Kumpulan Soal TO Tahun 2017
Soal UN Tahun 2016
Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 – 3 !
1)
Dampak negatif pemanasan global terus
diserukan. 2) Badan kesehata duna (WHO) memperingatkan tentang makin hangatnya temperatur udara. 3) Diduga hal itu
dapat memicu timbulnya penyakit seperti demam berdarah dangue dan malaria. 4) Lebih lanjut WHO melaporkan perubahan iklim menyebabkan lebih dari 150.000
kematian dan lima juta orang terserang penyakit setiap tahunnya. 5) Dengan
demikian, diprediksi frekwensinya
dapat berlipat ganda pada tahun 2030.
1. Ide
pokok paragraf tersebut adalah ….
A. dampak
negatif pemanasan global
B. peringatan
tentang hangatnya temperatur udara
C. penyebab
timbulnya penyakit demam berdarah
D. perubahan
iklim akibat pemanasan global
E. dampak
perubahan iklim dunia
2. Tujuan
penulis dalam paragraf tersebut adalah …
A. Mengajak
pembaca untuk waspada terhadap pemanasan global.
B. Mengimbau
pembaca untuk mengurangi temperatur tinggi.
C. Memberitahukan
dampak negatif pemanasan global.
D. Mengharapkan
pembaca untuk berhati-hati terhadap pemanasan global.
E. Melaporkan
data penyakit yang ditimbulkan akibat pemanasan global.
3. Kalimat
yang menggunakan kata tidak baku adalah kalimat nomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 4 – 5 !
1)
Pendidikan merupakan salah satu faktor yag dapat memengaruhi peluang kerja
seseorang. 2) Biasanya semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang semakin
besar pula peluang untuk mendapatkan pekerjaan. 3) Namun, ada juga yang menilai
dari tingkat keahliannya. 4) Untuk mengatasi pengangguran diperlukan pendidikan
khusus. 5) Melalui pedidikan yang berbasis keahlian, seperti vokasi, diharapkan
dapat menjadi alternatif untuk mengatasi jumlah pengangguran di Indonesia.
4. Kalimat
utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)
5. Makna
vokasi pada paragraf tersebut adalah ….
A. diploma
B. sarjana
C. profesional
D. magister
E. doktoral
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 6 – 7 !
1)
Bakat tidak selamanya dapat membuat aktivitas tulis-menulis menjadi mudah dan
lancar. 2) Berulang kali para pakar mengatakan bahwa menulis merupakan
pelajaran dasar yang sudah kita dapatkan semenjak duduk di bangku sekolah
dasar. 3) Sering kali ketika kita hendak menuangkan ide-ide dalam bentuk
tulisan, sesuatu yang bernama “bakat” selalu menjadi semacam “kambing hitam”.
4) Menulis membuat orang sering berkhayal. 5) Dengan demikian, aktivitas
menulis seringkali dikaitkan dengan bakat seseorang.
6. Kalimat
yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah kalimat nomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)
7. Mengapa
aktivitas tulis-menulis seringkali
dikaitkan dengan bakat seseorang?
A. Menulis
merupakan keterampilan yang dipelajari sejak di sekolah dasar.
B. Aktivitas
tulis-menulis sepenuhnya mengandalkan bakat seseorang.
C. Bakat
selalu dijadikan kambing hitam dalam aktivitas menulis.
D. Bakat
tidak selamanya membuat aktivitas tulis-menulis lancar dan mudah.
E. Pakar
mengatakan bahwa menulis merupakan pelajaran dasar.
Bacalah paragraf berikut!
1)
Kepedulian untuk menghemat air bersih sangat diperlukan demi kelangsungan
kehidupan kita dan generasi penerus di masa yang akan datang. 2) Aktivitas
kehidupan kita sehari-hari banyak memerlukan air bersih. 3) Kita menggunakan
mulai dari minum, mandi, hingga mencuci pakaian. 4) Dalam mencuci pakaian,
biasanya kita membilas cucian tersebut hingga tiga kali agar benar-benar
bersih. 5) Hal itu boleh saja dilakukan, tetapi perlu waspada karena Indonesia
pada tahun 2025 akan terancam krisis air bersih.
8. Kalimat
yang berisi fakta dalam paragraf tersebut adalah ….
A. 1
dan 2
B. 2
dan 3
C. 2
dan 4
D. 3
dan 5
E. 4
dan 5
Bacalah kutipan biografi berikut untuk menjawab soal nomor
9 – 10 !
Taufiq
Ismail lahir di Bukittinggi, 25 Juni 1935. Ia pertama masuk sekolah rakyat di
Solo. Selanjutnya ia pindah ke Semarang. Pada tahun 1956-1957 ia memenangkan
beasiswa American Field Service Internasional
School. Semasa mahasiswa, Taufiq Ismail aktif dalam berbagai kegiatan.
