Rendahnya Kepedulian Siswa MAN Purwokerto 2 dalam Menjaga Kebersihan di Lingkungan Madrasah

Oleh Halfa Sausan Mardlia (XII IPS 5) 

Banyak masalah yang dihadapi masyarakat di era modern ini. Salah satunya adalah masalah kebersihan lingkungan. Sebenarnya menjaga kebersihan merupakan hal yang sederhana namun begitu penting untuk diperhatikan. Menjaga kebersihan merupakan hal yang sepele sehingga banyak orang yang menyepelekan. Sikap seperti inilah yang hendaknya dibenahi.

Sebagai contoh sikap tidak peduli terhadap kebersihan ditunjukkan oleh beberapa siswa MAN Purwokerto 2. Kesadaran siswa MAN 2 untuk menjaga kebersihan lingkungan sangat memprihatinkan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya sampah di tempat yang tidak seharusnya. Seperti di laci meja, lantai kelas, dan di selokan madrasah. Para siswa yang tidak bertanggung jawab seperti ini semakin lama semakin banyak anggotanya. Padahal MAN Purwokerto 2 merupakan sekolah agama terbaik se-Banyumas dan memiliki slogan “KEBERSIHAN SEBAGIAN DARI IMAN”. Masalah kebersihan adalah masalah yang yang harus diprioritaskan. Tetapi, kenyataannya kebersihan di lingkungan MAN Purwokerto 2 masih memprihatinkan.

Pihak madrasah memang sudah berusaha untuk menghilangkan serta meminimalisir kebiasaan buruk siswa membuang sampah sembarangan. Madrasah telah menyediakan dua tempat sampah dalam ukuran sedang di depan tiap kelas. Bahkan di setiap pidato bapak kepala madrasah selalu mengingatkan dan mengimbau para siswa untuk membuang sampah pada tempatnya. Namun hasilnya masih belum memuaskan.

Beberapa dampak negatif yang muncul akibat menyepelekan kebersihan. Sampah yang berserakan atau menumpuk tidak di tempat yang semestinya membuat lingkungan tidak sedap di pandang dan tidak nyaman untuk disinggahi, menimbulkan penyakit, serta dapat menimbulkan banjir jika sampah-sampah yang berserakan itu menutup saluran air yang ada di MAN Purwokerto 2.

Bukan hanya para siswa MAN yang harus meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan, melainkan seluruh warga MAN termasuk guru dan kepala madrasah. Kepala madrasah memang tidak boleh bosan dalam mengingatkan siswa  untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

UH TEKS EDITORIAL 2019

SOAL TO DETIK-DETIK 2016 DG PEMBAHASAN

Soal UM Tahun 2017