Ulangan Harian Kelas XI
Ulangan I Semester 2
Bacalah teks berikut!
Jika
berbicara mengenai proses terjadinya tsunami, kita tentu harus memulai dari
penyebabnya, yakni gempa di wilayah lautan. Tsunami selalu diawali dengan suatu
pergerakan dahsyat yang lazim kita sebut gempa. Meskipun gempa memiliki beragam
jenis, sebagian besar tsunami disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi yang
letaknya ada di dalam wilayah lautan. Akan tetapi, dalam sejarah, ada juga
tsunami yang disebabkan oleh letusan gunung, yakni Gunung Krakatau.
1. Teks
di atas disusun dengan pola ….
A. generalisasi
B. kronologis
C. kausalitas
D. spesialisasi
E. komparasi
2. konjungsi
akan tetapi bermakna ….
A. berbandingan
B. kronologis
C. temporal
D. pertentangan
E. pertautan
Bacalah teks berikut!
1)
Dengan tenaga yang besar dalam gelombang air tersebut, sangat wajar jika
bangunan di daratan bisa tersapu dengan mudah. 2) Gelombang tsunami ini
merambat dengan kecepatan yang tak terbayangkan. 3) Gelombang tersebut bisa
mencapai 500 sampai 1000 kilogram per jam di lautan. 4) pada saat mencapai
bibir pantai, kecepatannya berkurang menjadi 50 sampai 30 kilometer per jam. 5)
Meskipun berkurang pesat, kecepatan tersebut sudah bisa menyebabkan kerusakan
yang parah.
3. Kalimat
yang merupakan pendapat terdapat pada kalimat ….
A. 1
dan 2
B. 2
dan 3
C. 3
dan 4
D. 4
dan 5
E. 1 dan 5
4. Kalimat
pasif ditandai dengan nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
Baalah teks berikut!
Teks 1
Bioteknologi
berasal dari istilah Latin,yaitu bio (hidup), tekos (teknologi, penerapan) dan
logos (ilmu). Bioteknologi kemudian diartikan sebagai ilmu terapan yang
menerapkan prinsip-prinsip sains dan teknologi terhadap serangkaian proses dari
bahan-bahan biolog yang menghasilkan barag dan jasa. Dewasa ini, perkembangan
bioteknologi tidak hanya didasari pada bioloi semata, tetapi juga pada
ilmu-ilmu terapan dan mrni lain, seperti biokimia, komputer, biologi olekular,
mikrobiologi, enetika, kimia, matematika, dan lain sebagainya. Dalam penerapan
bioteknologi diperlukan kerja sama beberapa bidang ilmu, seperti bikimia,
mikrobiologi, genetika sitologi, da sebaainya.
Teks 2
Akhir-akhir
ini istilah gempa bumi dan tsunami telah banyak terdengar. Sepanjang abad ke-20
dan ke-21, gempa telah bayak mengakibatkan kematian dan kerugian material yang
sanga besar. Oleh karena itu, dikatakan bahwa tak pernah ada
peristiwa-peristiwa alam lain dalam sejarah yang berpengaruh langsung pada
manusia, selain gempa bumi. Bencana gempa bumi telah menjadi peristiwa yang
sangat ditakuti. Bahkan, teknologi abad ke-20 dan ke-21 pun hanya mampu
mencegah kerusakan akibat gempa dengan terbatas.
5. Persamaan
kedua teks di atas adalah ….
A. sama-sama memaparkan perkembangan suatu istilah
B. sama-sama
membahas keberadaan suatu istilah
C. sama-sama
membahas definisi suatu istilah
D. sama-sama
menjelaskan perbandingan suatu istilah
E. sama-sama
menjelaskan asal-usul suatu istilah
Bacalah teks berikut untuk soal nomor 6 – 8 !
Kabarnya,
sejumlah peneliti telah menemukan bukti-bukti valid tentang keberadaan kapal
Nuh tersebut. Melalui penelitian selama beratus-ratus tahun dan mengamati hasil
foto satelit, salah satu situs yang dipercaya sebagai jejak peninggalan kapal tersebut
terletak di Pegunungan Ararat, Turki, yang berdekatan dengan perbatasan Iran.
