan dan kearifan.

B.   Ketabahan seseorang dalam menahan kerinduan dan memendam cinta.

C.   Hujan yang jatuh pada bulan Juni membuat pohon tumbuh dan berbunga.

D.  Seseorang yang meragukan hujan jatuh pada bulan Juni pada musim kemarau.

E.   Kesabaran seseorang dalam menanti hujan pada bulan Juni pada musim kemarau.

23.     Cermati penggalan esai berikut!

Rentang sepuluh tahun terakhir, 1998 – 2007, ada kesalahan pada perkembangan eksplorasi bahasa cerpen. Bahasa diolah dengan maksimal, dicari pilihan kata paling tepat, dan kalimat diberi rima-ritme; semua usaha dilakukan tidak untuk memperkuat unsur cerpen. Justru sebaliknya, usaha kuat-keras tersebut sepenuhnya untuk memperlemah potensi unsur cerpen. Ini kesalahan fatal karena dilakukan oleh orang-orang yang justru berkompeten di bidang kesusastraan. Lebih fatal lagi, kesalahan ini diikuti oleh beragam kaum sastrawan. Ia menjadi standar nilai cerpen. Sebuah standar nilai yang membalik arah.

 

Masalah yang dibahas dalam paragraf esai tersebut adalah …

A.  Kesalahan fatal dalam bidang kesastraan.

B.   Usaha untuk memperkuat unsur cerpen.

C.   Kesalahan fatal yang dilakukan sastrawan.

D.  Kesalahan eksplorasi bahasa cerpen.

E.   Pengolahan bahasa pada cerpen.

 

24.     Bacalah teks berikut dengan cermat!

Kuatnya budaya matrilineal dalam tradisi Minang adalah akar dari berkembangnya budaya Minang, tidak terkecuali pada […] kekerabatan. Salah satunya adalah kelompok kekerabatan terkecil yang disebut dengan istilah paruik. Paruik adalah susunan masyarakat Minangkabau terkecil. Paruik berasal dari bahasa Minang yang berarti perut. Penamaan paruik bermakna keluarga besar yang semua anggotanya berasal dari ‘satu perut’. Hdup secara komunal dapat menciptakan keadilan bagi seluruh anggota keluarga. Kelompok kekerabatan seperti ini juga bisa berdampak […] bagi pengelolaan tata ruang permukiman. Nilai-nilai kekerabatan dalam budaya Minang masih dijaga dan tetap mengedepankan […] dan kerukunan.

Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …

A.  sistem, positif, harmonisasi

B.   sistim, positif, harmonik

C.   sistem, positive, harmonisasi

D.  sistim, positiv, harmonisasi

E.   sistem, positif, harmonik

 

25.     Bacalah teks berikut dengan cermat!

1)Peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang, semakin marak di kalangan generasi penerus bangsa. 2)Buktinya, pada hari Minggu petang petugas menangkap empat siswa yang sedang berpesta sabu-sabu. 3)Mereka mengadakan pesta di salah satu apartemen mewah di sebuah kota besar. 4)Banyak dari mereka terbawa arus zaman dengan cara yang salah. 5)Tanpa piker panjang akhirnya para tunas bangsa ini menyelesaikan masalah dengan mengonsumsi obat-obat terlarang. 6)Uniknya, pelajar yang biasa mendapat pengarahan baik dari guru maupun dari kepolisian saat orientasi siswa justru mulai memakai barang haram ini. 7)Barang haram ini cepat beredar di kalangan pelajar karena anak-anak muda memiliki rasa penasaran yang besar terhadap sesuatu yang baru.

Kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas terdapat pada kalimat nomor ….

A.  3

B.   4

C.   5

D.  6

E.   7

 

KD 3.7 & 3.14 (nomor 26 – 40)

26.     Cermati teks berikut.

Daya tarik pertama novel Sang Pemimpi ini adalah ditulis oleh Andrea Hirata. Seorang AndreaHirata, seperti dikatakan oleh Nocola Horner, adalah seorang seniman kata-kata. Ia memandang segalanya dari sudut pandang yang berbeda, tidak seperti orang kebanyakan. Dengan keahliannya dalam merangkai kata, ia mengemas dan menyajikan hal yang tampak dari matanya menjadi sebuah suguhan yang sarat akan segala nilai plus.

Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ….

A.  Sinopsis tersebut mengungkapkan isi novel secara singkat dan kehebatan pengarang.

B.   Resensi tersebut menguraikan alur yang mengagumkan sehingga tidak membosankan.

C.   Teks tersebut merupakan kritik karena menjelaskan kekurangan dan kelebihan dalam novel tersebut.

D.  Ulasan tersebut berisi tanggapan pembaca yang alasannya disajikan di sampul belakang novel.

E.   Teks tersebut merupakan resensi karena menguraikan amanat yang sangat bermanfaat bagi kaum remaja.

 

Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 27 dan 28.

(1) Kini Mbah Dlimo yang usianya lebih dari seratus tahun masih tetap hidup dan sehat. (2) Masih menjadi imam salat, muruk ngaji di langgar. (3) Bahkan, tiap sore, selalu cangkruk di Warung Kopi Kotok ini dengan rokok klobotnya yang berbau khas. (4) Bagi kami, Mbah Dlimo adalah berkah dan kegembiraan yang melimpah di warung ini. (5) Kehadirannya selalu dinanti. (6) Setiap masuk warung, perihal yang tidak pernah ia lupa adalah memberi salam lalu beruca, “ Malaikat memohon ampun untuk para peminum kopi.” (7) Aku tak tahu, itu sabda Nabi atau hanya karang-karangan Mbah Dlimo sendiri. (8) Tapi, jika sudah begini, kami biasanya akan senang sekali menemani Mbah Dlimo yang duduk di pojok warung.

27.     Bukti bahwa tokoh Mbah Dlimo seorang yang saleh terdapat pada kalimat nomor ….

A.  (1) dan (3)

B.   (2) dan (6)

C.   (3) dan (6)

D.  (4) dan (7)

E.   (5) dan (8)

 

28.     Amanat yang sesuai dengan isi kutipan cerpen tersebut adalah ….

A.  Bersemangatlah berbuat kebaikan walau usia kita sudah lanjut.

B.   Janganlah berbuat hal-hal yang tidak disukai orang lain.

C.   Berbuat baiklah kepada orang lain agar mereka menghormati kita.

D.  Ikutilah nasihat orang tua agar hidup kita selalu di jalan yang benar.

E.   Janganlah meninggalkan perintah Allah agar hidup kita selamat.

 

Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 24 dan 25.

(1) Kakek Songkok menatap tangga rumahnya yang sudang berlubang, beberapa papannya lapuk dimakan usia. (2) Seminggu lalu, cucu kakek terluka karena berlari-lari di sekitar meja tamu. (3) Ia terperosok di antara papan yang remuk karena tua. (4) Kaki gadis kecil lima tahun itu berdarah-darah. (5) Kejadian itu menyadarkan Kakek, rumahnya sudah renta. (6) Memperbaikinya menjadi rumah batu bagi Kakek seperti memastikan keluarganya aman, tak ada lagi yang perlu terluka.

29.     Keterkaitan isi novel dengan kehidupan nyata adalah ….

A.  Banyak masyarakat yang ingin membangun rumahnya lebih bagus dan kuat.

B.   Rumah bagus dan besar mencerminkan penghuninya harmonis dan bahagia.

C.   Banyak orang tua yang tidak memikirkan keselamatan anak dan cucunya.

D.  Orang tua selalu memikirkan kebahagiaan anak dan cucunya di masa depan.

E.   Seorang cucu akan merasa betah tinggal di rumah kakeknya yang kuat.

 

30.     Bukti latar waktu dalam kutipan tersebut adalah kalimat nomor ….

A.  (1)

B.   (2)

C.   (3)

D.  (4)

E.   (5)

 

31.     Cermati isi paragraf berikut.

Banyak masyarakat yang termakan […] tentang pemberlakuan tilang melalui CCTV. CCTV yang ada tersebar di Indonesia saat ini baru berfungsi sebagai pemantau dengan pengeras suara. CCTV tilang berfungsi untuk merekam dan memotret pelanggar yang melanggar lalu lintas. Untuk saat ini, pemerintah belum mempunyai perangkat CCTV tilang. Namun, tidak menutup kemungkinan pada masa depan Indonesia memberlakukan CCTV tilang.

