Ulangan Harian Kelas XI



Ulangan I Semester 2
Bacalah teks berikut!
               Jika berbicara mengenai proses terjadinya tsunami, kita tentu harus memulai dari penyebabnya, yakni gempa di wilayah lautan. Tsunami selalu diawali dengan suatu pergerakan dahsyat yang lazim kita sebut gempa. Meskipun gempa memiliki beragam jenis, sebagian besar tsunami disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi yang letaknya ada di dalam wilayah lautan. Akan tetapi, dalam sejarah, ada juga tsunami yang disebabkan oleh letusan gunung, yakni Gunung Krakatau.
1.    Teks di atas disusun dengan pola ….
A.   generalisasi
B.   kronologis
C.   kausalitas
D.   spesialisasi
E.    komparasi
2.    konjungsi akan tetapi bermakna ….
A.   berbandingan
B.   kronologis
C.   temporal
D.   pertentangan
E.    pertautan
Bacalah teks berikut!
               1) Dengan tenaga yang besar dalam gelombang air tersebut, sangat wajar jika bangunan di daratan bisa tersapu dengan mudah. 2) Gelombang tsunami ini merambat dengan kecepatan yang tak terbayangkan. 3) Gelombang tersebut bisa mencapai 500 sampai 1000 kilogram per jam di lautan. 4) pada saat mencapai bibir pantai, kecepatannya berkurang menjadi 50 sampai 30 kilometer per jam. 5) Meskipun berkurang pesat, kecepatan tersebut sudah bisa menyebabkan kerusakan yang parah.
3.    Kalimat yang merupakan pendapat terdapat pada kalimat ….
A.   1 dan 2
B.   2 dan 3
C.   3 dan 4
D.   4 dan 5
E.    1 dan 5
4.    Kalimat pasif ditandai dengan nomor ….
A.   1
B.   2
C.   3
D.   4
E.    5
Baalah teks berikut!
Teks 1
               Bioteknologi berasal dari istilah Latin,yaitu bio (hidup), tekos (teknologi, penerapan) dan logos (ilmu). Bioteknologi kemudian diartikan sebagai ilmu terapan yang menerapkan prinsip-prinsip sains dan teknologi terhadap serangkaian proses dari bahan-bahan biolog yang menghasilkan barag dan jasa. Dewasa ini, perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari pada bioloi semata, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan mrni lain, seperti biokimia, komputer, biologi olekular, mikrobiologi, enetika, kimia, matematika, dan lain sebagainya. Dalam penerapan bioteknologi diperlukan kerja sama beberapa bidang ilmu, seperti bikimia, mikrobiologi, genetika sitologi, da sebaainya.
Teks 2
               Akhir-akhir ini istilah gempa bumi dan tsunami telah banyak terdengar. Sepanjang abad ke-20 dan ke-21, gempa telah bayak mengakibatkan kematian dan kerugian material yang sanga besar. Oleh karena itu, dikatakan bahwa tak pernah ada peristiwa-peristiwa alam lain dalam sejarah yang berpengaruh langsung pada manusia, selain gempa bumi. Bencana gempa bumi telah menjadi peristiwa yang sangat ditakuti. Bahkan, teknologi abad ke-20 dan ke-21 pun hanya mampu mencegah kerusakan akibat gempa dengan terbatas.
5.    Persamaan kedua teks di atas adalah ….
A.   sama-sama memaparkan perkembangan suatu istilah
B.   sama-sama membahas keberadaan suatu istilah
C.   sama-sama membahas definisi suatu istilah
D.   sama-sama menjelaskan perbandingan suatu istilah
E.    sama-sama menjelaskan asal-usul suatu istilah
Bacalah teks berikut untuk soal nomor 6 – 8 !
               Kabarnya, sejumlah peneliti telah menemukan bukti-bukti valid tentang keberadaan kapal Nuh tersebut. Melalui penelitian selama beratus-ratus tahun dan mengamati hasil foto satelit, salah satu situs yang dipercaya sebagai jejak peninggalan kapal tersebut terletak di Pegunungan Ararat, Turki, yang berdekatan dengan perbatasan Iran. Pemerintah Turki mengklaim 3500 tahun kemudian bangkai kapal tersebut ditemukan pada 11 Agustus 1979 di wilayahnya. Bahkan, situs ini telah dibuka untuk umum dan menjadi objek wisata. Kini, Gunung Sabalan di Iran, yang terletak 300 km dari situs pertama, juga tengan diselidiki.
               Berbagai cara pembuktian pun dilakukan. Seperti yang terlihat dalam foto-foto lansiran situs noahsark-naxuan.com, di lokasi itu tampak sebuah bentuk simetris raksasa seperti cekungan kapal. Diduga, tanah, debu, dan batuan vukanis yang memiliki usia berbeda-beda telah masuk ke kapal tersebut selama bertahun-tahun sehingga memadat dan membentuk sesuai bentuk kapal. Di sekitarnya ditemukan pula jangkar batu, reruntuhan bekas permukiman, dan ukiran dari batu.