Pemerintah Turki mengklaim 3500 tahun kemudian bangkai kapal tersebut ditemukan
pada 11 Agustus 1979 di wilayahnya. Bahkan, situs ini telah dibuka untuk umum
dan menjadi objek wisata. Kini, Gunung Sabalan di Iran, yang terletak 300 km
dari situs pertama, juga tengan diselidiki.
Berbagai
cara pembuktian pun dilakukan. Seperti yang terlihat dalam foto-foto lansiran
situs noahsark-naxuan.com, di lokasi itu tampak sebuah bentuk simetris raksasa
seperti cekungan kapal. Diduga, tanah, debu, dan batuan vukanis yang memiliki
usia berbeda-beda telah masuk ke kapal tersebut selama bertahun-tahun sehingga
memadat dan membentuk sesuai bentuk kapal. Di sekitarnya ditemukan pula jangkar
batu, reruntuhan bekas permukiman, dan ukiran dari batu.
B. Jawablah pertanyaan berikut ini!
1.
Tulisklah tiga kalimat pasif yang terdapat dalam
teks di atas.
2.
Tulislah dua kalimat fakta.
3.
Tentukan makna istilah berikut!
a. valid
b. situs
c. klaim
d. vulkanis
Ulangan 2 Semester 2
KD.2
Membandingkan
1.
Cermati kedua teks berikut untuk soal nomor 7 dan 8!
Teks 1
Ada dua
manfaat menabung. Pertama, dengan menabung kita dapat membeli barang yang
kita inginkan menggunakan uang tabungan. Jadi, kita bisa lebih menghargai
barang yang kita beli. Kedua, menabung juga bisa melatih berhemat. Dengan
berhemat, kita akan terbiasa mengatur penggunaan uang.
|
Teks 2
Menabung
memang hal yang penting. Menabung juga sangat bermanfaat. Dengan menabung
kita dapat memiliki barang-barang yang kita butuhkan. Dengan menabung kita
juga memiliki dana cadangan saat diperlukan. Sebaliknya, dengan menghamburkan
uang, hidup kita jadi tidak terencana.
|
Persamaan kedua teks tersebut adalah ….
A. Menguraikan
pentingnya menanamkan sikap suka menabung sejak kecil.
B. Menjelaskan
tentang cara mengatur keuangan.
C. Menjelaskan
mengenai keuntungan hidup hemat.
D. Membahas
manfaat menabung.
E. Menjelaskan
akibat menghambur-hamburkan uang.
2.
Perbedaan pola penyajian teks soal nomor 1 adalah ….
|
Teks 1
|
Teks 2
|
A
|
diawali
unsur kapan
|
diawali
unsur siapa
|
B
|
diawali
unsur apa
|
diawali
unsur berapa
|
C
|
menggunakan konjungsi sebab-akibat
|
menggunakan konjungsi pertentangan
|
D
|
dikembangkan
dengan pola deskripsi
|
dikembangkan
dengan pola narasi
|
E
|
mengguakan
bahasa lugas
|
menggunakan
bahasa perumpamaan
|
3.
Cermati
kedua teks berikut!
Teks 1
Banjir adalah
fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan
durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS). Banjir terjadi karena sebab alam
dan tindakan manusia. Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah
hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan,
dan pengaruh air pasang. Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah
perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di
sepanjang sungai, dan kerusakan bangunan pengendali banjir.
Teks 2
Jumlah air di alam
ini tetap dan mengikuti suatu aliran yang dinamakan “siklus hidrologi”. Siklus
hidrologi adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi
dan kembali ke atmosfer melalui evaporasi, kondensasi, dan presipitasi. Akibat
panas matahari, air di permukaan bumi berubah wujud menjadi gas/ uap dalam
proses evaporasi. Evaporasi bisa terjadi melalui air (sungai, embung, reservoir,
waduk, dan air laut) dan tanaman. Tanaman menyerap air melalui akar. Energi
panas matahari menyebabkan air di dalam tanaman keluar dengan wujud uap. Proses
pengambilan air oleh akar tanaman dan penguapan dari dalam tanaman disebut
transpirasi.
Persamaan kedua teks di atas adalah …
A.
sama-sama
membahas keberadaan suatu istilah
B. sama-sama
dikembangkan dengan pola kausalitas
C.
sama-sama
dikembangkan dengan pola kronologis
D.
sama-sama
menggunakan konjungsi temporal
E.
sama-sama
menggunakan konjungsi pertentangan
4.
Apa
yang dimaksud dengan siklus hidrologi?