Tercatat ia pernah menjadi ketua Senat Mahasiswa FKHP IPB (1960-1961) dan Wakil
Ketua Dewan Mahasiswa (1960-1962). Ia pernah mengajar sebagai guru bahasa di
SMA Regina Pacis, Bogor dan asisten dosen di IPB. Taufiq telah menghasilkan
syair lagu sebanyak 75 buah. Ia pernah mewakili Indonesia dalam membaca puisi
dan Festival Sastra di 24 kota di Asia, Amerika, Australia, Eropa, dan Afrika
sejak 1970. Tahun 1993 karena Perang
Teluk, Taufiq pulang ke Indonesia sebelum studi bahasanya. Pada tahun 1993,
Taufik diundang menjadi pengarang tamu di Dewan Bahasa dan Pustaka Kuala
Lumpur. Taufiq selalu tampil membacakan puisi-puisinya.
9. Hal
yang dapat ditaladani dari Taufiq Ismail adalah ….
A. Ia
memenangkan beasiswa American Field
Service Internasional School.
B. Ia
aktif dalam berbagai kegiatan sastra dan bahasa.
C. Ia
telah banyak menghasilkan syair lagu bertema religi.
D. Ia
selalu membacakan puisi-puisinya dalam peristiwa bersejarah.
E. Ia
menjadi tamu undangan di Dewan Bahasa dan Pustaka Kuala Lumpur.
10. Mengapa Taufiq pulang ke Indonesia sebelum
selesai studi bahasanya?
A. Karena
kesibukannya dalam berbagai kegiatan.
B. Karena
mengajar di salah satu SMA di Bogor.
C. Karena
terjadi Perang Teluk tahun 1993.
D. Karena
ingin melanjutkan studinya di Indonesia.
E. Karena
diundang menjadi pengarang tamu.
Cermati utipan tajuk rencana berikut!
Salah
satu keluhan wajib pajak adalah terbatasnya bank dan loket yang melayani
embayaran PBB. Pemerintah daerah engnginkan pembayaran dilakukan di bank
pembangunan daerah (BPD) agar BPD dapat menghimpun dana untuk memperkuat
likuiditas.
Meski
demikian, keinginan tersebut jangan sampai mengalahkaN layanan kepada wajib
pajak. Pemerintah daerah wajib meningkatkan kualitas layanan. Pelayanan yang
tidak memuaskan akan menjadi alasan wajib pajak menunda atau tidak memenuhi
kewajibannya.
11. Opini penulis dalam kutipan tajuk rencana
tersebut adalah ….
A. Keinginan
pemerintah daerah pembayaran pajak dilakukan di BPD untuk memperkuat
likuiditas.
B. Keinginan
pemerintah daerah untuk menghimpun dana di BPD jangan mengalahkan kualitas
pelayanan pada masyarakat.
C. Salah
satu keluhan wajib pajak adalah melakukan pembayaran PBB di BPD.
D. Wajib
pajak menginginkan pembayaran PBB di
seluruh bank yang terdapat di daerah.
E. Keinginan
wajib pajak dan pemerintah daerah adalah tidak ada yang menunda pembayaran
pajak di BPD.
12. Pihak yang
dituju oleh penulis dalam kutipan tajuk wacana tersebut adalah ….
A. para
wajib pajak
B. pemerintah
daerah
C. Bank
Pembangunan Daerah
D. pembayaran
PBB
E. pihak
ketiga
13. Cermatila
teks berikut!
Teks 1
Kehadiran
Komet Ikeya-Seki yang dapat dilihat secara mata telanjang dan penampakannya
berlasung berhari-hari membuat beredar isu kala itu bahwa akan terjadi malapetaka
besar. Isu itu kian membuat ngeri ketika orang-orang dapat menyaksikan secara
jelas ekor Komet Ikea-Seki yang tampak begitu besar dan seolah-olah akan
membeah angkasa.
Teks 2
Gerhana
bulan muncul apabila bulan sedang beroposisi dengan matahari. Karena kemiringan
bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 50 , tidak
setiap oposisi bulan dengan matahari akan mengakibatkan terjadinya gerhana
bulan. Perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan memunculkan
2 titik potong yang disebut node,
yaitu titik tempat bulan memotong bidang ekliptika. Gerhana bulan ini akan
terjadi saat bulan beroposisi pada node
tersebut. Bulan membutuhkan waktu 29,53 hari untuk bergerak dari satu titik
oposisi ke titik oposisi lainnya. Seharusnya, jika terjadi gerhana bulan akan
diikuti dengan gerhana matahari dan kedua node tersebut terletak pada garis
yang menghubungkan antara matahari dengan bumi.
Persamaan kedua teks tersebut adalah ….
A. membahas
peristiwa malapetaka di bumi akibat komet
B. menjelaskan
gejala alam yang muncul di malam hari
C. menguraikan
perpindahan bintang atau planet di alam
D. memperkirakan
timbulnya bencana akibat perbahan alam
E. membicarakan
gejala alam yang terjadi di ruang angkasa
Bacalah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal
nomor 14 s.d. 16!
1) “Belinya
di mana?” selidik Sonia.
2) “Di
depan situ, depan sekolah!” jawab Luna.