B. Jawablah pertanyaan berikut ini!
1.      Tulisklah tiga kalimat pasif yang terdapat dalam teks di atas.
2.      Tulislah dua kalimat fakta.
3.      Tentukan makna istilah berikut!
a.      valid
b.      situs
c.      klaim
d.      vulkanis



Ulangan 2 Semester 2

KD.2 Membandingkan
1.        Cermati kedua teks berikut untuk soal nomor 7 dan 8!
Teks 1
Ada dua manfaat menabung. Pertama, dengan menabung kita dapat membeli barang yang kita inginkan menggunakan uang tabungan. Jadi, kita bisa lebih menghargai barang yang kita beli. Kedua, menabung juga bisa melatih berhemat. Dengan berhemat, kita akan terbiasa mengatur penggunaan uang.
Teks 2
Menabung memang hal yang penting. Menabung juga sangat bermanfaat. Dengan menabung kita dapat memiliki barang-barang yang kita butuhkan. Dengan menabung kita juga memiliki dana cadangan saat diperlukan. Sebaliknya, dengan menghamburkan uang, hidup kita jadi tidak terencana.

Persamaan kedua teks tersebut adalah ….
A.  Menguraikan pentingnya menanamkan sikap suka menabung sejak kecil.
B.   Menjelaskan tentang cara mengatur keuangan.
C.   Menjelaskan mengenai keuntungan hidup hemat.
D.  Membahas manfaat menabung.
E.   Menjelaskan akibat menghambur-hamburkan uang.
2.        Perbedaan pola penyajian teks soal nomor 1 adalah ….

Teks 1
Teks 2
A
diawali unsur kapan
diawali unsur siapa
B
diawali unsur apa
diawali unsur berapa
C
menggunakan konjungsi sebab-akibat
menggunakan konjungsi pertentangan
D
dikembangkan dengan pola deskripsi
dikembangkan dengan pola narasi
E
mengguakan bahasa lugas
menggunakan bahasa perumpamaan
3.    Cermati kedua teks berikut!
Teks 1
Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS). Banjir terjadi karena sebab alam dan tindakan manusia. Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang. Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, dan kerusakan bangunan pengendali banjir.
Teks 2
Jumlah air di alam ini tetap dan mengikuti suatu aliran yang dinamakan “siklus hidrologi”. Siklus hidrologi adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer melalui evaporasi, kondensasi, dan presipitasi. Akibat panas matahari, air di permukaan bumi berubah wujud menjadi gas/ uap dalam proses evaporasi. Evaporasi bisa terjadi melalui air (sungai, embung, reservoir, waduk, dan air laut) dan tanaman. Tanaman menyerap air melalui akar. Energi panas matahari menyebabkan air di dalam tanaman keluar dengan wujud uap. Proses pengambilan air oleh akar tanaman dan penguapan dari dalam tanaman disebut transpirasi.
Persamaan kedua teks di atas adalah …

A.  sama-sama membahas keberadaan suatu istilah
B.   sama-sama dikembangkan dengan pola kausalitas
C.   sama-sama dikembangkan dengan pola kronologis
D.  sama-sama menggunakan konjungsi temporal
E.   sama-sama menggunakan konjungsi pertentangan