A.
Jumlah air di alam ini.
B.
Aair di permukaan bumi yang berubah wujud menjadi gas/ uap dalam
proses evaporasi.
C.
Energi panas matahari yang menyebabkan air di dalam tanaman keluar
dengan wujud uap.
D.
Proses pengambilan air oleh akar tanaman dan penguapan dari dalam
tanaman.
E. Sirkulasi
air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer
melalui evaporasi, kondensasi, dan presipitasi.
5.
Cermati
paragraf berikut!
Teks 1
Beberapa tahun belakangan ini,
arus teknologi dan informasi berkembang dengan sangat cepat. Kita bisa dengan
mudah mengakses beragam informasi yang kita perlukan melalui perangkat telepon
genggam. Namun, ternyata ada sisi yang perlu kita cermati ketika mengakses
informasi tersebut. Sekarang ini banyak sekali berita di media yang tidak dapat
dipertanggungjawabkan kebenarannya. Oleh karena itu, hendaknya kita berusaha
kritis terhadap berbagai berita. Kita juga perlu bijak dalam memilih informasi.
Pilihlah informasi yang bena-benar bermanfaat bagi kehidupan kita.
Teks 2
Bioteknologi
berasal dari istilah Latin,yaitu bio (hidup), tekos (teknologi, penerapan) dan
logos (ilmu). Bioteknologi kemudian diartikan sebagai ilmu terapan yang
menerapkan prinsip-prinsip sains dan teknologi terhadap serangkaian proses dari
bahan-bahan biolog yang menghasilkan barag dan jasa. Dewasa ini, perkembangan
bioteknologi tidak hanya didasari pada bioloi semata, tetapi juga pada
ilmu-ilmu terapan dan mrni lain, seperti biokimia, komputer, biologi olekular,
mikrobiologi, enetika, kimia, matematika, dan lain sebagainya. Dalam penerapan
bioteknologi diperlukan kerja sama beberapa bidang ilmu, seperti bikimia,
mikrobiologi, genetika sitologi, da sebaainya.
Perbedaan bahasa kedua teks di atas adalah ….
A. Teks 1 menggunakan
bahasa lugas, teks 2 menggunakan istilah-istilah.
B.
Teks
1 menggunakan bahasa baku, teks 2 menggunakan bahasa asing.
C.
Teks
1 membahas teknologi, teks 2 membahas biologi.
D.
Teks
1 menggunakan bahasa sehari-hari, teks 2 menggunakan bahasa ilmiah.
E.
Teks
1 menggunakan istilah biologi, teks 2 menggunakan istilah informasi.
KD. 3 Menulis
6.
Cermati
kalimat berikut!
Tahap-tahap pembuatan Kartu Tanda Penduduk
Elektronik (E-KTP)
1)
Serta
membawa surat pemanggilan untuk untuk merekan pasphoto, Tanda Tangan, Sidik
Jari, dan Iris.
2)
Antara
lain, Warga Negara Indonesia (WNI).
3)
dan
memiliki kartu keluarga.
4)
Selanjutnya
warga harus datang sendiri ke kantor kecamatan setempat (tidak dapat
diwakilkan).
5)
KTP
elektronik (E-KTP) merupakan salah satu program pemerintah di bidang
kependudukan.
6)
Ada
beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam proses pembuatan E – KTP
tersebut.
Urutan kalimat tersebut agar menjadi paragraph
eksposisi proses yang benar adalah ….
A.
5,
6, 2, 1, 3, dan 4
B. 5, 6, 2, 3,
4, dan 1
C.
5,
6, 3, 2, 1, dan 4
D.
6,
3, 2, 1, 4, dan 5
E.
6,
5, 3, 2, 4, dan 5
7.
Perhatikan
paragraf berikut!
Prosedur membuat empek-empek palembang:
1)
Siapkan
ikan abus giling 1 kg dan 0,5 kg ikan tenggiri giling, air bersih 3 gelas, sagu
tani 3 kg, minyak sayur 3 sdm, garam 3 sdm, dan telur ayam 2 butir dkocok.
2)
Campurkan
semua bahan, kecuali sagu, diaduk hingga terampur rata.
3)
Setelah
rata, ambil seperempat adonan untuk dicampur dengan sagu, diulen tidak boleh
terlalu diremas-remas, sampai adonan melembut.