3) “erus
cara menyimpannya bagaimana?” tanya Sonia lagi.
4) “Terserah,
kau boleh bawa ke kelas. Bisa juga kau titipkan di warung itu.” Luna
menjelaskan kepada Sonia dengan semangat. Sonia hanya manggut-maggut.
5) “Kemungkinan
dibawa ke kelas sulit, karena lukisan itu terlalu besar. Tapi nanti akan
kucoba.” Jawab Sonia singkat sambil menuju ke bangkunya.
Jalan Pinas,
Indri Yanti Kusuma
14. Penggambaran watak Sonia yang penurut diungkapkan melalui …
A. secara
langsung
B. dialog
antartokoh
C. tingkah
laku tokoh
D. tanggapan
tokoh lain
E. keadaan
sekitar pelaku
15. Pernyataan yang membukikan latar tempat terdapat dalam kalimat
nomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)
16. Konflik
dalam kutipan cerpen tersebut adalah …
A. Sonia
tidak mampu membeli lukisan di depan sekolah.
B. Lukisan
yang dibeli Sonia terlalu besar dan mahal.
C. Sonia
kesulitan menyimpan lukisan yang dibelinya.
D. Sonia
ingin membeli lukisan yang dijual di depan sekolah.
E.
Lukisan yang dijual di depan sekolah mahal dan
berat.
Bacalah kutipan cerpen berikut untuk
menjawab soal nomor 17 s.d. 19!
1)
“Siapa yang memberimu makanan ini?”
2)
“Martin, pemiliknya.”
3)
“Nanti kuucapkan terima kasih kepadanya.”
4)
“Tak usah,” kata anak itu. “Aku sudah
mengucapkannya.”
5)
“Nanti kuberi dia daging perut ikan besar,” kata
lelaki tua itu. “Apakah dia memberi kita lebih dari sekali ini?”
6)
“Kukira begitu.”
7)
“Kalau begitu aku harus memberinya lebih dari
seekor daging perut. Ia rupanya sangat memikirkan kita.”
(Lelaki Tua dan Laut, Ernest Hemingway)
17. Pernyataan
yang menggambarkan tokoh lelaki tua berwatak tahu membalas budi terdapat pada kalimat ….
A. 1,
3, dan 5
B. 2,
4, dan 6
C. 3,
5, dan 7
D. 4,
5, dan 6
E. 5,
6, dan 7
18. Nilai
moral yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah …
A. Memberi
makanan kepada anak kecil.
B. Menghormati
orang yang lebih tua.
C. Mengucapkan
terima kasih atas kebaikan orang lain.
D. Memberikan
daging perut ikan besar kepada anak.
E. Memikirkan
kehidupan orang lain.
19. Amanat
yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah …
A. Sebaiknya
kita mengucapkan terima kasih kepada setiap orang.
B. Kita
hendaknya membantu orang lain yang mengalami kesulitan.
C. Kita
harus membalas budi baik orang lain.
D. Membalas
pemberian orang lain dengan pemberian yang lebih besar
E. Sisakan
sebagian rezeki untuk membalas kebaikan orang lain.
20. Cermati
teks negosiasi berikut!
Vero bergegas meneui Yati di kelasnya.
Ia mengatakan aa berkunjung ke rumah Yati sore nati sekitar pukul 16.00 untuk
mengerjakan tugas yang dibebankan kepala sekolah kepada mereka sebagai tim
karya tulis sekolah yang akan mengikuti lomba dua minggu mendatang. Akan
tetapi, Yati tidak dapat menerima Vero pada jam itu karena ia pasti belum tiba
di rumah. Sepulang sekolah nanti, ia harus latihan menari di Gelanggang Remaja.
Ia baru akan tiba di rumah sekitar pukul 18.00. akhirnya, Vero menyetujui untuk
datang sesudah pukul 18.00.
Hal yang disepakati dalam paragraf tersebut adalah ….
A. membuat
tugas
B. pembentukan
tim
C. tempat
bertemu
D. waktu
pertemuan
E. lomba
karya ilmiah
21. Bacalah
kutipan cerpen berikut!
Teks 1
|
Teks 2
|
Ada
banyak Banun di perkampungan lereng bukit yang sejak dulu tanahnya subur hingga
tersohor sebagai daerah penghasil padi kwalitet nomor satu itu. Pertama, Banun
dukun patah-tulang yang dangau usangnya kerap didatangi laki-laki pekerja
keras bila pinggang atau pangkal lengannya terkilir akibat terlampau
bergairah mengayun cangkul. Disebut-sebut, kemampuan turun temurun Banun ini
tak hanya ampuh mengobati patah tulang.
Banun,
Damhuri Muhammad
|
Begitulang pentingnya Makaji. Tanpa campur tangannya, kenduri terasa
hambar, sehambar gulai kambing dan gulai rebung karena bumbu-bumbu tak
diracik oleh tangan dingin lelaki itu. Makaji tidak pernah keberatan membantu
keluarga mana saja yang hendak menggelar pesta. Makaji tak pilih kasih, meski
ia satu-satunya juru masak yang masih tersisa di Lareh Panjang.