 

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….

A.  akal kancil

B.   kulit badak

C.   kambing hitam

D.  kelas kambing

E.   kabar burung

Kutipan buku nonfiksi berikut untuk soal nomor 32 dan 33!

Media sosial, seperti televisi, radio, dan surat kabar merupakan media informasi sebelum tahun 2000an. Kini popularitasnya terdegradasi oleh media informasi berbasis internet. Meskipun tampaknya televisi tidak tergantikan, tetap saja porsi media televisi terus mengalami penyusutan. Faktanya teknologi berbasis internet menjadi sarana yang akan terus digunakan untuk masa datang.

32.     Nilai yang terdapat dalam kutipan buku nonfiksi tersebut adalah ….

A.  pengetahuan

B.   kepribadian

C.   keterampilan

D.  sosial

E.   moral

 

33.     Simpulan kutipan buku nonfiksi tersebut adalah …

A.  Media cetak seperti surat kabar dan majalah semakin digemari.

B.   Media elektronik seperti radio dan televisi semakin ditinggalkan.

C.   Media sosial mulai dikenal masyarakat pada akhir tahun 2000an.

D.  Media sosial berbasis internet popularitasnya semakin meningkat.

E.   Media sosial mengalami penurunan pengguna seiring kemajuan teknologi.

 

Kutipan puisi berikut untuk soal nomor 34 dan 35.

                        Kidung Doa

            setengah abad yang lalu

            kau kumpulkan kerikil-kerikil keberanian sisa

            pertempuran itu

            semangat dan tekadmu meluap-luap

            seperti ujung tombak bambu kuning yang rindu pada

musuhnya

ikhtiarmu tak habil oleh bibir-bibir pencibir

kau semakin membaja pada percikan-percikan nyinyir mereka

 

Dikutip dari: Tegsa Teguh Satriyo, Jejak Tubuh Kumpulan Puisi, Yogyakarta, Garudhawacana, 2018

 

34.     Tema puisi tersebut adalah ….

A.  kebahagiaan seseorang

B.   ketangguhan seseorang

C.   kedamaian sebuah keluarga

D.  kesedihan sebuah sebuah keluarga

E.   kekecewaan seorang anak

 

35.     Nilai estetis berupa citraan dalam puisi tersebut adalah citraan ….

A.  perabaan

B.   penciuman

C.   perasaan

D.  penglihatan

E.   pendengaran

 

36.     Cermati penggalan dialog berikut!

Adik          : “Malam, Kak. Belum tidur? Kakak terganggu aku telpon malam-malam begini?”

Kakak       : “Tidak. Ada apa? Suaramu terdengar sedih?”

Adik          : “Anakku sakit, Kak. Suami masih di luar kota.”

Kakak       : “ …”

Adik          : “Demam, bahkan tadi menggigil.”

Kakak       : “Sudah kamu beri obat penolong?”

Adik          : “Sudah, Kak. Sekarang sudah agak mereda.”

Kalimat yang paling tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah …

A.  Anakmu sakit apa?

B.   Segera bawa ke dokter, ya.

C.   Oh, sabarlah, beri dia kompres, ya.

D.  Ada temanmu di situ kan?

E.   Hati-hatilah memberi obat penolong.

 

37.     Cermati kutipan cerpen berikut!

Pukul 02.09, baru satu jam mataku memejam. Namun, aku harus terjaga oleh dering ponsel. Sebuah pesan singkat menyala di layar. Dari kakak. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, Mak aum telah diambil.

Aku terenyak, tapi hanya sejenak. Ajal telah mengincar sejak dokter menyatakan tubuh Emak digerogoti kanker rahim enam bulan silam. … Kutarik lagi selimut sembali mengatupkan kelopak mata. Aku ingin tidur barang satu-dua jam lagi sebelum menimbang-nimbang apa yang mesti kuperbuat. Pikiranku masih berkejaran dengan tumpukan pekerjaan kantor yang menyebabkanku selalu pulang larut malam.