4)
Adonan
dibentuk memanjang +- 25 cm dengan diameter 5 cm.
5)
Adonan
direbus saat air mendidih lalu angkatlah rebusan empek-empek jika telah
mengembang dan tiriskan.
Kalimat deklaratif (berita) dalam teks tersebut
adalah nomor ….
A.
1)
B.
2)
C.
3)
D. 4)
E.
5)
8.
Cermatilah
kalimat rumpang berikut!
Tujuan pelatihan kecerdasan
emosional ini … orang tua sadar terhadap emosi mereka sendiri dan dapat
menggunakan kepekaan mereka … menyelaraskan diri secara tulus dengan perasaan
anak mereka.
Kata penghubung antarklausa yang tepat untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah …
A.
demi,
bagi
B.
bila,
agar
C.
agar, untuk
D.
kalau,
demi
E.
bahwa,
yang
9.
Cermati
kalimat berikut!
Langkah-langkah menyusun peta pikiran.
1)
Mula-mula
tentuan temanya, misalnya tentang siklus air.
2)
Agar
tidak terjadi kekeliruan, bacalah berbagai sumber tentang siklus air.
3)
Hubungkan
kata-kata kunci itu dengan diberi nomor.
4)
Penomoran
harus menggambarkan urutan siklus air.
5)
Bersamaan
dengan itu, Anda bisa menambahkan kata-kata lainnya yang relevan.
6)
Tuliskan
tema tersebut di tengah kertas dan lingkarilah.
7)
Petakan
kata-kata kunci yang berkaitan dengan siklus air.
8)
Tuliskan
kata-kata itu secara acak sebagai cabang dari siklus air.
Urutan yang benar langkah-langkah menyusun peta
pikiran adalah ….
A.
1),
2), 3), 4), 5), 6), 7), 8)
B.
1),
3), 4), 5), 2), 6), 8), 7)
C.
1),
4), 6), 8), 3), 2), 7), 5)
D.
1),
3), 8), 7), 2), 4), 6), 5)
E. 1), 6), 2),
7), 8), 3) 4), 5)
10.
Cermati
paragraf berikut!
Sanitasi berfungsi mencegah
manusia bersentuhan dengan kotoran. Sanitasi meliputi penyediaan air,
pengelolaan limbah, pengelolaan sampah, sanitasi makanan, dan pencemaran udara.
Ketidakoptimalan sanitasi ditandai dengan tingginya jumlah warga yang
terjangkit penyakit menular. …
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas
adalah …
A.
Ketidakoptimalan
sanitasi juga berpengaruh terhadap kesehatan binatang ternak yang dipelihara
warga.
B.
Pembangunan
sanitasi yang baik membutuhkan bantuan dana dari pemerintah setempat.
C.
Masyarakat
ikut bertanggung jawab dalam merawat sanitasi yang ada di lingkungannya.
D. Berdasarkan
penjelasan tersebut, sanitasi merupakan faktor penting penentu kesehatan
masyarakat.
E.
Penyakit
menular tersebut harus segera ditangani agar penderitanya tidak bertambah
banyak.
KD. 4 Mengevaluasi
11.
Cermati
paragraf berikut!
Berbuka puasa merupakan hal yang
sangat dinantikan bagi mereka yang melaksanakan ibadah puasa. Terlebih bagi anak-anak karena yang baru belajar berpuasa. Makanan yang disajikan di meja
makan sangat menggugah selera, namun
ditambah dengan aneka makanan dan minuman khas Ramadhan yang bervariasi. Dan pada akhirnya, tidak semua makanan
mampu dihabiskan saat berbuka puasa.
Perbaikan kata
penghubung yang tercetak miring pada paragraph tersebut adalah …
A.
serta, apalagi, meskipun
B.
dan,
sehingga, tetapi
C.
dan, apalagi, namun
D.
atau,
jika, malahan
E.
sebab,
tetapi, walaupun
12.
Bacalah
kutipan berikut!
Pada dasarnya ada dua jenis
kritik sastra, yakni kritik sastra intrinsik dan kritik sastra extrinsik. Kritik sastra intrinsik menganalisa karya karya berdasarkan
bentuk dan gayanya secara komplek.
Penulisan kata serapan dalam kutipan di atas tidak
sesuai denga EYD. Perbaikan penulisan kata serapan yang sesuai EYD adalah ….