Juru Masak,
Damhuri Muhammad
|
Persamaan unsur intrinsik kedua teks tersebut adalah …
A. Menceritakan
seseorang yang menjadi bahan pembicaraan di lingkungannya.
B. Banyak
tokoh sebagai orang seperti Banun dan juru masak.
C. Pekerjaan
kedua tokoh cerita sangat berat.
D. Hasil
pekerjaan tokoh cerita sangat mengagumkan.
E. Latar
kedua cerita berada di keluarga berada.
22. Bacalah
pantun berikut!
Teks 1
|
Teks 2
|
Peri tulang di tengah lautan
Letih mencari jalan ke luar
Daripada kita keluyuran
Lebih baik kita belajar
|
Jalan-jalan ke Pasar Baru
Beli sepatu buatan Indonesia
Jangan kawan ragu-ragu
Kalau suka silakan bawa
|
Perbedaan isi pantun tersebut adalah ….
|
Pantun 1
|
Pantun 2
|
A
|
Menasihati agar belajar dan jangan bermain
|
Mengizinkan seseorang untuk berbuat apa saja
|
B
|
Mengingatkan bahwa keluyuran itu merugikan
|
Melarang mengambil sesuatu sebelum diizinkan
|
C
|
Menasihati seseorang agar terus belajar sepanjang
masa
|
Bila seseorang menyukai sesuatu hendaklah diberikan saja
kepadanya
|
D
|
Hidup ini selalu
dimanfaatkan untuk menimba ilmu
|
Saling memberi kepada sesama
adalah perbuatan yang sangat terpuji
|
E
|
Bermain boleh, tetapi jangan keluyuran kemana-mana
|
Apa yang kita sukai, berikan kepada orang dengan ikhlas
|
23. Cermati
teks gurindam berikut!
Keaiban orang jangan dibuka
Keaiban sendiri hendaklah sangka
Maksud gurindam tersebut adalah …
A. Tidak
baik membicarakan kesalahan orang lain di hadapan umum.
B. Tidak
baik membuka kesalahan diri sendiri dan usahakan memperbaikinya.
C. Lebih baik mengoreksi diri sendiri daripada membicarakan
kejelekan orang lain.
D. Hindarkan
sifat ingin mengetahui kekurangan orang lain.
E. Kejelekan
diri sendiri tidak pantas dibicarakan dengan orang lain.
24. Cermati
kutipan berikut!
Tiap-tiap pemuda yang bersekolah di
Betawi datang bertamasya di Danau Singkarak atau Sawahlunto dan singgah ke
Solok, belum pernah mereka melampaui sebuah rumah kecil yang amat bersih
rupanya. Rumah itu dibeli oleh ibu Hanafi dan di sanalah ia tinggal bersama
Rapiah karena perlu menyekolahkan Syafei. Rafiah tidak suka bercerai lagi
dengan mertuanya yang sudah dipandangnya sebagai ibu kandungnya, sedangkan ibu
Hanafi pun berkata hendak menurutkan orang kedua itu ke mana perginya.
Rapiah tetap menolak hendak
dipersuamikan. Ia berkata tak sampai hati akan memberi ayah tiri kepada Syafei.
Ibu Hanafi memerlukan benar
menyembelih ayam, tiap-tiap kedatangan anak-anak sekolah dari Betawi.
Pemuda-pemuda itu senang sekali datang berkunjung ke rumah orang yang peramah
dan bijaksana itu.
(Salah Asuhan,
Abdul Muis)
Hal dalam kutipan yang terkait dengan kehidupan
bermasyarakat sekarang adalah …
A. Jika
bertamasya ke Danau Singkarak atau Sawahlunto singgah ke rumah sanak saudara
kita.
B. Hendaklah
kita mengunjungi keluarga kita yang ada di daerah.
C. Suatu keluarga menyiapkan hidangan yang baik untuk menjamu
tamu.
D. Iu
mertua dan anak menantu perempuan selalu bersama dalam melakukan sesuatu.
E.
Tidak
menikah lagi sesudah suami meninggal demi masa depan anak yang dicintai.
25. Bacalah
teks berikut!
Prosedur membuat empek-empek paembang:
1) Siapkan
ikan abus giling 1 kg dan 0,5 kg ikan tenggiri giling, air bersih 3 gelas, sagu
tani 3 kg, minyak sayur 3 sdm, garam 3 sdm, dan telur ayam 2 butir dkocok.
2) Campurkan
semua bahan, kecuali sagu, diaduk hingga terampur rata.
3) Setelah
rata, ambil seperempat adonan untuk dicampur dengan sagu, diulen tidak boleh
terlalu diremas-remas, sampai adonan melembut.
4) Adonan
dibentuk memanjang +- 25 cm dengan diameter 5 cm.
5) Adonan
direbus saat air mendidih lalu angkatlah rebusan empek-empek jika telam
mengembang dan tiriskan.
Kalimat deklaratif (berita) dalam teks tersebut adalah
nomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)
26. Bacalah
kalimat beriut!