4.    Apa yang dimaksud dengan siklus hidrologi?
A.  Jumlah air di alam ini.
B.   Aair di permukaan bumi yang berubah wujud menjadi gas/ uap dalam proses evaporasi.
C.   Energi panas matahari yang menyebabkan air di dalam tanaman keluar dengan wujud uap.
D.  Proses pengambilan air oleh akar tanaman dan penguapan dari dalam tanaman.
E.   Sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer melalui evaporasi, kondensasi, dan presipitasi.
5.    Cermati paragraf berikut!
Teks 1
Beberapa tahun belakangan ini, arus teknologi dan informasi berkembang dengan sangat cepat. Kita bisa dengan mudah mengakses beragam informasi yang kita perlukan melalui perangkat telepon genggam. Namun, ternyata ada sisi yang perlu kita cermati ketika mengakses informasi tersebut. Sekarang ini banyak sekali berita di media yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Oleh karena itu, hendaknya kita berusaha kritis terhadap berbagai berita. Kita juga perlu bijak dalam memilih informasi. Pilihlah informasi yang bena-benar bermanfaat bagi kehidupan kita.
Teks 2
       Bioteknologi berasal dari istilah Latin,yaitu bio (hidup), tekos (teknologi, penerapan) dan logos (ilmu). Bioteknologi kemudian diartikan sebagai ilmu terapan yang menerapkan prinsip-prinsip sains dan teknologi terhadap serangkaian proses dari bahan-bahan biolog yang menghasilkan barag dan jasa. Dewasa ini, perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari pada bioloi semata, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan mrni lain, seperti biokimia, komputer, biologi olekular, mikrobiologi, enetika, kimia, matematika, dan lain sebagainya. Dalam penerapan bioteknologi diperlukan kerja sama beberapa bidang ilmu, seperti bikimia, mikrobiologi, genetika sitologi, da sebaainya.
Perbedaan bahasa kedua teks di atas adalah ….
A.      Teks 1 menggunakan bahasa lugas, teks 2 menggunakan istilah-istilah.
B.      Teks 1 menggunakan bahasa baku, teks 2 menggunakan bahasa asing.
C.      Teks 1 membahas teknologi, teks 2 membahas biologi.
D.      Teks 1 menggunakan bahasa sehari-hari, teks 2 menggunakan bahasa ilmiah.
E.       Teks 1 menggunakan istilah biologi, teks 2 menggunakan istilah informasi.
KD. 3 Menulis
6.    Cermati kalimat berikut!
Tahap-tahap pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP)
1)       Serta membawa surat pemanggilan untuk untuk merekan pasphoto, Tanda Tangan, Sidik Jari, dan Iris.
2)       Antara lain, Warga Negara Indonesia (WNI).
3)       dan memiliki kartu keluarga.
4)       Selanjutnya warga harus datang sendiri ke kantor kecamatan setempat (tidak dapat diwakilkan).
5)       KTP elektronik (E-KTP) merupakan salah satu program pemerintah di bidang kependudukan.
6)       Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam proses pembuatan E – KTP tersebut.
Urutan kalimat tersebut agar menjadi paragraph eksposisi proses yang benar adalah ….

A.      5, 6, 2, 1, 3, dan 4
B.      5, 6, 2, 3, 4, dan 1
C.      5, 6, 3, 2, 1, dan 4
D.      6, 3, 2, 1, 4, dan 5
E.       6, 5, 3, 2, 4, dan 5

7.    Perhatikan paragraf berikut!
Prosedur membuat empek-empek palembang:
1)    Siapkan ikan abus giling 1 kg dan 0,5 kg ikan tenggiri giling, air bersih 3 gelas, sagu tani 3 kg, minyak sayur 3 sdm, garam 3 sdm, dan telur ayam 2 butir dkocok.
2)    Campurkan semua bahan, kecuali sagu, diaduk hingga terampur rata.
3)    Setelah rata, ambil seperempat adonan untuk dicampur dengan sagu, diulen tidak boleh terlalu diremas-remas, sampai adonan melembut.
4)    Adonan dibentuk memanjang +- 25 cm dengan diameter 5 cm.
5)    Adonan direbus saat air mendidih lalu angkatlah rebusan empek-empek jika telah mengembang dan tiriskan.
Kalimat deklaratif (berita) dalam teks tersebut adalah nomor ….