A.
ekstrinsik,
menganalisa, kompleks
B.
ektrinsik,
menganalisis komplek
C.
ekstrinsik,
analisis, komplek
D.
ekstrinsik, menganalisis, kompleks
E.
ekstrinsik,
menganalisis, komplek
13. Bacalah latar belakang karya tulis berikut ini dengan cermat!
Manusia mengelola hutan untuk kelangsungan hidupnya. Akan
tetapi, mereka terlalu serakah dan tidak
menyadari akibat tindakannya. Semaunya
hutan mereka perlakukan hingga rusaknya hutan itu sendiri. Hutan yang rusak
tidak dapat berfungsi secara optimal. Apabila datang hujan, akan terjadi tanah longsor dan banjir.
Perbaikan kalimat tidak efektif ( bercetak tebal ) menjadi
kalimat yang efektif dalam penggalan karya tulis tersebut adalah…
A. Perlakuan
manusia terhadap hutan
B. Rusak
hutan itu atas perlakuan manusia.
C. Mereka merusak hutan sesuka hatinya.
D. Mereka
mementingkan diri sendiri sehingga hutan rusak.
E. Hutan
rusak karena manusia itu memperlakukan semaunya.
14.Cermati
paragraf berikut!
1) Bakat tidak selamanya dapat
membuat aktivitas tulis-menulis menjadi mudah dan lancar. 2) Berulang kali para
pakar mengatakan bahwa menulis merupakan pelajaran dasar yang sudah kita
dapatkan semenjak duduk di bangku sekolah dasar. 3) Sering kali ketika kita
hendak menuangkan ide-ide dalam bentuk tulisan, sesuatu yang bernama “bakat”
selalu menjadi semacam “kambing hitam”. 4) Menulis membuat orang sering
berkhayal. 5) Dengan demikian, aktivitas menulis seringkali dikaitkan dengan
bakat seseorang.
Kalimat tidak padu
terdapat pada kalimat nomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)
15.
Cermati paragraf berikut!
1)Bahasa
Indonesia yang digunakan sekarang berasal dari bahasa Melayu. 2)Bahasa tersebut
sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (lingua franca) atau bahasa
pergaulan. 3)Tidak hanya digunakan di
kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan
hampir di seluruh Asia Tenggara. 4)Hal ini diperkuat dengan ditemukannya
prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu.
Ide pokok paragraf di atas adalah ….
A. Bahasa
Melayu berasal dari bahasa Indonesia
B. Bahasa
Indonesia berasal dari bahasa Melayu
C. Bahasa
Indonesia digunakan sebagai bahasa perantara
D. Bahasa
Melayu digunakan di seluruh Asia Tenggara
E. Prasasti-prasasti
kuno menggunakan bahasa Melayu
16.Tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara,
tetapi juga digunakan hampir di seluruh
Asia Tenggara.
Kalimat di atas menggunakan konjungsi …
A. koordinatif
B. subordinatif
C. korelatif
D. antarkalimat
E. antarparagraf
17.Pernyataan
berikut yang menunjukan sikap santun dalam berdiskusi adalah ….
A.
Harusnya kita bisa menelusuri peyebab timbulnya
kerawanan sosial di lingkungan masyarakat kita.
B. Maaf,
saya kurang sependapat dengan pernyataan dalam teks yang telah Saudara bacakan
tadi. Saya kira, fakta-fakta yang dikemukanan sangat meragukan.
C.
Kita jangan hanya memerhatikan pendapat yang
dinyatakan dalam teks itu, tetapi kita pun harus memahami pendapat-pendapat
yang berkembang di masyarakat.
D.
Pendapat itu salah, tidak objektif. Oleh karena itu,
harus ada pembanding sehingga kita bisa menentukan sikan secara adil dan tidak
memihak.
E.
Kita harus mendukung pendapat bahwa timbulnya
kriminalitas di lingkungan remaja itu merupakan dampak dari gaya hidup
masyarakat yang materialistis dan mementingkan diri sendiri.
18.
Pertemuan para wakil organisasi untuk mengambi keputusan mengenai suau masalah
yang dihadapi bersama disebut …
A. lokakarya
B. seminar
C. simposium
D. muktamar
E. santiaji
19.
Pertemuan yang diselenggarakan untuk memberikan pengarahan singkat menjelang
pelaksanaan kegiatan disebut …
A. lokakarya
B. seminar
C. simposium
D. muktamar
E. santiaji
20.