Kalimat pendapat :
Kopi mampu membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.
Kalimat argumentasi : 1) Kopi memiliki kadungan
senyawa bersifat antiakteri.
2) Kopi mampu membunuh bakteri yang ada
dalam mulut.
3) Kopi memiliki cita rasa yang nikmat.
4) Kopi dapat mencegah gigi berubang.
5) Kopi mengadung zat trignelline.
Kalimat arumenasi yang mendukung pendapat tersebu
adalah ….
A. 1
dan 3
B. 2
dan 3
C. 2 dan 4
D. 3
dan 4
E. 3
dan 5
27. Bacalah
teks berikut!
Di
muka bumi ini tidak adadaerah dengan tingkat keasaman antara 5,0 dan 6,0 yang
ida ditumbuhi lumut. Lumut yang secara taksonomi berada di antara tanaman alga
dan pterophyta ini tumbuh subur pada
kondisi tanah seperti itu. Semua jenis lumut, yaitu Musei Hepaticae, dan Anthocerotae
memiliki syarat idup sama. Tanaman ini tidak akan tumbuh jika keasaman tanah
melebihi 6,5. Lumut menyukai tanah dengan keasaman antara 5,0 dan 6,0.
Pernyataan sebab akibat yang sesuai degan isi teks
tersebut adalah ….
A. Semua
daerah di muka bumi ni memiliki tingkat keasaman 5,0 dan 6,0 sehingga dapat
ditumbuhi lumut.
B. Karena
tingkat keasaman suatu daerah kurang dari 5,0 lumut dapat tumbuh dengan subur.
C. Lumut dapat tumbuh dengan subur karena tingkat keasaman
daerah itu antara 5,0 – 6,0.
D. Daerah
dengan tingat keasaman di atas 6,5 dapat ditumbuhi lumut meski tidak subur.
E. Karena
banyak jenis tanaman lumut, tidak ada daerah yang tanpa tumbuhan lumut.
28. Bacalah
teks berikut!
Berbeda dari hotel konvensional, Hotel Time hanya memberikan fasilitas
yang menjadi basik needs dari para
pelancong, yaitu kamar tidur dan kamar mandi. Sementara fasilitas yang lainnya, bisa
diperoleh dengan sistem sewa. Misalnya, jika membutuhkan fasilitas pendingin
ruangan, ada semacam voucer yang
diberikan untuk permulaan 12 jam. Demikian pula untuk pemakaian shampo, handuk,
dan sikat gigi.
Makna konvensional pada teks tersebut adalah ….
A. sesuai
aturan
B. berdasarkan kesepakatan
C. model
lama
D. masa
kini
E. menurut
kebutuhan
29. Perhatikan
urutan kalimat berikut!
1) Kupas
bawang bombai dan iris tipis-tipis!
2) Haluskan
semua bumbu!
3) Campurkan
semua bahan dengan bumbu yang sudah dihaluskan!
4) Masukkan
bahan tersebut ke dalam cetakan!
5) Hidangan
siap disajikan.
6) Panaskan
dalam oven dengan temperatur 800 selama 20 menit!
7) Siapkan
peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan!
Urutan kalimat tersebut yang tepat agar menjadi
paragraf eksposisi yang padu adalah ….
A. 7,
2, 1, 3, 4, 6, dan 5
B. 7,
2, 1, 4, 3, 6, dan 5
C. 7, 1, 2, 3, 4, 6, dan 5
D. 7,
1, 2, 3, 6, 4, dan 5
E. 7,
1, 2, 4, 3, 6, dan 5
30. Cermatilah
kalimat-kalimat berikut!
1) Saya
pulang ke rumah naik ojek yang mangkal di depan sekolah.
2) Di
perjalanan menuju ke rumah, ojek yang saya naiki salah jalur.
3) Tepat
pukul 13.30 WIB, saya pulang sekolah.
4) Hampir
40 menit saya menanti orang tua saya dengan rasa jemu.
5) Sesampai
di rumah kesialan kembali menimpa, rumah terkunci.
6) Baru
terlupakan untuk menghubungi orang tua saya, dan mengapa itu tidak saya lakukan
sejak tadi.
Urutan kalimat yang tepat untuk membentuk paragraf
naratif yang padu adalah ….
A. 1,
2, 4, 3, 5, dan 6
B. 1,
2, 5, 6, 4, dan 3
C. 3, 1, 2, 5, 4, dan 6
D. 3,
4, 5, 6, 1, dan 2
E. 6,
3, 1, 2, 4, dan 5
31. Bacalah
teks berikut!
Sore
itu cerah. Dela menelpon Tina. Dela bermaksud mengajak Tina bersepeda bersama.
Tina pun mengiyakan. Selanjutnya
mereka membuat janji bertemu di taman pada pukul 05.00. Sebelum merapikan rumah, Dela segera mengambil sepedanya. Dengan
hati riang, berangkatlah Dela menuju taman. Beberapa
lama kemudian, Dela dan Tina sudah terlihat bersepeda bersama di sekitar
taman.