Kalimat tepat untuk melengkapi kutipan cerpen tersebut adalah …

A.  Semua orang akan menghadapi maut, batinku.

B.   Aku langsung beranjak pergi ke rumah Emak.

C.   Penyakit yang diderita Emak memang ganas.

D.  Segera kusambar kunci sepeda motorku.

E.   Sudah enam bulan ini aku menunggui Emak di rumah sakit.

 

38.     Perhatikan paragraf resensi berikut!

Folosofi Kopi bercerita tentang dua orang pemuda bernama Ben dan Jody yang memulai usaha kedai kopinya dari nol. Usaha dan kegigihan mereka membuat kedainya menjadi incaran para pecinta kopi dari berbagai daerah. Cerita dalam Filosofi Kopi sungguh menarik dan mengandung pesan moral sangat dalam. … Namun, dalam buku ini terdapat beberapa bagian yang terkesan monoton. Kover buku juga kurang menarik minat baca para remaja. Buku ini layak dibaca oleh semua kalangan.

Disadur dari: https://dewirhy0.wordpress.com/2013/12/12/resensi-filosofi-kopi-kumpulan-cerita-dan-prosa-satu-dekade/, diunduh 27 November 2015

Kalimat tepat untuk melengkapi bagian kelebihan resensi buku tersebut adalah …

A.  Buku ini berisi kata-kata yang sulit dimengerti sehingga untuk mendalami cerita dan prosa ini, pembaca harus cukup berpikir.

B.   Filosofo Kopi sendiri merupakan judul dari salah satu cerpen yang penulis jadikan sebagai cerita pembuka dalam buku ini.

C.   Akan tetapi, jika dibandingkan dengan Rectoverso yang pernah saya baca sebelumnya Filosofi Kopi masih termasuk bacaan yang lebih ringan.

D.  Selain memberikan pesan moral, buku ini juga menggunakan gaya bahasa dan pemilihan kalimat yang mudah dipahami isinya.

E.   Ben yang bertugas sebagai peramu kopi sangat tergila-gila pada kopi dan ia yakin bahwa setiap jenis kopi memiliki filosofi tersendiri.

 

39.     Cermati penjelasan berikut!

Buku Lidah Sembilu yang ditulis oleh Damhuri Muhammad berisi enam belas cerita pendek. Isi cerita berasal dari cerita kaba (cerita rakyat sehari-hari di daerah Minangkabau ), antara lain “Karnaval Pusar”, “Lidah Sembilu”, dan “Perempuan Berkerudung Api”. Cerita berkisah pada kepercayaan terhadap guna-guna, mistik dan akhir cerita berupa akibat dari apa yang dilakukan oleh tokoh.

Kalimat resensi yang menunjukkan kelemahan sesuai dengan data adalah …

A.      Cerita-cerita yang dibuat oleh Damhuri Muhammad adalah cerita yang sudah sangat lazim dan bermanfaat bagi pembaca.

B.      Cerita-cerita yang ditulis oleh Damhuri Muhammad tidak dapat digolongkan ke dalam sebuah kumpulan cerpen.

C.   Kumpulan cerpen Damhuri Muhammad yang berjudul Lidah Sembilu hanya dapat dikategorikan cerita fiksi biasa karena berisi hal-hal yang dibumbui mistik.

D.  Damhuri Muhammad adalah seorang penulis yang tergolong masih muda pengalaman sebagai penulis cerpen di dunia sastra.

E.   Dapat dikatakan bahwa seorang penulis cerpen seperti Damhuri Muhammad masih memerlukan pengesahan dalam penciptaan karya sastra. 

40.     Cermati kutipan berikut!

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda OSIM MA Insan Mulia mengadakan diskusi. Tema diskusi adalah Pengaruh Perilaku Fanatisme Beragama Terhadap Konflik antar Umat BerAgama. Para siswa antusias mengikuti diskusi karena dihadiri oleh komika terkenal, Raditya Dika Nasution.