Berikut ini yang bukan pelaksana diskusi adalah ….
A. guru
B.
moderator
C.
notulis
D.
pemakalah
E.
peserta
Ulangan
3 Semester 2
Bacalah teks berikut!
Maaf, ya, aku tidak akan lagi mennto film semacam itu.
Hanya buang-buang waktu saja. Ternyata, fim tu hanya konyol-konyolan belaka.
Alurnya mudah ditebak. Pasti toko utaanya itu mati tertabrak mobil. Anaknya
diadopsi orag lain. Setelah itu mejadi kaya, lalu menjadi bos kaya dan kawin
dengan perempuan cantik. Semuanya mudah ditebak. Menonton film semacam itu
hanya buang-buang waku. Tidak ada pula pelajaran hidu yang dapat kita petik di
dalamnya. Hanya menawarkan kemewahan yang aku kira sulit ditemukan di dunia
nyata, kecuali di negeridogeng.
1. Hal
yang tidak menandai ulasan tersebut
berbentuk lisan adalah ….
A. sistematis
B. subjektif
C. spontan
D. bersifat
santai
E. kalimatnya
pendek-pendek
2. Kata
yang tidak baku dalam cuplikan di atas
adalah ….
A. lalu
B. ditebak
C. aku
D. hanya
E. dongeng
3. Kalimat
berikut yang mengungkapkan suatu tafsiran adalah ….
A. Alurnya
mudah ditebak.
B. Menontonnya
hanya buang-buang waktu saja.
C. Tidak
ada pelajaran hidup di dalamnya.
D. Karakter
tokohnya muah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
E. Film itu menggambarkan suatu kekonyolan.
4. Berikut
ini yang bukan bagian dai struktur
ulasan adalah ….
A. identitas
film/drama
B. apresiator kritikus
C. sinopsis
D. analisis
E. pentup
5. Berikut
ini yang bukan termasuk identitas
film adalah ….
A. judul
B. penulis
naskah
C. sutradara
D. tata busana
E. stasiun
penyiaran
Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Sinetron
tadi malam begitu berkesan, saya sungguh terharu melihatnya. Seolah-olah
ceritanya itu mengulangi kehidupan saya ketika kecil. Ketika itu, saya pun
mengalami masa-masa sulit bersama ibu dan ayah saya. Seolah-olah sinetron
tersebut membawa saya kembali ke masa-masa kebersamaan saya dengan mereka.
Teks 2
Maaf,
ya, aku tidak akan lagi mennto film semacam itu. Hanya buang-buang waktu saja.
Ternyata, fim tu hanya konyol-konyolan belaka. Alurnya mudah ditebak. Pasti
toko utaanya itu mati tertabrak mobil. Anaknya diadopsi orag lain. Setelah itu
mejadi kaya, lalu menjadi bos kaya dan kawin dengan perempuan cantik. Semuanya
mudah ditebak. Menonton film semacam itu hanya buang-buang waku. Tidak ada pula
pelajaran hidu yang dapat kita petik di dalamnya. Hanya menawarkan kemewahan
yang aku kira sulit ditemukan di dunia nyata, kecuali di negeridogeng.
6. Aspek
yang membedakan kedua teks tersebut adalah …
A. Teks
1 menyoroti unsur alur, teks 2 menyoroti aspek penokohan.
B. Teks 1 mengemukaan keunggulan, teks 2 mengemukakan kelemahan.
C. Teks
1 menyertakan unsur sinopsis, teks 2
mengemukakan kesimpulan.
D. Teks
1 berdasarkan pendapat pribadi, teks 2 berdasarkan sudut pandang ahli.
E. Teks
1 mengemukakan identitas, teks 2 mengemukakan sinopsis.
Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Ketika
Habibie tak mencalonkan diri sebagai presiden di pemilu berikutnya, ia pun
kembali ke Jerman bersama dengan Ainun. Di sana, mereka hidup lebih tenang dan
damai Akan tetapi, ketenangan dan
kedamaian itu tak bertahan lama. Ainun yang divonis menderita kanker ovarium
stadium empat terpaksa harus dirawat di rumah sakit dan menjalankan operasi
berkali-kali. Selama sakit, Habibie dengan setia merawat Ainun dan menjaganya sampai
Ainun menutup mata untuk selama-lamanya.