A.  1)
B.   2)
C.   3)
D.  4)
E.   5)

8.    Cermatilah kalimat rumpang berikut!
Tujuan pelatihan kecerdasan emosional ini … orang tua sadar terhadap emosi mereka sendiri dan dapat menggunakan kepekaan mereka … menyelaraskan diri secara tulus dengan perasaan anak mereka.
Kata penghubung antarklausa yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …

A.    demi, bagi
B.     bila, agar
C.     agar, untuk
D.    kalau, demi
E.     bahwa, yang

9.    Cermati kalimat berikut!
Langkah-langkah menyusun peta pikiran.
1)   Mula-mula tentuan temanya, misalnya tentang siklus air.
2)   Agar tidak terjadi kekeliruan, bacalah berbagai sumber tentang siklus air.
3)   Hubungkan kata-kata kunci itu dengan diberi nomor.
4)   Penomoran harus menggambarkan urutan siklus air.
5)   Bersamaan dengan itu, Anda bisa menambahkan kata-kata lainnya yang relevan.
6)   Tuliskan tema tersebut di tengah kertas dan lingkarilah.
7)   Petakan kata-kata kunci yang berkaitan dengan siklus air.
8)   Tuliskan kata-kata itu secara acak sebagai cabang dari siklus air.
Urutan yang benar langkah-langkah menyusun peta pikiran adalah ….

A.  1), 2), 3), 4), 5), 6), 7), 8)
B.   1), 3), 4), 5), 2), 6), 8), 7)
C.   1), 4), 6), 8), 3), 2), 7), 5)
D.  1), 3), 8), 7), 2), 4), 6), 5)
E.   1), 6), 2), 7), 8), 3) 4), 5)

10. Cermati paragraf berikut!
Sanitasi berfungsi mencegah manusia bersentuhan dengan kotoran. Sanitasi meliputi penyediaan air, pengelolaan limbah, pengelolaan sampah, sanitasi makanan, dan pencemaran udara. Ketidakoptimalan sanitasi ditandai dengan tingginya jumlah warga yang terjangkit penyakit menular. …
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
A.      Ketidakoptimalan sanitasi juga berpengaruh terhadap kesehatan binatang ternak yang dipelihara warga.
B.      Pembangunan sanitasi yang baik membutuhkan bantuan dana dari pemerintah setempat.
C.      Masyarakat ikut bertanggung jawab dalam merawat sanitasi yang ada di lingkungannya.
D.      Berdasarkan penjelasan tersebut, sanitasi merupakan faktor penting penentu kesehatan masyarakat.
E.       Penyakit menular tersebut harus segera ditangani agar penderitanya tidak bertambah banyak.

KD. 4 Mengevaluasi
11. Cermati paragraf berikut!
Berbuka puasa merupakan hal yang sangat dinantikan bagi mereka yang melaksanakan ibadah puasa.  Terlebih bagi anak-anak karena yang baru belajar berpuasa. Makanan yang disajikan di meja makan sangat menggugah selera, namun ditambah dengan aneka makanan dan minuman khas Ramadhan yang bervariasi. Dan pada akhirnya, tidak semua makanan mampu dihabiskan saat berbuka puasa.
Perbaikan kata penghubung yang tercetak miring pada paragraph tersebut adalah …

A.    serta, apalagi, meskipun
B.     dan, sehingga, tetapi
C.     dan, apalagi, namun
D.    atau, jika, malahan
E.     sebab, tetapi, walaupun

12.     Bacalah kutipan berikut!
Pada dasarnya ada dua jenis kritik sastra, yakni kritik sastra intrinsik dan kritik sastra extrinsik. Kritik sastra intrinsik menganalisa karya karya berdasarkan bentuk dan gayanya secara komplek.
Penulisan kata serapan dalam kutipan di atas tidak sesuai denga EYD. Perbaikan penulisan kata serapan yang sesuai EYD adalah ….