Penulisan ejaan judul tema pada paragraf di atas tidak tepat, seharusnya ….

A.  Pengaruh perilaku fanatisme beragama terhadap konflik antarumat beragama

B.   Pengaruh perilaku fanatisme beragama terhadap konflik antar Umat Beragama

C.   Pengaruh Perilaku Fanatisme Beragama terhadap Konflik Antar Umat Beragama

D.  Pengaruh Perilaku Fanatisme Beragama Terhadap Konflik Antar-Umat Beragama.

E.   Pengaruh Perilaku Fanatisme Beragama terhadap Konflik Antarumat Beragama

 

II.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan baik dan benar!

41.     Tuliskan perbedaan kritik dan esai berdasarkan pandangan penulisnya!

Jawab :

Kritik

Esai

1. penilaian dilakukan secara objektif

1. penilaian dilakukan secara subjektif

2. penilaian menggunakan kajian teori

2. penilaian hampir tanpa kajian teori

3. pembahasan dilakukan secara utuh dan menyeluruh

3. pembahasan secara utuh dan menyeluruh hanya pada objek yang menarik menurut pandangan penulisnya.

 

42.     Bacalah kutipan buku fiksi berikut ini!

Di lingkungan rumahnya, Tuan Sidik dikenal tidak suka bersosialisasi. Dia hanya akan muncul saat Ramadhan, salat Tarawih setiap malam, tidak pernah absen. Dan dia adalah orang yang memberikan THR paling banyak untuk anak-anak di RT-nya yang mayoritas tidak mampu.

Salim adalah salah satu anak itu. Tahun ini usianya sembilan belas tahun. Sudah lulus SMA. Tuan Sidik tidak memberikan THR untuk anak-anak di atas tujuh belas tahun atau sudah lulus SMA. Mereka seharusnya sudah mandiri, tidak berhak lagi menerima THR.

Namun, Salim sama sekali tidak mandiri. Orang tuanya yang tersisa Cuma Bapak. Namun, seminggu yang lalu bapaknya meninggal karena TBC. Semasa hidupnya, Bapak Salim mengumpulkan sampah dari rumah-rumah warga setiap subuh. Demi menghangatkan diri, Bapak Salim merokok. Sebenarnya, tidak menghangatkan diri pun, Bapak Salim merokok. Jadi, karena udara dingin dan rokok, TBC Bapak Salim semakin parah.

 

Tentukan nilai-nilai kehidupan yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut!

Jawab : Nilai sosial dan agama

43.     Cermati paragraf berikut!

Kesuksesan orang tidak datang begitu saja. Karir seseorang akan maju bila dirinya mau bekerja keras. Hal ini akan terlihat dari aktifitas yang dilakukannya. Di samping itu, dia berani melakukan inopasi-inopasi.

 

Perbaikan kata yang bercetak miring adalah …

Jawab: karier, aktivitas, inovasi-inovasi

44.     Cermati kalimat berikut!

Ketika belanja di Moro saya bertemu Bapak Kepala Madrasah Drs Mahmurroji.

 

Tulis kembali kalimat di atas dengan menggunakan tanda baca yang tepat!

Jawab : Ketika belanja di Moro, saya bertemu Bapak Kepala Madrasah, Drs. Mahmurroji.

 

45.     Tulislah 5 ciri buku nonfiksi.

Jawab : menggunakan gaya bahasa formal, menggunakan kata-kata yang bersifat denotatif, berdasarkan fakta, berbentuk ilmiah populer, dan berupa ide baru atau menyempurnakanide yang pernah ditulis sebelumnya.

 

                                                                                         Purwokerto, 31 Januari 2020

Mengetahui,

Kepala Madrasah, M.Pd.I                                                   Guru mapel,

 

 

 

 

Drs. H. Mahmurroji, M.Pd.                                                            Linda Safarlina, S.Pd.

NIP196204101991031003                                                   NIP 1978011020050120024

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UH TEKS EDITORIAL 2019

SOAL TO DETIK-DETIK 2016 DG PEMBAHASAN

Soal UM Tahun 2017