Konjungsi yang tepat untuk mengganti kata yang bercetak
miring adalah ….
A. akhirnya, setelah, tidak lama kemudian
B. sebelum,
sesudahnya, sementara itu
C. akhirnya,
ketika, sebelumnya
D. sebelumnya,
setelah itu, kemudian
E. ketika,
sewaktu, tak lama kemudian
32. Bacalah
kalimat berikut!
Sebenarnya, kondisi ekonomi kita sudah tampak membaik.
Kalimat argumentasi yang tepat untuk mendukung
pendapat tersebut adalah ….
A. Daya
beli masyarakat akan kebutuhan sandang pangan masih sangat stabil.
B. Taraf
hidup masyarakat mulai tidak bergantung kepada pekerjaan saja.
C. Mobiltas
kendaraan yang melintas cukup ramai dibicarakan saat ini.
D. Indikatornya
adalah banyaknya kendaraan mewah yang melintas di jalan raya.
E. Tenaga
kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri semakin meningkat.
33. Bacalah
paragraf berikut!
Acara
di telivisi saat ini sangat bervariasi. Namun, banyak mengandung … Hal tersebut
adalah … yang tidak terkontrol. Untuk menyelamatkan kepribadian generasi
penerus bangsa yang tetap memiliki … dan menjunjung norma ketimuran, sudah
sepantasnya pemerintah harus bertindak tegas terhadap tayangan-tayangan seperti
itu.
Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah ….
A. fornografi,
fenomenal, ahlak
B. pornografi, fenomena, akhlak
C. pornografis,
penomena, akhlak
D. fornografis,
fenomena, akhlak
E. pornograpi,
fenomenal, akhlak
34. Cermati paragraf
berikut!
Sebagai seorang … , Pak Rahman harus dapat bersikap bijaksana kepada
seluruh karyawan. Ia harus dapat … dengan baik, segala keputusan. Semuanya
harus dipikirkan secara baik agar dapat menguntungkan semua pihak. Hal ini
dapat memengaruhi … perusahaan.
Kata serapan untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
….
A. manajer, memanajemeni, produktivitas
B. manajer,
manajemen, produksi
C. manager,
mmemanagemen, produsen
D. manager,
managemen, produk
E. manajer,
memenejemen, produktif
35. Cermati
paragraf berikut!
Sepanjang tahun 2011, bank-bank
nasional mampu menikmati kenaikan laba cup besar. Jika, bank-bank asing
beroperasi di Indonesia malah bernasib beda. Sejumlah bank harus rela
memperoleh laba pada tahun 2011 lebh kecil dibandingkan tahun 2010.
Mengutip laporan keuangan publikasi
bank di situs BankIndonesia (BI), tiga perusahaan mencatat penrunan laba. Laba
Cathy Bank menurun sehingga melambatnya bisnis perusahaan pascasanksi BI di
divisi konsumen. Pendapatan pun turun, setidaknya beban usaha meningkat.
Kata penghubung untuk mengganti kata yang bercetak
miring pada paragraf tersebut adalah …
A. namun,
bahwa, karena
B. bahkan,
agar, sementara
C. namun,
karena, walaupun
D. karena,
walaupun, padahal
E. namun, karena, sementara
36. Bacalah
paragraf berikut!
Penerapan … bebas di Indonesia
masih perlu kita … agar lebih berhati-hati. Selama dampak negatif belum
terukur, Indonesia tidak dapat diharapkan memeroleh untung dari perdagangan
bebas. Kerugian negara akan sangat besar ketika kita salah langkah …
perdagangan bebas.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut adalah ….
A. dagangan,
permaklumkan, penerapan
B. berdagang,
permaklumkan, diterapkan
C. perdagangan, pertimbangkan, penerapan
D. didagangkan,
pertimbangkan, menerapkan
E. mendagangkan,
penimbangan, penerapan
37. Bacalah
paragraf berikut!
Tiba-tiba, jantungnya … diiringi
keringat dingin dan napasnya … . Ada rasa cemas yang aneh bercampur gugup. Imam
tak pernah merasakan hal ini sebelumnya. Akan tetapi, setelah 20 menit,
segalanya mereda.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut adalah …
A. berdebar-debar,
sengalan-sengalan
B. debar-debar,
sengal-sengalan
C. berdebar-debar,
bersenggol-senggol
D. berdebar-debar, tersengal-sengal
E. debar-debaran,
menyengal-nyengal
38. Bacalah
teks pidato berkut!
Saudara-saudara yang saya hormati,
Lingkungan multietnik memiliki ekspresi etnisitas yang berbeda-beda.
Dengan asal-usul yang berbeda, meliki simbol universal yang dapat dibaca oleh
hampir semua etnik. Dengan simbol itulah, lingkungan multetnik dapat memelihara sistem sosial yang terintegrasi
sepert peribahasa … . Dengan demikian, perbedaan-perbedaan yang ada tidak
selalu menimbulkan konflik antaretnik.
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi teks pidato
tersebut adalah ….
A. bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.
B. bagai
telur di ujung tanduk
C. masuk
kandang kambin mengembik masuk kandang kerbau menguah
D. berjalan
peliharalah kaki, berkata peliharalah lidah
E. adakah
buaya menolak bangkai?
39. Bacalah
paragraf berikut!
Kemilau emas memancar saat Zhu
membentangkan benang emas disusut kain pelepai. Sinar perak jarum di tangannya
menyulam satu kehidupan tajam yang menusuk. Udara Danau Menjukut berbau bunga
kopi, bertiup perlahan memasuki … dan menghempas dada Zhu pada barisan awan di
langit menuju ke arah laut.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. akal
budi
B. buah
mata
C. hati
putih
D. relung
hati
E. relung
langit
40. Cermati kalimat-kalimat berikut!
1) Bagi
siswa-siswi peserta lomba debat diminta berkumpul di aula.
2) Bagi
siswa-siswi peserta pelatihan perpustakaan diharap segera daftar ulang.
Alasan kedua kalimat tersebut salah karena menggunakan
….
A. kata
pelatihan dan perpustakaan
B. kata
depan bagi pada awal kalimat
C. kata
siswa-siswi untuk menunjukkan jamak
D. kalimat
pasif untuk mengumumkan
E. kata
peserta setelah subjek
41. Cermati
paragraf deskripsi berikut!
Kali kecil di depan rumah temanku
terlihat sangat kotor. Warna airnya hitam pekat dan berminyak. Di pinggir kal,
tampak pula tumpukan sampah yang umnya berupa kantong plastik danot plastik
bekas. Kotoran-kotoran itu terlihat menghambat lajunya air mengalir atau membuat air tergenang. ….
Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut adalah …
A. Dari genangan air itu, tercium bau busuk yang menyengat
hidung.
B. Ini
kesalahan warga setempat yang membuang sampah sembarangan.
C. Kalau
dibiarkan tentunya banjir akan melanda wilayah itu di musim hujan.
D. Di
sinilahperlunya pengadaan petugas kebersihan yang senantiasa bertugas.
E. Dalam
hal ini, bila terjadi banjir, tiak ada yang dapat disalahkan.
42. Cermati
paragraf berikut!
Pusat perbelanjaan akan diserbu
oleh masyarakat di hari-hari menjelang Lebaran. Semua ingin tampil agak menarik dan cantik di hari Lebaran.
Mereka rela meluangkan waktu, tenaga, serta uang untuk mendapatkan busana dan
perlengkapan lain yang lebih
diinginkannya.
Frasa yang tepat untuk mengganti frasa bercetak miring
adalah ….
A. supaya
menarik, paling iinginkannya
B. amat
menaik akan diinginkannya
C. tetap
menarik, diinginkan sekali
D. lebih menarik, sangat diiinginkannya
E. sangat
menarik, sudah dinginkannya
43. Bacalah
paragraf berikut!
Perlu diketahui bahwa setiap saat
ada sel-sel hati yang rusak akibat kerja hati. Akan tetapi, organ hati
mempunyai kemampuan untuk menggenealisasi
sel-sel yang rusak. Jika kerusakan sel-sel hati terjadi lebih cepat, lambat laun funsi hati akan
menurun karena kekurangan sel yang baik.
Istilah yang tepat untuk menggantikan istilah yang
bercetak miring adalah ….
A. merediavi
B. meresentralisasi
C. merevisi
D. meregenerasi
E. mereduksi
44. Bacalah
paragraf berikut!
Tokoh kartun dianggap tidak dapat
dijadikan model yang baik untuk anak-anak, baik di Indonesia maupun di
negerinya sendiri. Banyak protes yang dilakukan melalui surat pembaca di
berbagai media cetak. Hal itu kebanyakan dilakukan oleh ibu-ibu. Mereka
menyatakan bahwa tokoh Shincan berkelakuan negatif yang teryata banyak diikuti
oleh anak-anak. ….
Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut adalah ….
A. Oleh
karena itu, tokoh kartun Shincan ditayangkan setiap hari.
B. Dengan
demikian, kartun Shincan layak dipermasalahkan.
C. Maka,
ibu-ibu arus tetap waspada dan menjaga ana-anaknya.
D. Jadi,
tokoh Shincan tidak baik bagi ana-anak di Indonesia maupun di Jepang.
E. Jadi,
tokoh kartun Shincan berdampak negatif pada perilaku anak-anak.
45. Bacalah
paragraf berikut!
Membaca buku yang berjudul budaya
komplain di kalangan masyarakat Indonesia membuat pembaca bertanya-tanya,
mengapa menghadapi komplain sebagai budaya? Bukankah selama ini kita tidak
mengharapkan adanya komplain?
Penulisan judul buku yang tepat adalah ….
A.
Budaya
Komplain Di Kalanangan Masyarakat Indonesia
B.
Budaya
komplain Di Kalanangan Masyarakat Indonesia
C.
Budaya Komplain di Kalanangan Masyarakat Indonesia
D.
Budaya
komplain di kalanangan Masyarakat Indonesia
E.