A.    ekstrinsik, menganalisa, kompleks
B.     ektrinsik, menganalisis komplek
C.     ekstrinsik, analisis, komplek
D.    ekstrinsik, menganalisis, kompleks
E.     ekstrinsik, menganalisis, komplek

13. Bacalah latar belakang karya tulis berikut ini dengan cermat!
Manusia mengelola hutan untuk kelangsungan hidupnya. Akan tetapi, mereka terlalu serakah dan tidak menyadari akibat tindakannya. Semaunya hutan mereka perlakukan hingga rusaknya hutan itu sendiri. Hutan yang rusak tidak dapat berfungsi secara optimal. Apabila datang hujan, akan terjadi tanah longsor dan banjir.
Perbaikan kalimat tidak efektif ( bercetak  tebal ) menjadi kalimat yang efektif dalam penggalan karya tulis tersebut adalah…
A.  Perlakuan manusia terhadap hutan
B.   Rusak hutan itu atas perlakuan manusia.
C.   Mereka merusak hutan sesuka hatinya.
D.  Mereka mementingkan diri sendiri sehingga hutan rusak.
E.   Hutan rusak karena manusia itu memperlakukan semaunya.
14.Cermati paragraf berikut!
1) Bakat tidak selamanya dapat membuat aktivitas tulis-menulis menjadi mudah dan lancar. 2) Berulang kali para pakar mengatakan bahwa menulis merupakan pelajaran dasar yang sudah kita dapatkan semenjak duduk di bangku sekolah dasar. 3) Sering kali ketika kita hendak menuangkan ide-ide dalam bentuk tulisan, sesuatu yang bernama “bakat” selalu menjadi semacam “kambing hitam”. 4) Menulis membuat orang sering berkhayal. 5) Dengan demikian, aktivitas menulis seringkali dikaitkan dengan bakat seseorang.
Kalimat tidak padu  terdapat  pada kalimat nomor ….

A.  1)
B.   2)
C.   3)
D.  4)
E.   5)

15. Cermati paragraf berikut!
     1)Bahasa Indonesia yang digunakan sekarang berasal dari bahasa Melayu. 2)Bahasa tersebut sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (lingua franca) atau bahasa pergaulan. 3)Tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara. 4)Hal ini diperkuat dengan ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu.
Ide pokok paragraf di atas adalah ….

A.  Bahasa Melayu berasal dari bahasa Indonesia
B.   Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu
C.   Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa perantara
D.  Bahasa Melayu digunakan di seluruh Asia Tenggara
E.   Prasasti-prasasti kuno menggunakan bahasa Melayu

16.Tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara.
Kalimat di atas menggunakan konjungsi …

A.      koordinatif
B.      subordinatif
C.      korelatif
D.      antarkalimat
E.       antarparagraf

17.Pernyataan berikut yang menunjukan sikap santun dalam berdiskusi adalah ….
A.    Harusnya kita bisa menelusuri peyebab timbulnya kerawanan sosial di lingkungan masyarakat kita.
B.     Maaf, saya kurang sependapat dengan pernyataan dalam teks yang telah Saudara bacakan tadi. Saya kira, fakta-fakta yang dikemukanan sangat meragukan.
C.     Kita jangan hanya memerhatikan pendapat yang dinyatakan dalam teks itu, tetapi kita pun harus memahami pendapat-pendapat yang berkembang di masyarakat.
D.    Pendapat itu salah, tidak objektif. Oleh karena itu, harus ada pembanding sehingga kita bisa menentukan sikan secara adil dan tidak memihak.
E.     Kita harus mendukung pendapat bahwa timbulnya kriminalitas di lingkungan remaja itu merupakan dampak dari gaya hidup masyarakat yang materialistis dan mementingkan diri sendiri.
18. Pertemuan para wakil organisasi untuk mengambi keputusan mengenai suau masalah yang dihadapi bersama disebut …