Teks 2
Di
kota itu, Soekarno istirahat sejenak dari politik. Hatinya tertambat pada gadis
muda bernama Fatmawati. Padahal, saat itu Soekarno masih menjadi suami Inggit
Garnasih; perempuan yang lebih tua dari Soekarno, yang selalu menjadi perisai
baginya tatkala di penjara dan dibuang. Inggit harus rela melihat sang suami
tercinta jatuh cinta dengan gadis lain. Di tengah kemelut rumah tangganya,
Jepang datang memulai peperangan Asia Timur Raya. Hasrat politiknya kembali
menguat.
7. Kesamaan
kedua teks di atas adalah ….
A. Kedua
teks tersebut menyatakan sinopsis film.
B. Kedua
teks tersebut menyatakan keunggulan cerita.
C. Kedua teks tersebut menyoroti aspek penokohan dan latar
D. Kedua
teks tersebut menunjukkan daya tarik film.
E. Kedua
teks tersebut menjelaskan unsur tema.
8. Perbedaan
kedua teks tersebut adalah ….
A. Teks
1 menceritakan keharmonisan tokoh utama, teks 2 menceritakan kegiatan politik
tokoh.
B. Teks
1 menceritakan persoalan politik, teks 2 menceritakan keamanan negara.
C. Teks
1 menceritakan kesehatan tokoh utama, teks 2 menceritakan perjuangan tokoh.
D. Teks 1 menceritakan keadaan keluarga tokoh, teks 2 menceritakan
kehidupan asmara tokoh.
E. Teks
1 menceritakan kehidupan asmara tokoh, teks 2 menceritakan ketidak harmonisan keluarga.
Bacalah kedua teks!
Teks 1
Ketegaran,
kerja keras, dan keindahan tempat khas Korea juga sangat menonjol dalam serial
ini. Kisah yang indah dan dipadu dengan pemandangan alam yang indah menambah
nilai lebih serial ini. Tidak heran jika teman saya tidak bosan menonton serial
ini berkali-kali. Lagu dalam serial drama ini juga bagus. Musik dan liriknya
indah. Aktor dan aktrisnya pun berpenampilan menarik. Drama ini memiliki
kriteria lengkap untuk menjadi serial drama favorit.
Teks 2
Sama
halnya dengan “Laskar Pelangi”, “Sang Pemimpi” memiliki hasrat yang sangat
tinggi dalam menyampaikan pesan. Di awal cerita, sang Sutradara, Riri Riza
mengajak penonton “berdiskusi” tentang toleransi beragama. Kemudian, menasihati
penonton untuk tetap peduli terhadap kesusahan orang lain. Ia juga memaparkan
seni menyanyi Melayu yang sangat eksotis, serta potret usia 17 tahun yang
menuntut untuk mencoba segala hal. Namun, pesan terbesar dari film ini adalah
penghargaan terhadap ayah. Anda akan sadar bahwa ayah Anda, yang mungkin kolot
dan sering membuat Anda kesal, adalah ayah juara satu di dunia.
9. Perbedaan
kedua teks tersebut adalah ….
A.
Teks 1 objek yang dibahas
berupa drama, teks 2 objek yang dibahas berupa film.
B. Teks
1 menyoroti alur ceita, teks 2 menyoroti tema cerita.
C. Teks
1 membahas pesan moral, teks 2 membahas kualitas film.
D. Teks
1 mengemukakan watak tokoh, teks 2 mengemuakan sinopsis.
E. Teks
1 mengemukakan kelemahan, teks 2 mengemukakan keunggulan.
10. Persamaan
kedua teks di atas adalah ….
A.
Kedua teks tersebut menyatakan sinopsis
film.
B.
Kedua teks tersebut menyatakan
kelemahan.
C.
Kedua teks tersebut menyoroti aspek
penokohan dan latar.
D.
Kedua teks tersebut menjelaskan unsur
tema.
E. Kedua teks tersebut menunjukkan daya tarik dan kualitas film/drama.
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
11. Apa
yang dimaksud dengan ulasan?
12. Tulislah
bagian-bagian struktur dan kaidah ulasan!
13. Tulislah
ciri-ciri ulasan berbentuk lisan!
14. Setiap
ulasan dapat berbeda meskipun membahas karya yang sama. Apa penyebab keragaman
tersebut?
Komentar
Posting Komentar