Budaya
Komplain di kalanangan masyarakat Indonesia
46. Cermati pantun
berikut!
Buah jambu tampak bulat
Manis rasanya bila dimakan
….
Bukalah telinga bukalah pikiran
Larik yang tepat untuk melengkapi isi pantun tersebut
adalah …
A. Tidaklah
berat dibawa perjalanan
B. Manakala
buah tidak dimakan ulat
C. Selama
masih ingin sehat
D. Bila
ibu bapak guru kasih ajaran
E. Bila ibu bapak beri nasihat
47. Cermati
kutipan berikut!
Ibu :
“Ayo,bangun, Nak. Nanti kamu kesiagan ke sekolah.”
Anak :
(menarik selimut menutup tubuh) “Sebentar, Bu.”
Ibu :
“E … Ini sudah pukul 06.30. Kamu masih harus mandi, sarapan.”
Anak :
“Lima menit lagi, Bu.”
Ibu :
“Nanti Ibu tinggal, kalau kamu tidak segera bangun.”
Anak :
“ … “ (sambil melompat bangkit dari
tempat tidur)
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan tersebut
adalah ….
A. Baik,
Bu aku segera.
B. Silakan,
tunggu Ibu!
C. Aku
tidak usah mandi saja!
D. Aku
pasti berangkat, Bu.
E. Ibu,
tolong izinkan saja, ya!
48. Bacalah
kutipan berikut!
Aku memberi selamat kepada kedua pengantin. Mereka
tersenyum kelihatan agak sungkan.
“Monggo, Den Yanto, silakan duduk.”
Aku tertarik pada seorang bocah patah di sebelah
Sumarni. Entah mengapa aku ingin menegurnya. Apa karena matanya mirip dengan
Sri?
“Sopo jenengmu, cah ayu?” tanyaku sambil menjawil
pipinya.
“Yanti …,” jawabnya dengan cukup keras.
(Perkawinan,
I Yudhi Sunarto)
Kalimat resensi (penilaian) yang menyatakan kelemahan
dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….
A. Cerpen
ini diminati oleh penggemar sastra Jawa karena banyak menggunakan kata-kata
berbahasa Jawa.
B. Cerpen
“Perkawinan” menceritakan seseorang
yang bertemu anak kecil di acara perkawinan.
C. Cerpen “Perkawinan”
menggunakan banyak kata berbahasa Jawa sehingga agak menganggu pembaca dalam
memahami cerita.
D. Para
pembaca sastra sangat menyukai kata-kata yang digunakan oleh pengarang untuk
mengungkapkan suatu cerita.
E. Cerita
ini kurang bagus untuk dibaca karena cerita membingungkan dan tidak jelas
maksudnya.
49. Cermati
kutipan novel beriku!
Maka yang kemudian menyusul teradi
adalah bahwa di ruang dalam rumah yang sama telah berkumpul beberapa orang tamu
berpakaian bagus-bagus. Mereka mengerubungi Chairi dan Hapsah di ruang tengah
ya sedang menyatakan ikrar akad nikah mereka di depan seorang peghulu.
Akad nikah itu kelihatan
diselenggarakan secara darurat dan tergesa-gesa. Beberapa opsir tentara dan
laskar-laskar pemuda berpakaian militer juga tampak hadir. Begitu acara akan
nikah selesai, Chairil segra tegak sambil berseru.
“Saya permisi sebentar!”
Kalimat kritik yang sesuai dengan kutipa novel
tersebut adalah ….
A. Dalam cerita terdapat pernyataan yang kontradiksi yaitu
“pesta darurat” dengan “pakaian tamu bagus-bagus.”
B. Peyajian
cerita dengan bahasa yang terlalu berbelit-belit menjadikan jalan ceritanya
kabur dan tidak jelas.
C. Cerita
mengugkapkan kisah seorang militer yang menikah di zaman suasi perang dengan
situasi yang mencekam.
D. Penggambaran
situasi perang dalam cerita sangat jelas dan detail sehingga terasa sangat
hidup.
E. Saat
terasa tidak wajar, penggambaran sebuah pesta dengan para tamu yang hadir
berpakaian milier.
50. Cermati
kutipan puisi pendek berikut!
Awan Hitam
Awan hitan datang arak-arakan
Membawa prahara membelantara
Mancabik, mengoyak, menyiksa
Ribuan jiwa anak bangsa.
(Batas Langit,
Farida Munawaroh)
Kalimat tanggapan (esai) yang sesuai dengan kutipan
puisi tersebut adalah ….
A. Puisi
ini cukup padat, singkat, sehingga sulit dimengerti isinya.
B. Penyair
sangat selektif menggunakan kata untuk menggambarkan bencana alam.
C. Kata
“ribuan jiwa anak” bangsa menggambarkan keseluruhan isi puisi.
D. Kata
“membelantara, arak-arakan” menunjukkan peristiwa yang terjadi di mana-mana.
E. Judul
puisi itu menyengatkan makna puisi.
Jawab
BalasHapusGk dikasih jwban
BalasHapus