A.               lokakarya
B.     seminar
C.     simposium
D.    muktamar
E.     santiaji

19. Pertemuan yang diselenggarakan untuk memberikan pengarahan singkat menjelang pelaksanaan kegiatan disebut …

A.               lokakarya
B.     seminar
C.     simposium
D.    muktamar
E.     santiaji

20. Berikut ini yang bukan pelaksana diskusi adalah ….

A.    guru
B.     moderator
C.     notulis
D.    pemakalah
E.     peserta



 
Ulangan 3 Semester 2
Bacalah teks berikut!
            Maaf, ya, aku tidak akan lagi mennto film semacam itu. Hanya buang-buang waktu saja. Ternyata, fim tu hanya konyol-konyolan belaka. Alurnya mudah ditebak. Pasti toko utaanya itu mati tertabrak mobil. Anaknya diadopsi orag lain. Setelah itu mejadi kaya, lalu menjadi bos kaya dan kawin dengan perempuan cantik. Semuanya mudah ditebak. Menonton film semacam itu hanya buang-buang waku. Tidak ada pula pelajaran hidu yang dapat kita petik di dalamnya. Hanya menawarkan kemewahan yang aku kira sulit ditemukan di dunia nyata, kecuali di negeridogeng.
1.       Hal yang tidak menandai ulasan tersebut berbentuk lisan adalah ….

A.  sistematis
B.  subjektif
C.  spontan
D.  bersifat santai
E.   kalimatnya pendek-pendek

2.       Kata yang tidak baku dalam cuplikan di atas adalah ….

A.  lalu
B.  ditebak
C.  aku
D.  hanya
E.   dongeng

3.       Kalimat berikut yang mengungkapkan suatu tafsiran adalah ….

A.  Alurnya mudah ditebak.
B.  Menontonnya hanya buang-buang waktu saja.
C.  Tidak ada pelajaran hidup di dalamnya.
D.  Karakter tokohnya muah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
E.   Film itu menggambarkan suatu kekonyolan.

4.       Berikut ini yang bukan bagian dai struktur ulasan adalah ….

A.  identitas film/drama
B.  apresiator kritikus
C.  sinopsis
D.  analisis
E.   pentup

5.       Berikut ini yang bukan termasuk identitas film adalah ….

A.  judul
B.  penulis naskah
C.  sutradara
D.  tata busana
E.   stasiun penyiaran

Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
            Sinetron tadi malam begitu berkesan, saya sungguh terharu melihatnya. Seolah-olah ceritanya itu mengulangi kehidupan saya ketika kecil. Ketika itu, saya pun mengalami masa-masa sulit bersama ibu dan ayah saya. Seolah-olah sinetron tersebut membawa saya kembali ke masa-masa kebersamaan saya dengan mereka.

Teks 2
            Maaf, ya, aku tidak akan lagi mennto film semacam itu. Hanya buang-buang waktu saja. Ternyata, fim tu hanya konyol-konyolan belaka. Alurnya mudah ditebak. Pasti toko utaanya itu mati tertabrak mobil. Anaknya diadopsi orag lain. Setelah itu mejadi kaya, lalu menjadi bos kaya dan kawin dengan perempuan cantik. Semuanya mudah ditebak. Menonton film semacam itu hanya buang-buang waku. Tidak ada pula pelajaran hidu yang dapat kita petik di dalamnya. Hanya menawarkan kemewahan yang aku kira sulit ditemukan di dunia nyata, kecuali di negeridogeng.
6.       Aspek yang membedakan kedua teks tersebut adalah …
A.  Teks 1 menyoroti unsur alur, teks 2 menyoroti aspek penokohan.
B.  Teks 1 mengemukaan keunggulan, teks 2 mengemukakan kelemahan.
C.  Teks 1 menyertakan unsur sinopsis,  teks 2 mengemukakan kesimpulan.
D.  Teks 1 berdasarkan pendapat pribadi, teks 2 berdasarkan sudut pandang ahli.
E.   Teks 1 mengemukakan identitas, teks 2 mengemukakan sinopsis.
Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
            Ketika Habibie tak mencalonkan diri sebagai presiden di pemilu berikutnya, ia pun kembali ke Jerman bersama dengan Ainun. Di sana, mereka hidup lebih tenang dan damai  Akan tetapi, ketenangan dan kedamaian itu tak bertahan lama. Ainun yang divonis menderita kanker ovarium stadium empat terpaksa harus dirawat di rumah sakit dan menjalankan operasi berkali-kali. Selama sakit, Habibie dengan setia merawat Ainun dan menjaganya sampai Ainun menutup mata untuk selama-lamanya.

Teks 2
            Di kota itu, Soekarno istirahat sejenak dari politik. Hatinya tertambat pada gadis muda bernama Fatmawati. Padahal, saat itu Soekarno masih menjadi suami Inggit Garnasih; perempuan yang lebih tua dari Soekarno, yang selalu menjadi perisai baginya tatkala di penjara dan dibuang. Inggit harus rela melihat sang suami tercinta jatuh cinta dengan gadis lain. Di tengah kemelut rumah tangganya, Jepang datang memulai peperangan Asia Timur Raya. Hasrat politiknya kembali menguat.
7.       Kesamaan kedua teks di atas adalah ….

A.   Kedua teks tersebut menyatakan sinopsis film.
B.   Kedua teks tersebut menyatakan keunggulan cerita.
C.   Kedua teks tersebut menyoroti aspek penokohan dan latar
D.   Kedua teks tersebut menunjukkan daya tarik film.
E.   Kedua teks tersebut menjelaskan unsur tema.

8.       Perbedaan kedua teks tersebut adalah ….
A.  Teks 1 menceritakan keharmonisan tokoh utama, teks 2 menceritakan kegiatan politik tokoh.
B.  Teks 1 menceritakan persoalan politik, teks 2 menceritakan keamanan negara.
C.  Teks 1 menceritakan kesehatan tokoh utama, teks 2 menceritakan perjuangan tokoh.
D.  Teks 1 menceritakan keadaan keluarga tokoh, teks 2 menceritakan kehidupan asmara tokoh.
E.   Teks 1 menceritakan kehidupan asmara tokoh, teks 2 menceritakan ketidak harmonisan keluarga.
Bacalah kedua teks!
Teks 1
            Ketegaran, kerja keras, dan keindahan tempat khas Korea juga sangat menonjol dalam serial ini. Kisah yang indah dan dipadu dengan pemandangan alam yang indah menambah nilai lebih serial ini. Tidak heran jika teman saya tidak bosan menonton serial ini berkali-kali. Lagu dalam serial drama ini juga bagus. Musik dan liriknya indah. Aktor dan aktrisnya pun berpenampilan menarik. Drama ini memiliki kriteria lengkap untuk menjadi serial drama favorit.

Teks 2
            Sama halnya dengan “Laskar Pelangi”, “Sang Pemimpi” memiliki hasrat yang sangat tinggi dalam menyampaikan pesan. Di awal cerita, sang Sutradara, Riri Riza mengajak penonton “berdiskusi” tentang toleransi beragama. Kemudian, menasihati penonton untuk tetap peduli terhadap kesusahan orang lain. Ia juga memaparkan seni menyanyi Melayu yang sangat eksotis, serta potret usia 17 tahun yang menuntut untuk mencoba segala hal. Namun, pesan terbesar dari film ini adalah penghargaan terhadap ayah. Anda akan sadar bahwa ayah Anda, yang mungkin kolot dan sering membuat Anda kesal, adalah ayah juara satu di dunia.
9.       Perbedaan kedua teks tersebut adalah ….
A.      Teks 1 objek yang dibahas berupa drama, teks 2 objek yang dibahas berupa film.
B.      Teks 1 menyoroti alur ceita, teks 2 menyoroti tema cerita.
C.      Teks 1 membahas pesan moral, teks 2 membahas kualitas film.
D.      Teks 1 mengemukakan watak tokoh, teks 2 mengemuakan sinopsis.
E.      Teks 1 mengemukakan kelemahan, teks 2 mengemukakan keunggulan.
10.    Persamaan kedua teks di atas adalah ….
A.  Kedua teks tersebut menyatakan sinopsis film.
B.   Kedua teks tersebut menyatakan kelemahan.
C.   Kedua teks tersebut menyoroti aspek penokohan dan latar.
D.  Kedua teks tersebut menjelaskan unsur tema.
E.   Kedua teks tersebut menunjukkan daya tarik dan kualitas film/drama.
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
11.    Apa yang dimaksud dengan ulasan?
12.    Tulislah bagian-bagian struktur dan kaidah ulasan!
13.    Tulislah ciri-ciri ulasan berbentuk lisan!
14.    Setiap ulasan dapat berbeda meskipun membahas karya yang sama. Apa penyebab keragaman tersebut?


  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UH TEKS EDITORIAL 2019

SOAL TO DETIK-DETIK 2016 DG PEMBAHASAN

Soal UM Tahun 2017